Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Bekerja Sebagai Widyaoswara Pada Lembaga Administrasi Negara

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Rumus Melawan Korupsi Mulai dari Diri Sendiri

21 April 2021   11:06 Diperbarui: 21 April 2021   11:16 146 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumus Melawan Korupsi Mulai dari Diri Sendiri
foto;olahan edi abdullah

"Sejatinya Rumus Melawan Korupsi itu, dimulai dari Sendiri" Ajibon 1982

Korupsi adalah kejahatan yang tentunya tidak bisa dibenarkan dalam ajaran agama apapun, korupsi adalah sebuah kejahatan yang memiliki dimensi lintas global dan dianggap menjadi ancaman yang nyata bagi keberlangsungan sebuahkehidupan dan perekonomian sbeuah negara.

Korupsi sudah menjadi Extra Ordinary Crime, yang mampu meruntuhkan berbagai sektor dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, karena itu melawan korupsi memerlukan pendekatan khusus ,pendekatan yang berbeda dengan pendekatan yang biasanya digunakan dalam menanggulangi kejatahatan.termasuk pendekatan khusus seperti pembentuka lembaga yang diberi Tugas khusus untuk menangai kejahatan tersebut.

Kejahatan korupsi menjadi kejahatan yang luar biasa dampaknya kebenaran akan dibungkam,keadilan akan diperdagangkan ,pendidikan akan dipermainkan dan hanya dinikmati golongan kelas tertentu dan strata lapiasan masyarakat, Kepercayaan publik dan dunia international akah hilang pada sebuah negara jika korupsi dianggap rawan terjadi dalam pemerintahaan Negara tersebut, inevstasi dan pembanguna akan mengalami hambatan.

Karena itu kita harus bersatu padu dan merangkai tangan untuk melakukan perlawanan terhadap korupsi, dan cara yang terbaik untuk berjihad dan melawan korupsi demi tercapainya kemakmuran bangsa kedepannya adalah memulai dari hal-hal yang terkecil , melawan korupsi perlu dimulai dari hal-hal yang yang terkecil, seperti mislnya membiasakan jujur dalam bercerita maupun membiasakan diri untuk senantiasa mampu menjadi pribadi yang dapat dipercaya.

Melawan korupsi dapat dimulai dari saat ini, dalam artian jika anda ingin menjadi pribadi yang berintegritas maka janga pernah menungguh waktu yang teoat untuk menjadi orang jujur, sebab sejatinya Kematian tidka memandang usia baik muda maupun tua ,aik yang sehat maupun yang sakit, yang kuat maupun yang lemah, yang kaya maupun yang miskin, maka semuanya memiliki kesempatan yang sama dalam 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan untuk bertemu dengan yang namanya kematian .

Kamatian adalah sesuatu yang pasti datangnya dan tidka mengenal batasan, karena itu selayanya kita tidak boleh menunda untuk melakukan kebaikan termasuk dalam hal melawan korupsi,maka kini saatnya kita melawan korupsi dimualai saat ini, dengan memiliki komitmen untuk tidak menerima suap apalagi janji, ingat jabatan hanya sementara, sedankan nama baik dikenang selamanya.

Dan satu hal yang paling fundametal dalam melawan korupsi adalah memulai dari diri sendiri, inilah cara yang terbaik memuai sebuah perubahan termasuk dalam melawan korupsi yakni memulai dari diri sendiri, jadi mulailah gerakan melawna korupsi dari diri sendiri, dengan membiasakan berintegritas dan jujur maka hal ini tentunya akan memberi dampak positif dalam lingkun atau organisasi dimanapun anda berada.

Memulai diri untuk menjadi peribadi yang berintegritas adalah jaan pertama untuk membawah perubahan yang besar bahkan perubahan kepada dunia, mari kita membiasakan diri untuk jujur dalam bersikap, bertindak bahkan menumbuhkan kejujueran tertinggi dalam diri ketika tidak ada siapapun yang melihat anda namun anda tetap berpegang pada kejujuran atau integritas itu sendiri.

Bulan Ramadan sudah selayaknya menjadi media, menjadi panggung bagi diri kita untuk menjadi Pribadi yang berintegritas, melakukan puasa selama 30 hari dibulan Ramadan ini akan menjadi habit atau kebiasaan yang akan membentuk karakter kita termasuk karakter, sikap seperti kejujueran, kesabaran dan tentunya ketakwaan, hanya level manusia yang takwalah yang bisa membebaskan dirinya dari belenggu ketidak baikan termasuk dari godaan perilaku korupsi.

Puasa Ramadan sejatinya melatih kita untuk jujur tanpa diawasi, karena ketika kita puasa atau tidak yang tahu Cuma anda dan Tuhan semata, mau minum disiang dan teriknya matahari bisa anda lakukan namun karena menyadari Tuhan mengetahui dna hal itu membatalkan puasa maka anda tetap pada komitmen untuk melanjutkan melaksanakan ibadah puasa tersebut, Puasa Ramadan jalan terbaik Menuju Pribadi yang berintegritas.

 

Salam kebahagiaan

Edi Abdullah/PAK 915.1.00057 2018 Widyaiswara LAN RI/Trainer The Great Leadership

VIDEO PILIHAN