Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Bekerja Sebagai Widyaoswara Pada Lembaga Administrasi Negara

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Kepemimpinan Birokrasi yang Adaptif dan Agile

7 April 2021   10:24 Diperbarui: 7 April 2021   10:43 77 4 2 Mohon Tunggu...

"Perjalanan Sebuah Kepemimpinan akan teruji ketika mampu berradaptasi dan bergerak cepat Merespon sebuah perubahan" Ajibon 1982

Keberhasilan sebuah kepemimpinan tidak terlepas dari style dan karakter yang dimiliki seorang pemimpin, pencapaian terbaik seroang pemimpin tentunya ketika dia mampu mewujudkan visi misinya selama dia menjadi pemimpin, yan berdampak besar pada perubahan yang terjadi.

Demikian pula dalam birokrasi, lingkup birokrasi membutuhkan sosok pemimpin yang mampu membawah perubahan demi kemajuan bangsa dan negara dan mengantarkan rakyat menuju kemakmuran atau masyarakat yang sejahtera (Social Wefare State), hampir semuah negara yang maju didunia berangkat dari proses pemerintahannya atau birokrasinya, karena ini perana pemerintahan sangat besar untuk membawah pada kemajuan .

Namun harus disadari bahwa perubahan dalam birokrasi tersebut hanya bisa dicapai jika kemudian dikendalikan oleh seroang Pemimpin yang Jago,salah satu karakteristik yang dimiliki oleh seorang pemimpin Birokrasi yang jago adalah mereka memiliki Kemampuan adaptif dan kemampuan kepemimpinan yang Agile atau lincah dan tepat. Pemimpi birokrasi yang adaptif dan agile inilah yang sangat dibutuhkan didalam organisasi.

Apa yang dimkasud dengan kepemimpinan Birokrasi yang Adaptif dan Kepemimpinan Birokrasi Yang Agile kemudian dijelaskan oleh Motivator Bapak Edi Abdullah sebagai berikut, "Kepemimpinan Birokrasi Yang Adaptif adalah sebuah Proses Kepemimpinan dari seorang pejabat yang mampu melakukan kendali kuat dalam organisasinya serta memiliki kepekaan tinggi untuk membuat organisasi yang dipimpinnya mampu merespon dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang sedang terjadi dan yang akan terjadi"

Sedangan Kepemimpinan Birokrasi Yang Agile menurut Edi Abdullah adalah " Sebuah kemampuan  dari seorang Pemimpin, untuk bergerak cepat dan lincah menyikapi perubahan yang terjadi, dengan kewenangan Jabatannya mampu menciptkan sistem yang lincah bersama ASN yang dipimpinnya untuk bergerak cepat demi mencapai tujuan organisasi".

berikut ini ciri-ciri Pemimpin Birokrasi yang adaptif Menurut edi abdullah:

  • Memiliki Visi-misi yang jelas, seorang Pemimpin adaptif pasti memiliki visi-misi karena sejatinya Visi misi akan mengantarka organisasi mencapai tujuan.Pemimpin yang adaptif pasti memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai
  • Take A Risk, ciri berikutnya seroang pemimpin adaptif adalah memiliki kemampuan untuk berani mengambil tindakan meksipun dibalik keputusannya kemungkinan ada resiko.
  • Inovasi, Pemimpian yang adaptif senantiasa akan berusaha untuk melakuka terobosan dan berinovasi dla organisasi yang dipimpinnya, inovasi pelayanan publik, meknadi ciri dari kepemimpinan birokrasi yang andal ini, dnean inovasinya mampu menciptakan layana yang lama menjadi cepat, dari boros anggaran menjadi hemat, dari manual menjadi digital.
  • Fokus solution, ciri berikunta pemimpin adaptif adalah memilik kemapuan yakni sikap yang tidka pernah menyalahkan namun selalu fokus pada solusi.
  • Mendengarkan, ciri berikutnya adalah mendengarkan yakni mereka pada umumya memiliki kemampuan yang baik untuk mendengarkan, mendegarkan aspirasi masyarakat maupun PNS yang dipimpinnya.

Sedangkan Pemimpin Birokrasi Yang agile memiliki karakteristik sebagai berikut;

  • Fast agility, Cepat dalam Merespon, karakter seorang Pemimpin Yang Agile berikutnya adalah, mampu merespon segalah hal terjadi dengan cepat, respon ini kemudian menjadikan pertimbangan besar dalam mencapai tujuan organisasi, cepat merespon memperlihatkan bagaimana melewatinya dan keluar dari berbagai hambatan yang terjadi
  • Relationship agility,seorang pemimpin yang agile maka dia aka senatiasa berusaha membangun kerjasama serta mempertahankan hubungan degan sesamanya, kemampua inilah yang kemudian terus dijaga dari seornag pemimpin yag agile.
  • Proces And Resut agility, seorang pemimpin yang birokrasi yang agile maka dia memiliki kemampuan yakni kemampuan menghadapi proses dan menikamtinya demi mencapai tujuan dan tentunya dengan proses ini maka dia akan menghasilka hasil yang baik.
  • Resiliensi Agile, kemampuan menghadapi berbagai rintangan dengan cepat dan tangguh, Leader yang memiliki Resiliensi agile ini akan siap menghadapi kondisi apapun dengan kondisi mentalitas yang cerdas, karena dibanguan dari sprital ,intelektua dan emotional yang matang.

Demikianlah karakter seroang pemimpin Birokrasi yang agile dan Pemimpin birokrasi yang adaptif, pemimpi ini tentunya akan sangat berpengaruh dalam kemajuan sebuah birokrasi, sebagai penutup tulisan ini saya kutip kata bijak " Berbicara Kepemimpinan maka tidak ada kata lain hanya tentang Kemauan dan Keteladanan" Ajibon 1982

 Salam kebahagiaan

Edi Abdullah/PAK 915.1.00057 2018 Widyaiswara LAN RI/Trainer The Great Leadership

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x