Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Bekerja Sebagai Widyaoswara Pada Lembaga Administrasi Negara

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Kepemimpinan Birokrasi yang Andal

6 April 2021   13:03 Diperbarui: 6 April 2021   13:16 82 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kepemimpinan Birokrasi yang Andal
foto ediabdullah

"Birokrasi Yang Andal Pasti Dipimpin Oleh Pemimpin Birokrasi Yang Andal" Ajibon 1982

Kemajuan sebuah bangsa tidak terlepas dari pada peranan birokrasi yang Ada didalam sebuah pemerintahaan, brokrasi menjadi motor penggerak dalam terjadinya sebuah pelayanan kepada waega negara demi mencapai tujuan pemerintahaan itu sendiri.Birokrasi yang agile akan mampu membawah kemajuan yang besar bagi bangsa dan negara .

Pernanan Birokrasi memuliki posisi sentral untuk membawah kemudan dalam berbagi sektot kehidupan dan bernegara baik dalam bidang Ekonomi, sosial dan budaya, karena itu terwudunya birokrasi yang efektif dan berkualitasi tinggi dapat dipengaruhi oleh style Kepemimpinan yang ada dalam birokrasi tersebut. kepemipinan inilah yang kemudian disebut sebagai Kepemimpinan Birokrasi.

Menurut Edi Abdullah Kepemimpinan Birokrasi adalah "Sebuah Proses aktifitas yang terjadi dalam lingkup sebuah sistem organisasi Pemerintahan untuk mempengaruhi Aparatur Sipil Negara maupun pihak lainnya demi mencapai tujuan Organisasi khususnya dalam bidang Pelayanan Publik dengan pendekatan terintegrasi baik secara Vertikal maupun horizontal dalam sebuah kerangka sistem yang telah ditentukan".

Dari defenisi diatas yang dikemukakan maka kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa kepemimpina birorasi sebenarnya adalah sebuah proses mempengaruhi ornag yaknis Aparatur sipil negara yang bekerja dalam birokrasi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana yang telah diberikan demi mencapai tujuan organisasi

Secara umum defenisi aparatur sipil negara atau ASN diatur Pada pasal 1 ayat 1 Undang-Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara , dalam rumusan pasal tersebut disebutkan"Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah Profesi bagi pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah"

Dari sini kita menyadari Pemimpin birokrasi tidk bisa terlepas dari pada ASN , ASN lah yang kemudian menjadi orang yang dipimpinnya dan menjadi teladan ditengah masyarakat, karena itu menjadi pemimpin dalam birokrasi memiliki beberapa kelebihan dibandingkan menjadi Pemimpin diluar birokrasi

  • Menjadi pemimpin Birokrasi maka seorang Pemimpin birokrasi memiliki Power yang kuat karena yang dipimpinnya adalah ASN maka akan mudah untuk mengarahkan mereka dan menciptakan ketaatan karena sebagai seorang ASN, maka mereka terikat dengan regulasi salah satu aturan yang sangat krusial yang wajib dijunjung tiggi adalah Ketaatan terhadap Pimpinan.

  • Kelihan dalam kepemimpinan Birokrasi adalah adanya jenjang karir yang jelas bagi seoroang pemimpin, seroag ASN yang terpilih menjadi peimpin birokrasi maka dia akan menemati jabatan tertentu dalam birokrasi tersebut seperti JPT atau jabatan Pimpinan Tinggi, Jaatan Pengawas ,jabatan administrator, jaatan-jabatn inilah yang kemudian dapat diduduki oleh seorang ASN jika memenuhi syarat termasuk syarat kepangkatan sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Terpilih menjadi pemipin birokrasi tentunya adalah sebuah amanah karena itu perhatikan betul sikap tanduk anda kemampuan anda dalam mengelolah birokrasi akan sangat menentukan pencapaian organisasi karena itu seorang pemimpin birokrasi harus memiliki kemampuan Leadership yang Great serta skill menejeria yang baik, termasuk penematan seseroang dalam sebuah jabatan untuk melaksanakan Tugas.

Sebagai penutup tulisan ini saya Kutip kata bijak " Pemimpin Birokrasi yang hebat aka teruji ketika dia mampu mengaktualisasikan sumpah janji jabatannya selama dia menjabat" Ajibon 1982.

Salam kebahagiaan

Edi Abdullah/PAK 915.1.00057 2018.

 Widyaiswara LAN RI/Trainer The Great Leadership

VIDEO PILIHAN