Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Perlunya Marketing di Sektor Publik dalam Pelayanan

29 Maret 2019   14:15 Diperbarui: 29 Maret 2019   14:19 2823
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak bisa dipungkiri dalam duni usaha dan pelayanan peran marketing memiliki posisi yang angat penting dan strategis dalam pemasaran, marketing sektor publik bisa dikatakan merupakan sebuah upaya yang terukur mulai dari proses aktivitas yang berusaha untuk menciptkan, mengkomunikasikan, menyampaikan, tawaran yang bernilai bagi Costumer.

Marketing disektor publik tentunya sangat dibutuhkan saat ini, salah satu hal yang mendasari karena dalam pelayanan publik sering kali berhadapan dengan masyarakat yang membutuhkan sebuah pelayanan, kadang masyarakat umum (costumer) merasakan ketidakpuasan terhadap suatu pelayanan disektor publik.

Berbeda halnya kemudian sektor swasta yang sukses denga metode marketing dalam memberikan pelayanan barang maupun jasa kepada pealnggannya,teknik marketing tersebut tentunya bisa ditiru untuk di implemnatsikan dalam Birokrasi.

Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam penerapan marketing sektor publik adalah sebagai berikut;

Pertama Costumer wants and needs,mehami kemauan dan keinginan masyarakat merupakan langka awal dari suksesnya sebuah proses marketing,  karena itu intsansi pelayanan publik harus memahami betul apa yang yang dibutuhkan dan diinginkan suatu maysrakat dalam birokrasi dan mampu membuat suatu sistem,layan ,ataupun produk yang benar benar bermanfaat bagi masyarakat .

Kedua, Cost to teh costumer, tak bisa dipungkri selama ini masih ada saja layanan yang kadang harus berbayar namun beberapa daerah telah mampu melakukan perubahan dan terobosan dalam birokrasi dengan menciptakan layanan yang gratis bagi masyarakat termasu memuat sebua layanan PTSP (pelayanan teradu satu pintu) dalam mengurus berbagai dokumen yang kdang dibutuhkan masyarakat seperti pelayanan administrasi kependudukan maupun perizinan.

Ketiga, Convenience, kenyamanan merupakan modal penting yang harus dimilik unit orgnisasi pelayanan publik dikantor pemerintahan ,memberikan rasa yang nyaman kepadang masyarakat seperti misalnya menata ruang pelayanan sehinggah begitu indah dipandang mata dan melangkapinya dengan berbagai fasilitas yag menajakan masyarakat akan menjadi terobosan baru dalam memuat masyarakat merasa nyaman di sektor publik

Keempat Comunication; komunikasi merupakan hal penting dalam memberikan pelayanan karena itu seorang ASN yang ditempatkan secara langsung langsung sebagai Frontliner dalam instansi pelayanan harus memiliki komptensi komunikasi yang baik seperti halnya kemampuan komunikasi yang dimiliki para Pramugari maskapai penerbangan maupun para teller yang bertugas di Perbankan, salah satu teknik komunikasi awal untuk menyapa costumer adalah penggunaan prinsip layanan 5 S yakni senyum,salam, sapa, sopan, santun.

Kelima, time, waktu harus diperhatkan dalam pelayanan disektor publik karena itu pelayanan tidka boleh terlalu memakan waktu yang lapa karena itu butuh sebuah terobosan dan inovasi dalam berbagai layanan publik disektor pemerintahan seperti penggunaan aplikasi.

Inilah 5 hal yang perlu menjadi perhatian saat membangun marketing disektor publik dan tak kalah pentingnya adalah bagaimana mengupayakan pelayanan tersebut mampu melebih Espektasi dari suatu masyarakat pada saat datang untuk mendapatkan layanan baik laynan administrasi,barang maupun jasa di instansi pemerintahan.

Edi Abdullah Trainer leadership Birokrasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun