Mohon tunggu...
Edukasi

Peran BK Menjadi Titik Inti terhadap Satuan Organisasi dan Administrasi

4 November 2018   10:35 Diperbarui: 4 November 2018   10:43 358 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran BK Menjadi Titik Inti terhadap Satuan Organisasi dan Administrasi
saripedia.files.wordpress.com

Perlu kita ketahui bahwa dalam setiap satuan lembaga pendidikan secara umum biasa disebut dengan kata sekolah, maka pada umumnya keberadaan bimbingan konseling ini juga sebagai salah satu organisasi tersendiri yang mempunyai tugas untuk memberikan sebuah bentuk bantuan kepada peserta didik yang sangat diperlukan. 

Seperti halnya terletak pada jenjang sekolah menengah, yang telah diketahui pada tingkat menengah ini mulai dengan usia remaja, sehingga posisi bimbingan konseling tersebut sangat diperlukan yang berguna besar dalam mengembangkan potensi diri peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, dengan perkembangan secara mandiri.

Berikut adalah pemaparan dari segi permasalahan. Pada dasarnya sekolah sendiri perannya sebagai lembaga pendidikan, yang pasti setidaknya membutuhkan seorang pembimbing atau konselor yang mana dipercaya dalam mengampu bimbingan tersebut. Sebab, adanya bimbingan konseling tersebut adalah sebuah bentuk profesi yang sangat khusus yang mana hanya bisa dilaksanakan oleh seorang yang memiliki keahlian serta menguasai dibidang bimbingan konseling.

Mari kita mengkaji apakah memang benar bahwa sekolah sangat memerlukan bimbingan konseling yang digunakan sebagai adanya sebuah organisasi? Kemudian apakah administrasi dalam ranah bimbingan konseling itu juga sangat rumit seperti administrasi guru?

Sehingga lembaga pendidikan dalam keseluruhan juga harus mampu dalam memberikan layanan bimbingan terhadap peserta didiknya, tanpa harus memiliki konselor. Yang mana kewajiban dalam memberikan bimbingan sebagai hal yang tak bisa dibantah. Sehingga dalam memberikan sebuah konseling pasti sudah sangat melekat terhadap pihak sekolah tersendiri dengan ada atau tidaknya konselor. 

Namun yang menjadi soal permasalahan disini yaitu, bagaimana dalam memberikan bimbingan konseling, yang mana dibutuhkan konselor yang benar-benar memiliki kemampuan khusus dalam bidang ahli konseling. 

Maka dari itu menjadi titik pokok dari bimbingan konseling yang perannya sebagai satuan organisasi sekolah terpenting. Dapat dikategorikan sebagai organisasi yang baik, pastinya administrasi dalam organisasi tersebut juga pasti baik sesuai dengan semestinya.

Membahas tentang pengertian organisasi yaitu suatu hubungan antar perorangan yang dilaksanakan secara keseluruhan dalam menetapkan tujuan secara spesifik, kemudian dilengkapi adanya pemimpin dan starf administrasi. Sedangkan pengertian dari administrasi sendiri yaitu menjalankan tugas dari pemerintah yang dilakukan dengan adanya koordinasi sehingga dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Selanjutnya dari pengertian bimbingan konseling sendiri yaitu sebuah proses yang memberikan bantuan melalui wawancara oleh konselor kepada klien yang mengalami masalah.

Secara umum bimbingan konseling memiliki asas-asas yaitu mencakup, asas kerahasiaan, keterbukaan, kesukarelaan, kemandirian, kedinamisan, kegiatan, keahlian, keterpaduan, alih tangan.

Analisis

Pada dasarnya organisasi dan juga administrasi adaah hal yang saling berkaitan yang tidak bisa dipisahkan. Dalam membangun organisasi yang baik, maka akan diketahui administrasi yang baik juga. Sehingga dalam administrasi yang mampu dikatakan baik, maka secara tidak langsung mampu menjadikan sebuah kegiatan organisasi yang lebih baik lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN