Mohon tunggu...
Faisal Ibnu
Faisal Ibnu Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perkembangan Kognitif Anak 3 Tahun Pertama

2 Desember 2016   23:21 Diperbarui: 2 Desember 2016   23:35 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pengertian perkembangan kognitif

Secara sederhana, kemampuan kognitif dapat dipahami sebagai kemampuan anak untuk berfikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah.

Menurut sejumlah ahli psikologi, semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pemikian, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan suatu masalah, merencanakan masa depan, atau semua proses psikologi yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, meperkirakan, menilai, dan memikirkan lingkungannya.

Perkembangan Kognitif Anak

mempelajari perkembangan kognitif melalui enam cara pendekatan :

Pendekatan tingkah laku, pendekatan yang mempelajari mekanisme dasar dari belajar yang menfokuskan pada bagaimana perilaku berubah dalam merenspon suatu pengalaman.

Pendekatan psikometrik, pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dengan mengukur perbedaan kuantitatif dalam hal kemampuan yang menyusun kecerdasan dengan menggunakan tes yang mengindikasikan atau memperkirakan beragam kemampuan individu.

Pendekatan piaget, pendekatan untuk mempelajari  perkembangan kognitif yang melihat perubahan atau tahapan dalam kualitas fungsi kognitif . hal ini berfokus pada bagaimana struktur pikran dalam beraktivitas dan beradaptasi dengan lingkungan.

Pendekatan pengolahan informasi, pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dengan menganalisis proses yang meliputi hal menerima dan menggunakan informasi atau berfokus ada persepsi , pembelajaran, memori dan pemecahan masalah. Hal ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana anak mengolah informasi dari waktu mereka memperolehnya hingga mereka menggunakannya.ea

Pendekatan neuronsains-kognitif, pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dalam hubungan antara proses otak dengan kognitif dan mengukapkan identifikasi struktur otak mana yang terlibat dalam aspek-aspek spesifik dari kognitif.

Pendekatan konteks sosial pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif berfokus pada aspek-aspek lingkungan terhadap proses belajar, khususnya  peran orang tua dan pengasuh lainnya.

  • Perkembangan Bahasa Anak
  • Bahasa adalah sistem komunikasi bardasarkan pada kata-kata dan tata bahasa .sekali anak mengenal kata, mereka dapat menggunakan untuk merepresentasikan objek dan tindakan. Mereka dapat merefleksikan individu, tempat, dan benda-benda dan mereka dan mengomunikasikan kebutuhannya , perasaannya dan ide-ide untuk mengerahkan lebih banyak kontrol terhadap kehidupan mereka. Rangkaian perkembangan awal bahasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun