Pengertian perkembangan kognitif
Secara sederhana, kemampuan kognitif dapat dipahami sebagai kemampuan anak untuk berfikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah.
Menurut sejumlah ahli psikologi, semua aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi, pemikian, ingatan, dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan suatu masalah, merencanakan masa depan, atau semua proses psikologi yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, meperkirakan, menilai, dan memikirkan lingkungannya.
Perkembangan Kognitif Anak
mempelajari perkembangan kognitif melalui enam cara pendekatan :
Pendekatan tingkah laku, pendekatan yang mempelajari mekanisme dasar dari belajar yang menfokuskan pada bagaimana perilaku berubah dalam merenspon suatu pengalaman.
Pendekatan psikometrik, pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dengan mengukur perbedaan kuantitatif dalam hal kemampuan yang menyusun kecerdasan dengan menggunakan tes yang mengindikasikan atau memperkirakan beragam kemampuan individu.
Pendekatan piaget, pendekatan untuk mempelajari  perkembangan kognitif yang melihat perubahan atau tahapan dalam kualitas fungsi kognitif . hal ini berfokus pada bagaimana struktur pikran dalam beraktivitas dan beradaptasi dengan lingkungan.
Pendekatan pengolahan informasi, pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dengan menganalisis proses yang meliputi hal menerima dan menggunakan informasi atau berfokus ada persepsi , pembelajaran, memori dan pemecahan masalah. Hal ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana anak mengolah informasi dari waktu mereka memperolehnya hingga mereka menggunakannya.ea
Pendekatan neuronsains-kognitif, pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dalam hubungan antara proses otak dengan kognitif dan mengukapkan identifikasi struktur otak mana yang terlibat dalam aspek-aspek spesifik dari kognitif.
Pendekatan konteks sosial pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif berfokus pada aspek-aspek lingkungan terhadap proses belajar, khususnya  peran orang tua dan pengasuh lainnya.
- Perkembangan Bahasa Anak
- Bahasa adalah sistem komunikasi bardasarkan pada kata-kata dan tata bahasa .sekali anak mengenal kata, mereka dapat menggunakan untuk merepresentasikan objek dan tindakan. Mereka dapat merefleksikan individu, tempat, dan benda-benda dan mereka dan mengomunikasikan kebutuhannya , perasaannya dan ide-ide untuk mengerahkan lebih banyak kontrol terhadap kehidupan mereka. Rangkaian perkembangan awal bahasa.