Mohon tunggu...
Irene Kusuma
Irene Kusuma Mohon Tunggu... Penulis - Isaiah 55 : 8-9

Communication Studies' 16 Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

WikiLatihUAJY, Wikimedia Ajak Mahasiswa Lakukan Gerakan Bebaskan Literasi

14 November 2018   21:23 Diperbarui: 15 November 2018   15:14 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cahyo Ramadhani sedang mempresentasikan mengenai profil Wikimedia/dokpri

SLEMAN - Para profesional dari Wikimedia Indonesia datang berkunjung ke Laboraturium Komputer FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Selasa (13/11). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengajarkan langsung kepada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Jurnalisme Multimedia mengenai penulisan artikel di Wikipedia.

Kunjungan dimulai dengan presentasi dari pihak Wikimedia dengan dipimpin oleh salah satu orangnya yang bernama, Cahyo Ramadhani. Presentasi dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang Wikimedia dan pengertian masing-masing dari Wiki, Mediawiki, Wikipedia, dan Wikimedia.

"Sekarang proyek yang sedang kami kerjakan sekarang ada Digitalisasi Konten 2018, Cipta Media, Wikilatih, Wikipedia Menyang Sekolah, Creative Commons Indonesia, Wiki Cinta Budaya 2018, dan Wiki Dendang", ujar Cahyo.

Tak berhenti sampai situ saja, Cahyo juga menjelaskan mengenai konten proyek apa yang ada di Wikimedia Indonesia, salah satunya yang sering digunakan yaitu Wikipedia.

Setelah presentasi selesai, dilanjutkan dengan pengajaran langsung dari para ahlinya. Para ahli dari Wikimedia sudah dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki permasalahan berbeda-beda terkait dengan artikel yang pernah dipublikasikan ketika UTS. Bahkan, ada permasalahan serupa yang dirasakan oleh beberapa kelompok seperti penghapusan otomatis artikel yang sudah dipublikasikan.

"Penghapusan artikel terjadi biasanya karena terlalu banyak istilah asing dalam badan artikel atau menggunakan bahasa yang ngga umum, kalau ngga, isi artikelnya ngga sama dengan judul artikelnya, referensinya belum jelas", jelas Cahyo perihal penghapusan artikel.

Para ahli Wikimedia sedang melatih mahasiswa/dokpri
Para ahli Wikimedia sedang melatih mahasiswa/dokpri
Pelatihan dilakukan dengan membuka artikel masing-masing yang sudah dipublikasikan. Para siswa diminta untuk melakukan pengeditan masing-masing individu sesuai dengan pembagian sebelumnya dan dipandu langsung oleh para ahlinya. Para ahli mulai merevisi mulai dari penggunaan bahasa baku, pemasukan referensi secara otomatis maupun manual, dan yang lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun