Mohon tunggu...
Muhammad Adel
Muhammad Adel Mohon Tunggu... Mahasiswa - 21'

Management 19'

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Jabatan untuk Menentukan Jabatan

7 Desember 2021   12:11 Diperbarui: 7 Desember 2021   12:29 36 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pasti sudah banyak didengar bahwa banyak orang yang sudah memiliki pekerjaan selalu mengeluh terhadap pekerjaannya. Mulai dari tidak nyaman dengan lingkungan kerja, gaji, atau bahkan tanggung jawab yang diberikan tidak mampu untuk dikerjakan. Karena permasalahan diatas maka sebelum merekrut pegawai atau anggota wajib hukumnya untuk mengetahui tanggung jawab yang diberikan pada setiap jabatan. Salah satu caranya adalah anilisi jabatan.

            Analisis jabatan adalah pengumpulan infromasi untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan pada suatu jabatan dalam pekerjaan. Seperti apa saja tugas yang harus dilaksanakan dan syarat untuk memasuki jabatan tersebut. Dengan melakukan analisis jabatan maka diri seseorang akan mengetahui jabatan atau pekerjaan mana yang harus ia masuki. Bagi perusahaan juga tanpa analisis jabatan perencanaan SDM juga akan gagal total. Karena SDM yang direkrut kurang mendapat informasi tentang calon anggota seperti skill apa yang dikuasainya dan lain-lain.

            Analaisis jabatan ini merupakan dokumen penting untuk divisi human resource yang didalam nya ada perekrutan, kompensasi, pelatihan, penilaian, dan evaluasi. Dan bisa dijelaskan bahwa tujuan dari analisis jabatan, antara lain:

1.Rekrutmen dan seleksi

           Putuskan orang seperti apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Analisis pekerjaan dapat mengungkapkan pendidikan, pengalaman, dan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Tujuannya adalah untuk menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat.

2. Analisis kinerja karyawan

           Analisis pekerjaan dilakukan untuk memastikan bahwa tujuan dan sasaran  pekerjaan tertentu telah tercapai. Ini membantu untuk menentukan standar kinerja, kriteria evaluasi dan hasil individu.

3. Pelatihan anggota

           Analisis ini juga dapat digunakan untuk menilai ketika sebuah perusahaan melakukan proses pembelajaran dan pengembangan yang dibutuhkan oleh karyawannya. Dimungkinkan juga untuk menentukan bahan dan peralatan yang perlu disiapkan selama proses pelatihan melalui analisis tugas.

4. Menetukan kompensasi

           Tentu saja, analisis ini memainkan peran penting dalam menentukan paket gaji mana yang harus ditawarkan perusahaan kepada karyawannya. Selain gaji pokok, ada tunjangan kesejahteraan dan tunjangan lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui, gaji seorang pegawai ditentukan oleh jabatan atau jabatannya. Proses tinjauan pekerjaan membantu HRD menentukan nilai karyawan untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan