Mohon tunggu...
Healthy

Nutrisi Penting Bagi Pelari

18 Maret 2018   16:46 Diperbarui: 18 Maret 2018   16:51 475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lari merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat bagus untuk membakar lemak atau menguruskan badan. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan olahraga ini demi menjaga berat badan dan kebugaran tubuhnya.

Namun, ada beberapa al yang belum diketahui oleh para orang-orang yang sering dan rutin melakukan olahraga lari. Apa hal tersebut ?

Ada 3 nutrisi penting yang harus dijaga oleh para pelari agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Meskipun olahraga ini secara umum dapat membuat badan menjadi lebih sehat tetapi jika dilakukan terus menerus tanpa memperhatikan nutrisi yang ada, akan membuat badan pelari jatuh sakit.

Apa saja ke-3 nutrisi tersebut ?

1. Karbohidrat

Mengapa harus karbohidrat ? agar saat kita berlari dengan jarak yang jauh serta intensitas yang tinggi namun hanya diimbangi dengan karbohidrat yang rendah maka itu sama saja mengendarai suatu mobil tanpa bahan bakar. Asupan karbohidrat yang sangat baik yaitu bersumber dari makanan alami.

2. Zat besi

Zat esi memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel darah merah. Saat berlari, otot akan bekerja dengan keras. Sehingga membutuhkan asupan zat besi yang cukup.

3. Sodium

Sodium memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai pemenuh kebutuhan cairan. Bagi orang yang memiliki keringat asin, sodium merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Makanan dan minuman yang mengandung sodium adalah keju, roti, sup, dan jenis minuman berenergi.

Jangan karena ingin hidup sehat, tapi melalaikan nutrisi di dalam tubuh. Karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuhnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun