Mohon tunggu...
Puspita Wasita
Puspita Wasita Mohon Tunggu... pensiunan pln -

Alumni psy UI, organisasi : GLG,alumni pln Jateng,alumni smam Crb,Mina Pertiwi. Hobby: :menyanyi,jalan2,poco2,nulis2,nyawang org2 cakep.Motto : Dont ever given up

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

BPJS lagi topiknya...

8 Juli 2015   04:19 Diperbarui: 8 Juli 2015   04:19 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menjelang lebaran banyak sekali kawan2 akan mudik lebaran. Bagi yang sehat wal-afiat tidak menjadi masalah, cukup menyediakan waktu, menyiapkan dana, menentukan tanggal, tinggal meluncur kekota tujuan untuk berlibur sambil merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama sanak keluarga.

Tetapi bagi kami peserta cuci darah tidak semudah itu, karena kami akan melewati jadwal dimana kami harus mencuci darah kami agar kami tetap hidup dan sehat.

Masalahnya karena kami peserta BPJS dan kami ingin memindahkan tempat cuci darah kami ke rumah sakit dimana kami sedang cuti , dan tetap menjadi tanggungan pihak BPJS.

Ternyata setiap daerah mempunyai kebijakan peraturan sendiri2, sehingga kami bingung dibuatnya. Kadang rumah sakit dalam satu daerah pun mempunyai aturan main yang berbeda.

Seperti didaerah Cirebon saya mendapat informasi bahwa rumah sakit disana tidak menyulitkan pasien, cukup membawa surat Travelling dari rumah sakit dimana kita cuci darah, kemudian membawa surat pengantar /rujukan dari unit BPJS dirumah sakit tersebut, dilengkapi hasil Laboratarium untuk item2 tertentu. Kita bisa langsung kerumah sakit tertuju, dan langsung bisa cuci darah pada waktu yg kita butuhkan, asal ada tempat kosong.

Sedangkan dikota lain seperti di Jogja, informasinya , persyaratan diatas, ditambah harus ke kantor BPJS pusat, kemudian minta rujukan ke puskesmas ditempat tujuan. Sangat berbelit belit, membuat kami cukup lelah dan bingung.

 

Saya heran, kenapa BPJS PUsat tidak membuat peraturan yang seragam untuk seluruh rumah sakit di Indonesia, sehingga kami pasien cuci darah, bila suatu saat terpaksa harus pergi keluar daerah, kami bisa langsung mengurus surat2 tersebut tanpa harus dilempar kesana dilempar kesini, kami ini orang sakit pak, cobalah berikan kami kepastian peraturan yang SERAGAM diseluruh Wilayah Indonesia.

Demikian keluhan kami pasien cuci darah yang akan mudik keluar kota. Belum2 sudah pusing tujuh keliling....maaf ya pihak BPJS

Mohon tunggu...

Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun