Mohon tunggu...
Laila Nur Fitria
Laila Nur Fitria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

"Hidup adalah suatu cara dimana kita akan terus mengalami proses yang mungkin rumit, namun percayalah akan ada jalan dari setiap kesulitan yang kita lalui"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Emm, Fakta Menarik Perbedaan antara Agresif dengan Kekerasan, Apakah Itu?

9 November 2022   22:12 Diperbarui: 9 November 2022   22:23 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sifat agresif | sumber gambar: YesDok.com

"Mengekspresikan atau mengeluarkan emosi itu dikatakan penting, karena hal tersebut merupakan suatu respon kita terhadap suatu hal yang  peristiwa/ kejadian yang terjadi. dan dengan meluapkan emosi pula akan membuat diri seorang individu lebih lega. Akan tetapi, diungkapkan dengan tindakan agresif adalah suatu hal yang tidak dibenarkan."


Banyak atau seringkali kita mendengar atau melihat perilaku agresif di sekitar kita. Namun, tak jarang kebanyakan orang yang masih menganggap perilaku agresif sebagai suatu tindakan yang bersifat kekerasan atau dalam konteks negatif. Penyebab perilaku agresif itu sendiri bisa beragam serta banyak motif juga yang melatarbelakanginya. 

Nah, agresif sering pula dikatakan sebagai suatu perilaku brutal, ekstrim, dan lain sebagainya. Padahal, jika kita amati atau sering kita alami kesal pada seseorang, marah karena suatu atau keadaan yang tidak menyenangkan. Maka kita secara tidak langsung/ refleks akan meluapkan kekesalan/ emosi yang kita rasakan kepada apapun di depan mata kita baik benda atau orang yang kita ajak sebagai lawan bicara dan lain sebagainya.

Ada pula seseorang yang tidak bisa menahan emosi atau kemarahannya dengan secara refleks memukul atau merusak barang yang ada disekitarnya. Misalnya, ada seorang teman yang tiba-tiba mencubit atau memukul teman didekatnya padahal secara tidak sengaja ia hanya bercanda, namun teman tersebut merasa hal tersebut tidak wajar dan merasa terusik, maka ia akan marah/ kesal. 

Apakah hal tersebut dianggap sebagai suatu perilaku agresif? Ada pula seorang yang mengungkapkan emosi/ kekesalannya dengan langsung melempar atau membanting barang disekitarnya, apakah hal tersebut pula dapat dikatakan sebagai suatu hal yang agresif??

Nah, pada pembahasan artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai agresif dan kekerasan. Kita akan lebih mempelajari apa yang dimaksud dengan agresif itu, serta apa perbedaan antara agresif dengan kekerasan tersebut. Dan apa yang melatarbelakangi terjadinya sifat agresif serta bagaimana cara mengatasi dari perilaku tersebut. Sebelumnya kalian tau nggaksih apa yang dimaksud dengan agresif itu??

Apa Sih Definisi Agresif Itu?

Menurut Buss dan Perry (1992), mereka mendefinisikan agresif sebagai suatu kecenderungan perilaku yang memiliki niat dimana untuk menyakiti orang lain, baik fisik atau psikologis guna mengekspresikan emosi negatif dan mampu mendapatkan tujuan sesuai keinginannya. 

Sedangkan pengertian lainnya agresif adalah suatu perilaku dimana seorang individu dengan sengaja menyebabkan kerugian baik secara fisik atau psikologis kepada oranglain. 

Dalam hal ini pula agresif sering kita jumpai dengan bentuk pelaksanaan/ penggunaan hak individu itu sendiri seperti halnya tindak menghina, merendahkan oranglain, mencemooh, dan lain sebagainya juga termasuk dalam hal tersebut.

Jika di ambil contoh seperti seorang teman yang tidak sengaja mencubit atau menggoda temannya dengan maksud bercanda. Namun, teman tersebut merasa tidak suka, tidak nyaman serta terganggu maka ia akan marah dan mengatakan bahwa itu adalah hal yang tidak nyaman baginya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun