Mohon tunggu...
Ahmad Thoriq
Ahmad Thoriq Mohon Tunggu... Administrasi - Universitas Islam Malang

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KSM-T UNISMA Kelompok 30 Berpartisipasi Dalam Kegiatan Posyandu Guna Mencegah Terjangkitnya Rubella

27 Agustus 2022   13:05 Diperbarui: 27 Agustus 2022   13:43 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM Tematik) Universitas Islam Malang (Unisma) berpartisipasi pada kegiatan posyandu bertepatan di dusun Mertoyoso desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang (16/08/2022). Kader-kader Posyandu balita desa Ngawonggo melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Tajinan. Kegiatan ini di bagi dalam 4 pos untuk menghindari penumpukan dan antrian yang panjang yang bisa membuat balita dan anak tidak nyaman karena menunggu terlalu lama.

Kegiatan posyandu kali ini bertujuan untuk imunisasi rubella, dari kutipan alomedika.com menjelaskan bahwa vaksin rubella merupakan vaksin hidup yang dilemahkan dan diberikan untuk membentuk imunitas tubuh secara aktif dalam mencegah terjadinya infeksi rubella di pos 2 Dusun Mertoyoso yang diberikan secara serentak dari umur 0-5 tahun. Selain itu posyandu diadakan untuk mengetahui perkembangan berat badan dan tinggi badan baik itu bayi atau balita yang ada di Dusun Mertoyoso.

whatsapp-image-2022-08-27-at-13-34-31-6309bb6508a8b5211f3d4a23.jpeg
whatsapp-image-2022-08-27-at-13-34-31-6309bb6508a8b5211f3d4a23.jpeg
Pihak-pihak yang terlibat dalam posyandu yaitu ibu-ibu kader posyandu, staf Kesehatan dari puskesmas Tajinan, dan dihadiri mentri Kesehatan setempat Ibu Ana Sri Wilujeng serta mahasiswi KSM Tematik Kelompok 30.  Kegiatan posyandu ini dilakukan rutin selama sebulan dua kali, serta diperlukan kesadaran dan peran penting orang tua dalam mendukung dan menghadiri kegiatan posyandu karena kegiatan posyandu ini sangat bermanfaat untuk mengetahui tumbuh kembang tehadap balita dan anak.

Dalam kegiatan posyandu sendiri sudah dibagi sesuai jobdesk masing-masing seperti, terdapat bagian penimbangan berat badan balita dengan ayunan berbentuk bebek, bagian pengukur tinggi badan, timbangan berat badan manual dan tinggi badan untuk bayi dari 0-12 bulan, setelah itu terdapat bagian penulis buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), setelah itu terdapat bagian imunisasi dari pihak puskesmas Tajinan, bagian pendataan nik untuk anak, yang selanjutnya pengisian daftar hadir yang terdiri dari nama anak, nama ibu, dan alamat, dan yang terahir terdapat bagian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang dilengkapi dengan pemberian tanda bintang di tangan.

Dengan berpartisipasinya mahasiswi KSM Tematik di posyandu besar harapan kita agar kedepannya kita dapat berperan aktif di tengah-tengah masyarakat dan banyak membantu kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan masyarakat yang berdampak dengan menambah ilmu dan juga wawasan kita.

Dosen Pembimbing Lapangan : Gilang Ramadan Kololikiye, S. T.,M. T.

Pewarta : Mahasiswa KSM-T Kelompok 30 Universitas Islam Malang (UNISMA)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun