Mohon tunggu...
Hendrawan
Hendrawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa farmasi universitas muhammadiyah malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Memperkenalkan Jamu Tradisional dan Cara Pembuatannya pada Anak-Anak Pondok Pesantren Nasyrul Ulum

17 Juli 2021   14:50 Diperbarui: 17 Juli 2021   15:43 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Seperti yang kita ketahui Jamu merupakan minuman tradisional yang ada sejak dulu. Minuman yang terbuat dari rempah-rempah alami Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan. Di zaman yang serba canggih ini, keberadaan jamu tradisional mulai terlupakan. Pada zaman modern seperti ini banyak orang terutama Anak-anak yang enggan untuk meminum Jamu dikarenakan rasa dari jamu sendiri yang pada kebanyakan terasa pahit sehingga orang-orang cenderung memilih mengkonsumsi multivitamin daripada meminum Jamu.

Upaya peningkatan kualitas hidup manusia dapat diperoleh dengan meningkatkan kondisi kesehatan, dimana berpengaruh positif dalam pembangunan bangsa. Sebagai langkah untuk mencapai kondisi tubuh yang sehat dibutuhkan daya tahan tubuh yang baik dan bugar sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Di Indonesia sendiri sudah dari masa ke masa mengenal cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satunya dengan memanfaatkan ramuan tradisional dari tanaman obat asli Indonesia atau dalam sehari-hari disebut dengan JAMU.

Masyarakat Indonesia menggunakan jamu sebagai cara untuk mencegah penyakit, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran tubuh bahkan hingga kecantikan. Dalam dunia pengobatan sendiri sudah mencapai cara pemahaman baru dimana diyakini semua yang berasal dari alam bisa membawa manfaat baik untuk kesehatan dibandingkan dengan produk kimiawi atau sintesa. Saat ini dunia sedang berlomba-lomba dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan pemanfaatan tanaman obat hingga hasil akhir berupa obat dan produk-produk herbal.

Sebagai langkah mendorong pemanfaatan jamu secara luas di masyarakat, kami dari Mahasiswa PMM UMM kelompok 23 gelombang 7 tahun 2021 mengenalkan berbagai khasiat Jamu bagi kesehatan serta mempraktekkan cara pembuatannyapembuatannya salah satunya yaitu jamu sinom. Jamu sinom ini bahan dan pembuatannya pun sangat mudah, seperti kunyit,asam Jawa, dan gula merah dimana semua bahan tersebut direbus menjadi satu. Sehingga dalam kesempatan ini kami mengajak meminum jamu bersama Adik-adik Pondok Pesantren sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan jamu untuk menjaga kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun