Mohon tunggu...
Raihan Tri Atmojo
Raihan Tri Atmojo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Suka nulis daripada baca

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Untuk #MimpiMasaMuda-mu, Ambilah Langkah Awal, Jangan Kau Tunda-Tunda!

4 Maret 2021   15:31 Diperbarui: 4 Maret 2021   15:45 73 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Untuk #MimpiMasaMuda-mu, Ambilah Langkah Awal, Jangan Kau Tunda-Tunda!
http://www.pexels.com

Pemuda bisa dibilang adalah orang yang sudah matang dalam hal pemikiran, bijak dalam mengambil keputusan, bisa membedakan yang baik dan buruk, dan tak lupa juga, kreatif. Ya, kebanyakan dari pemuda mempunyai inovasi yang out of the box, karena pada usia tersebut pemuda sedang semangat-semangatnya untuk mencari jati diri. Karena keinginan kuat untuk diakui oleh orang, para pemuda rela mencurahkan tenaganya, waktu, dan mungkin biaya untuk dianggap hebat oleh orang lain.

Ada yang berusaha berprestasi dan membanggakan masyarakat dengan jalan memenangkan kompetisi bergengsi, memiliki rekor tak tertandingi, dan juga menjadi agen inovasi. Ada juga yang berusaha untuk bermanfaat pada masyarakat seperti ikut organisasi amal, ikut karang taruna, dan juga ikut komunitas yang bermanfaat. Ada juga yang berusaha mencari pengakuan dari orang lain dengan cara melakukan hal aneh, konyol, memalukan, dan membahayakan.

Tentu kita yang muda-muda, termasuk saya tak mau kan terkenal dari tindakan konyol dan bodoh yang  kita lakukan kan? Kita pasti ingin dikenal sebagai pemuda yang aktif, pemuda yang produktif, pemuda yang berprestasi, dan lain sebagainya. Untuk mencapai hal itu, kita harus tekun dan semangat dalam menjalani prosesnya. Tapi, tekun dan semangat tidak akan muncul kalau tidak ada motivasi dari dalam diri yang menyertainya. Nah, tanpa kita sadari, terkadang saat kita menemukan motivasi untuk menjadi orang hebat, pasti beriringan dengan mimpi yang besar. Contoh, kita ingin dikenal orang sebagai mahasiswa terbaik di suatu kampus, motivasi kita adalah agar menjadi mahasiswa terbaik, tapi menjadi mahasiswa terbaik adalah tujuan (mimpi) kita juga. Maka dari itu orang hebat atau orang sukses bisa menjadi sukses karena memiliki motivasi dan mimpi yang besar.

Saya pernah mendengar kutipan bahwa mimpimu belumlah besar jika belum ditertawakan orang lain. Kalau tidak salah itu kutipan dari Elon Musk, pendiri Tesla. Dan bagi kita yang memiliki mimpi yang besar, pasti keinginan dan semangat untuk mencapainya pasti juga besar. Maka dari itu, kita sebagai pemuda harus mempunyai mimpi yang besar. Karena tubuh kita masih kuat, fasilitas zaman sekarang untuk mencari ilmu dan informasi juga mudah dan cepat.

Aku juga punya mimpi yang besar. Ada banyak, dan tak mungkin saya sebutkan semua dalam artikel ini. Mimpi terbesar saya adalah bisa membahagiakan orang tua, mungkin ini bisa dibilang mimpinya semua orang juga. Namun, esensi atau wujud kebahagiaan yang ingin diberikan pada orang tua, pasti berbeda  bagi setiap orang. Aku ingin membahagiakan orang tua dengan jalan berprestasi, mungkin yang lain ingin membahagiakan orang tuanya dengan cara membawa orang tuanya ke tanah suci, dan lain sebagainya.

Itu adalah mimpi jangka panjang, yang pasti perlu ketekunan dan usaha yang keras untuk mencapainya.  Aku pun juga memiliki mimpi masa muda, yaitu ingin bisa lulus kuliah dengan nilai yang baik, disamping itu aku juga ingin bisa menjadi copy-writer yang handal, agar aku tidak terus menerus bergantung pada kedua orang tuaku. Aku juga ingin membawa brawl stars di Indonesia bisa dikenal. Kesemuanya itu memang sudah kuimpikan sejak lama, setidaknya sudah satu tahun aku berusaha melangkah untuk meraih mimpi itu.

Untuk bisa lulus dengan nilai yang bagus, pastinya aku perlu belajar. Selain dari pembelajaran interaktif dengan dosen, aku juga perlu mencari pembelajaran dari media lain, bisa internet, buku di perpustakaan, atau juga ke ustadz karena aku kuliah jurusan Pendidikan Agama Islam. Bahkan, pembelajaran dari fenomena sosial, terutama adab dalam kehidupan sehari-hari juga berusaha aku pelajari, agar bisa berkomunikasi dengan baik, dengan begitu bisa saja kemudahan dari Tuhan bisa datang dari arah yang tidak disangka-sangka.

Lalu untuk menjadi copy-writer yang handal, aku berusaha untuk mencapai impian itu dengan sering-sering membaca artikel, lalu mengikuti kelas menulis online, dan bertanya pada orang yang ahli di bidangnya. Tak lupa juga mengasah kemampuanku dalam menulis, mengirimkan tulisanku ke berbagai website, perkara nanti diterbitkan atau tidak, itu urusan belakangan.

Lalu mimpiku yang ketiga adalah ingin membawa Brawl Stars Indonesia terkenal di kancah internasional. Maksudnya, aku ingin ada tim e-sport Indonesia yang lolos ke turnamen internasional, karena selama ini belum ada tim e-sport asal Indonesia yang berhasil menembus kejuaraan Brawl Stars dunia. Sebelum kesitu, aku juga harus mengasah kemampuanku dalam bermain juga, syukur-syukur dengan hal itu aku diundang ke salah satu tim e-sport besar di Indonesia dan bisa membawa nama Indonesia harum di kancah internasional.

Sebenarnya masih banyak mimpi yang belum kutuliskan, tapi menurutku mimpi yang sudah dituliskan di atas tadi termasuk impian masa muda terbesar yang kumiliki saat ini. Dengan kemampuanku sekarang ini aku sadar kalau aku masih memiliki banyak kekurangan, maka aku harus terus berusaha memperbaiki diri. Tak lupa juga, untuk menopang kegiatanku dalam mencapai mimpi, aku juga harus memenuhi kebutuhan nutrisiku, selain agar aku bisa #SehatSamaSama dengan yang lain, dan juga karena #HipweexNI sudah mengingatkanku di Instagram, aku juga harus makan makanan bernutrisis agar aku terus bisa berusaha dengan maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN