HIGHLIGHT

Tips Agar Do'a Dikabulkan Oleh Allah

23 Juni 2010 01:18:00 Dibaca :

Terkadang seorang muslim bila sudah selesai sholat, biasanya langsung bangkit begitu saja tanpa berdo’a terlebih dahulu. Entah karena buru-buru mengejar tontonan sinetron, antri sembako, mau makan enak, atau mungkin melanjutkan bikin artikel di kompasiana.

Nanti waktu dilanda kesusahan barulah mengemis seraya menangis berdo’a memohon kepada Allah agar dilapangkan jalannya. So what gitu loh ?

Ada baiknya dan pasti sangat disenangi oleh-Nya, sempatkan berdo’a kapan saja terutama sehabis sholat. Minimal do’a untuk kedua orang tua dan do’a keselamatan dunia akherat. Lalu, bagaimana tipsnya agar setiap do’a kita dikabulkan oleh Allah ?

  1. Berdo’a secara rutin. Karena rutin inilah kita akan selalu merasa dekat dengan kehadiran Allah. Kalau dengan suami atau atasan saja kita mau PDKT (pendekatan), kenapa tidak PDKT juga dengan-Nya ?
  2. Ikhlash. Berdo’a jangan karena pamer, atau mentang-mentang ada mertua dibikin fasih bahasanya. Ikhlashkan do’a itu karena Allah SWT.
  3. Yakin. Kalau sudah ikhlash tapi masih tidak yakin, bagaimana Allah mau mengabulkan ? Dia itu kan tergantung prasangka hamba-Nya. Baik prasangka kita maka akan baik pula hasil do’anya, begitu juga dengan prasangka sebaliknya.
  4. Sabar. Ini yang paling susah, do’a koq maunya cepat-cepat dikabulkan. Ibaratnya belum kerja sebulan sudah minta gajian. Taruh dimana itu muka kita ?

Nah, setelah berdo’a, tentu ada lagi yang harus kita perhatikan. Apa itu ?

* Bila do’amu cepat dikabulkan oleh Allah, berarti Dia sayang padamu.

* Bila do’amu lambat dikabulkan, berarti Dia sedang mengujimu.

* Bila do’amu tidak dikabulkan, berarti Allah lebih tau apa yang terbaik untukmu.

Setelah itu semua dilalui, marilah kita mulai dari sekarang untuk berdo’a lebih khusyu seraya tangan diangkat ke atas, jangan hanya disandarkan ke paha. Kesannya seperti kita malas-malasan saat berdo’a.

Koq banyak aturan banget sih ? Namanya juga meminta dan memohon kepada Allah. Meminta kepada manusia saja kadang kita rela sampai membungkukan badan dan menjadi penjilat. :)

Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya pribadi dan kita semua. Amin.

Salam Qripix

Zuragan Qripix™

/zuraganqripix

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Setiap ketikan yg dibuat kelak menjadi prasasti saat kita wafat.. So, tuliskan hal2 yg baik dan bermanfaat.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?