Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Menjadi Pembaca Cerdas dengan "Kurio"

21 Agustus 2017   15:24 Diperbarui: 21 Agustus 2017   15:35 1152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Skeptis begitu saya  mendengar suatu aplikasi berita yang tidak jelas beritanya, isi atau kontennya.  Apalagi jika berita itu dibuat hanya untuk sensasi atau menarik pembaca. Pembaca yang haus dengan berita sekedarnya. 

 Bagi saya sebagai pembaca pengin sekali membaca berita yang update, singkat tapi sangat kredibel.  Saat ini masih mempercayai sebuah media cetak manual.  Susah yach jika media cetak manual itu pun sebentar lagi akan berancang-ancang untuk bertransformasi jadi media online.

Saya menggunakan gadget bukan hanya untuk kegiatan media sosial melulu. Kegiatan media sosial ini untuk "exist" saja dalam arti berinterkasi dengan teman, tapi sebenarnya yang saya butuhkan adalah sumber informasi yang update, lengkap tanpa hoax, kredible dan dapat dijadikan pengetahuan dan keputusan jika dibutuhkan. Kalau bisa sich ngga usah buka-buka banyak aplikasi berita di gadget, supaya ngga ribet . Penginnya dalam satu aplikasi sudah tersedia berita lengkap dan gampang.

Rupanya keinginan saya itu sekarang benar-benar terwujud.  Awalnya, agak asing mendengar aplikasi bernama Kurio.   "Kurio", apa an itu? Gadget saya yang terbatas memorinya, mulai memasang aplikasi "Kurio" dengan mengakses Google Play Store,  mencari  nama Kurio dan memasangnya.  Begitu aplikasi selesai diupload, dapat dibuka hanya dalam hitungan 30 detik. Pandangan mata saya langsung jatuh cinta dengan melihat fitur informasi  yang sangat "user friendly", lengkap bagi pembaca seperti saya yang sudah senja atau senior.   Kelengkapan fitur informasi mulai dari kategori Top Stories, Lokasimu, Unik, Celebs, Asmara, Tekno, Bola, News, Oto, Health, Life,Style, Travel,sampai Bisnis. Saya berdecak kagum, ini baru luar biasa, semua aspek berita ada di sini.

Dari segi design atau tampilan, saya juga berdecak kagum karena begitu saya memilih salah satu topik yaitu , bisnis. Langsung muncul keluar tampilan Headline dari berita bisnis yang uptodate seperti Saham-Saham Rokok Tekan Pergerakan Indeks,IHSG siang turun 31 Poin. 

Beberapa topik menarik lainnya  "Harga Emas Antam Turun Rp.2.000"; " Rupiah alami Penguatan 34 poin";  "Wow!Berikut Daftar Pemberi Utang Terbesar kepada Pemerintah Indonesia".

Saya pun memilih salah satu headline itu , "Saham-Saham Rokok Tekan IHSG", sumber berita dibuat oleh kumparan.com dengan akurasi yang cukup tinggi serta lengkap tentang elemen saham naik dan turun dan berita bursa saham Asia sebagai pelengkap.  Ini baru berita yang sangat baik bagi saya untuk melengkapi suatu analisa tulisan saya.   Penyajian dan peliputannya cukup akurat.

Masih dengan design dan layout dari Kurio, setelah membaca habis artikel dengan headline di atas, dibawahnya ada pilihan:  "Lihat Artikel Asli" ternyata tidak ada perbedaan dalam hal konten dari yang aslinya dari sumber Kumparan dengan apa yang ditulis di Kurio.  

Cari pilihan artikel lain dari related topics atau bisnis, atau artikel lain dari Kumparan (sumber berita ).   Rasanya saya memiliki tempat membaca berita online yang sangat tepat , lengkap dan mudahnya dibaca dan dilihatnya.

Kontennya pun tidak mengecewakan, cukup valid, sanggih dan update.   Saya tak menyukai berita hoax karena menambah pusing dan tidak bermanfaat sama sekali. Lengkapnya berita itu juga jadi keistimewaan dari Kurio karena saya baru mengetahui bahwa aplikasi Kurio itu punya mesin yang canggih untuk mengintegrasikan berbagai sumber berita  di satu wadah aplikasi Kurio.  

Hebatnya, saya dapat belajar suatu pengetahuan setiap harinya dengan mudah karena mesin Kurio dapat memisahkan secara otomatis  apa yang saya inginkan untuk dibaca dan tidak dibaca.  Kok bisa yach?   Ternyata di dalam Kurio itu ada mesin yang bisa baca kebiasaan topik apa yang  saya  baca.    Mesin ini bisa penyortir yang hebat sekali...ngga usah repot-repot memilah-milah.  Decakan kagum saya kembali keluar dari mulut saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun