Mohon tunggu...
Akhlis Purnomo
Akhlis Purnomo Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter, editor, guru yoga

Suka kata-kata lebih dari angka, kecuali yang di saldo saya. Twitter: @akhliswrites

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

No Tipu-tipu! Pengalaman Beli Macbook Air Second di Twitter/X

24 Maret 2024   10:31 Diperbarui: 28 Maret 2024   11:57 368
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi MacBook 12 inci. (Sumber: Apple via kompas.com)

MACBOOK Air bisa dikatakan 'alat tempur' harian yang pas buat saya yang banyak bekerja dengan mengetik di mana saja dan kapan saja. Nggak seekstrim itu juga sih tapi memang kadang suka bekerja di luar rumah.

Jadi bodi dan baterai Macbook Air yang tipis dan tahan lama itu bisa jadi penyelamat jika harus bekerja di luar rumah yang nggak mungkin ada colokan listrik.

Dibandingkan kerja di iPhone dan iPad, bekerja di Macbook memang lebih enak juga karena layarnya lebih lebar dan papan ketiknya lapang.

Lalu saya putuskan beli Macbook Air second karena Macbook Air saya sudah terlalu usang untuk dipakai. Maklum keluaran tahun 2013. Sudah sepuluh tahun lebih. 

Dan... alhamdulillah masih awet sebetulnya untuk aktivitas mengetik dan berselancar tapi baterainya sudah saya ganti dan tetap tidak bisa setahan lama baterai asli Apple.

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah pengisi daya (charger) bawaan Macbook Air 203 itu masih bisa berfungsi tapi kabelnya sudah hampir semuanya terkelupas kulitnya. 

Supaya tidak terkena aliran listrik saat dicolok, saya harus melapisinya dengan selotip di sekujur tubuhnya. Maka dari itu, kalau saya ajak Macbook Air lama ini keluar rumah jadi agak miris kalau harus pakai pengisi dayanya. Bodi Macbooknya sendiri masih oke banget. Tiada lawan deh soal keawetannya.

Dan yang lebih memprihatinkan lagi adalah usangnya sistem operasi di Macbook Air keluaran 2013 itu. Sudah tidak bisa di-upgrade lagi. Jadi dalam aspek digital security, Macbook lama ini jujur sudah tidak memenuhi syarat. 

Ngeri-ngeri sedap kalau dipakai untuk hal-hal yang berkenaan dengan transaksi keuangan dan hal serius soal duit. Ya siapa tahu kan ada yang iseng kirim malware atau spyware atau hal-hal gila lainnya yang cuma saya dengar dari serial TV kriminal atau skenario film soal digital crime.

Saya menemukan ada akun Bhaguz Hernawan (@bhaguz_403) di Twitter yang sedang menawarkan beberapa unit Macbook Air maupun Pro. Menurut pemantauan saya memang dia sendiri sangat sering melakukan penawaran produk-produk Apple baik baru maupun second di Twitter/ X.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun