HIGHLIGHT

Menulis Hal yang Positif

13 Juli 2012 15:57:44 Dibaca :

Hal yang pertama yang kita lakukan untuk dapat berinteraksi dengan orang lain adalah membuat suatu tulisan daripada hanya sekedar menjadi Pembaca.



Kita datang dari berbagai macam kebudayaan, latar belakang dan perbedaan derajat kedewasaan. Tidak dapat dipungkiri kadangkala kita merasa kecil hati dengan kualitas tulisan kita karena Pembaca menilai apa yang kita tulis, apakah itu tulisan yang baik atau tidak baik.



Ketika tulisan kita baik sehinga memancarkan aura positif bagi orang lain yang membacanya, kita akan bertumbuh dengan sikap yang positif yang terpancar dalam aura tulisan kita.



Tatkala kita merasa tulisan kita sangat lemah, dan badai cercaan mendera kita, pengalaman tersebut melemahkan semangat kita. Justru cercaan terhadap kualitas tulisan akan membuat kita lebih baik lagi dan tekun membuat tulisan yang lebih berkualitas dan berbobot daripada sebelumnya.



Seringkali kita berharap dapat menulis semua hal. Tapi kita juga harus mengukurnya dari segi kemampuan kita. Kita menulis sesuai dengan keterbatasan kita, oleh karena itu kita juga harus berhati-hati ketika menulis sesuatu. Jikalau kita menulis yang bukan bidang kita, ini sama saja dengan merusak kualitas tulisan kita, dan hanya merancangkan masalah.



Kualitas tulisan yang baik yang timbul dari merendahkan hati dan pengendalian diri akan berbeda dengan tulisan yang terbelenggu oleh kecongkakan, kecurangan, dan tipu muslihat.



Orang-orang seperti ini sangat sedih oleh karena tekanan-tekanan, baik dalam pekerjaan, rumah tangga, ataupun dalam lingkungan di mana ia berada. Jika mengalami keputusasaan, langkah pertama untuk memperbarui harapan adalah dengan membuat tulisan-tulisan yang positif dan dapat bermanfaat bagi orang lain serta bagi diri sendiri.



Jadilah penulis yang baik bagi orang lain. Tulisan yang baik akan dapat mengubah sikap dan prilaku Anda. Menulislah sesuai hati nurani, sesuai bidang dan kemampuan kita. Jangan memaksakan diri menulis hanya demi kepuasan semu.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?