Orang-orang Hebat di Indosat Training and Conference Center Purwakarta

27 Desember 2011 04:10:02 Dibaca :
Orang-orang Hebat di Indosat Training and Conference Center Purwakarta
orang-orang hebat

Bahagia. Itulah yang saya dapat uangkapkan kepada para pembaca. Meskipun sebenarnya saya bersedih hati karena tak bisa bersama anak dan istri di saat liburan sekolah. Apalagi anak pertama saya (Intan), pada 26 Desember 2011 kemarin merayakan hari ulang tahunnya yang ke-13. Kebahagiaan saya itu karena saya bertemu dengan orang-orang hebat di Indosat Training and Conference Center Jatiluhur Purwakarta (ITCC). Saya bertemu dengan mereka di pelatihan Training of Trainer (TOT) ICT dengan tajuk "Pemanfaatan ICT untuk Pembelajaran". Sebuah kegiatan yang digagas oleh teman-teman komunitas blogger bekasi (beblog), dan ikatan guru indonesia (IGI) dimana saya menjadi penasehatnya.

Setelah bersama-sama menggunakan bus dari islamic center bekasi, rombongan peserta diterima oleh pak Agus dari pengelola ITCC. Kami dikumpulkan dalam sebuah ruangan besar yang bernama Balairung Indosat. Kamipun dibagi dalam beberapa kelompok untuk penempatan kamar dan dijamu makan siang di Kafetaria yang luas. Jumlah kami yang 150 orang (peserta dan panitia) leluasa makan siang di dalamnya dengan menu hidangan yang sangat lezat sekali. Saya sampai nambah dua kali saking lezatnya, hehehe.

u
Pak Sony Teguh Trilaksono Sedang Memberikan Materi

Usai makan siang dan sholat berjamaah di masjid Iqra, materi pertama pun di mulai pukul 13.00 wib. Pak Agus sampurno, Juara Guraru award Acer 2011 berkenan berbagi ilmunya dengan tajuk pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Banyak ilmu yang kami dapatkan dari beliau, dan akan saya sharingkan slide presentasi beliau.

Dalam pemaparan materinya, Agus Sampurno  Guru Sekolah Dasar Global Bintaro menjelaskan bahwa sekolah-sekolah di Indonesia sekarang ini mau atau tidak, suka atau tidak, harus sudah berbasiskan ICT (Information Communication Technology.) Para guru diharapkan dapat memanfaatkannya dalam proses belajar dan pembelajaran dikelas masing masing.

Beliau memberikan 3 alasan mengapa hal ini sangat perlu sekali dilakukan. Pertama, bagi para siswa mereka  akan merasa nyaman, betah dan tidak mengalami rasa jenuh untuk belajar dikarenakan kegiatan belajar yang mereka alami terus menerus setiap hari. Kedua, untuk para staf pengajar  tertantang untuk dapat menuangkan  pemikiran yang lebih kreatif dalam menciptakan lebih banyak temuan terbaru untuk bahan bahan pengajaran yang mudah mudahan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi peningkatan ilmu dan terutama kesejahteraan mereka juga pada akhirnya. Dan ketiga yang tidak kalah penting adalah bagi lembaga. Adanya peningkatan nilai semua mata pelajaran dalam raport siswa serta prestasi para peserta didik dalam mengikuti ajang perlombaan mata pelajaran yang diadakan didalam dan diluar sekolah.

Pembicara kedua adalah Sony Teguh Trilaksono, President Director dari Kopindosat yang menjelaskan kepada kami tentang tipe tipe seorang guru melalui questioner yang diberikan kepada para peserta dan banyak memberikan kepada kami semua motivasi untuk tetap tegar dan bisa merubah diri kita. Pak Dr. Sony Teguh Trilaksano, beliau adalah seorang trainer yang hebat. Beliau bercerita bagaimana masyarakat berpengetahuan memanfaatan ICT dalam kehidupan sehari-hari. Kami terkesan dengan presentasi yang disampaikan oleh beliau. Saya pun akan memberikan slide presentasinya kepada pembaca. Mau gak???

Setelah Pak Sony bicara, kami rehat sejenak untuk sholat ashar dan coffee break. Pak Elga dari indosat dan temannya sangat menginspirasi kami dalam menggunakan blog yang memiliki keajaiban. Luar biasa! Kami pun menjadi terhipnotis karenanya. Anda bisa melihat komentar para guru di facebook IGI Bekasi dan membaca twitterannya di @bloggerbekasi. Wow salut buat tim dari indosat yang telah berbagi ilmu kepada kami. saya pun akan mensharingkan slidenya bila sudah mendapatkannya kepada anda para pembaca.

Pak Dedi Dwitagama lebih memotivasi kami dalam menggunakan blog, dan beliau memulai presentasinya dari guru-guru yang menggunakan blog. Creative Blogging menjadi tema utamanya. Pokoknya seru banget ketika pak Dedi memberikan materinya. Gak kerasa waktu sudah sampai 18.15 wib. Waktu dimana kami harus sholat magrib dan mandi sore. Materi pak Dedi Sudah saya dapatkan dan akan saya sharingkan kepada anda juga di sini. Mau kan???

Materi kemudian dilanjutkan kembali oleh pak Dedi Dwitagama yang sudah sering mentrainer para guru. Pak Dedi yang menyampaikan materi “Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif” menyampaikan langkah-langkah untuk mengelola blog. Diawali dengan nulis saja, apa saja, dan terus menerus maka lama-lama akan terbiasa, ucap pria yang menyukai photografi ini. Selesai materi pak Dedi menyampaikan motivasi dan beberapa peserta merespon feed back dari motivasinya dan dilanjut dengan ISHOMA.

Nah, di sesi akhir saya pun bertemu dengan pak Hasan dari Pustekkkom kemdikbud yang mengelola rumah belajar. Websitenya dapat dilihat di http://belajar.kemdiknas.go.id. Beliau bercerita banyak bagaimana memanfaatakan ICT dalam dunia pendidikan dan kamipun tercerahkan dan ingin sekali bergabung dalam komunitas rumah belajar yang ternyata anggotanya sudah ribuan orang. Bila sudah dapat slide presentasinya, saya akan bagiakan dengan cuma-cuma kepada anda yang membaca tulisan saya.

Akhirnya, saya kebagian memberi materi di sesi akhir untuk menyampaikan praktik menulis di blog. Saya meminta mereka untuk menuliskan kembali apa yang sudah didapatkan hari ini. Wow, sangat kagum sekali melihat tulisan mereka. Lengkap dan lebih bagus dari tulisan saya yang belum menjadi orang hebat. Nanti saya kasih tahu ya blog mereka. namun sebelumnya, inilah email saya wijayalabs@gmail.com. Jangan sungkan untuk mengirimkan email anda kepada saya. Insya Allah saya akan memberikan materi yang saya dapatkan secara cuma-cuma. Semoga bermanfaat ya!

salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Wijaya Kusumah

/wijayalabs

TERVERIFIKASI (BIRU)

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?