Wisata

Ini Strategi Tepat Liburan Hemat ke Raja Ampat

13 September 2017   15:03 Diperbarui: 14 September 2017   14:05 213 0 0
Ini Strategi Tepat Liburan Hemat ke Raja Ampat
rajaampatholidays.com

Ada satu permata yang tersembunyi di Papua Barat, Raja Ampat. Saking indahnya, Raja Ampat menjadi destinasi wajib dikunjungi sebelum meninggalkan hidup ini.

Sayangnya, destinasi apik nan cantik ini seolah sulit sekali dijangkau kebanyakan orang. Hanya mereka dengan bujet berlimpah saja yang bisa mengunjunginya tanpa perlu pikir panjang.

Dari situ lah mereka yang-tidak berbujet melimpah-giat mencari alternatif lain untuk berjuang menjadi saksi mata keindahan Raja Ampat.

Bagaimana caranya supaya bisa ke Raja Ampat dengan bujet hemat, berikut adalah perkiraan biaya ke sana. Yuk, baca pelan-pelan satu per satu.

1. Buat perjalanan Jakarta-Sorong lebih efisien

Sudah jadi rahasia umum kalau biaya transportasi memakan biaya terbesar. Untuk itu, buat pengeluaran lebih efisien dengan membelii tiket pesawat murah.

Untuk liburan hemat ke Raja Ampat manfaatkan promo tiket pesawat untuk menghemat bujet hingga beberapa persen. Normalnya harga tiket dari Jakarta ke Sorong mulai dari Rp4 Juta hingga Rp7 Juta. Dengan memaksimalkan promo bisa menghemat hingga Rp1 Juta.

Akali juga dengan membeli tiket dari jauh-jauh hari, mengurangi barang bawaan sehingga tidak perlu beli bagasi, dan sering mengecek situs booking tiket online yang menjual harga tiket maskapai murah seperti Lion Air, Air Asia, Batik Air, dan maskapai murah lainnya.

2. Buat bujet lebih efisien lagi untuk transportasi Sorong-Waisai

Untuk menuju pelabuhan Sorong bisa menggunakan ojek ataupun sewa mobil. Lakukan tawar menawar, kisaran harga tertinggi hingga Rp100 ribu. Selanjutnya lakukan perjalanan menuju ke Waisai. Ada dua pilihan transportasi, yang pertama adalah pesawat dari maskapai Susi Air, yang kedua adalah dengan kapal laut. Pilihan kedua adalah yang termurah.

Penting untuk merencanakan perjalanan ini dari jauh hari untuk mempersiapkan diri. Harga tiket kapal laut sekitar Rp130 ribu dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

3. Bayar tiket masuk ke Raja Ampat

Memang tiket yang satu ini tidak bisa ditawar dan diganggu gugat. Namun, dengan mengetahui harganya dari jauh hari, jadi bisa menyisihkan sebagian besar uang dan menabungnya.

Harga tiket masuk Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) adalah sebesar Rp500 ribu per orang untuk turis lokal dan Rp1 Juta per orang untuk wisatawan mancanegara turis asing tiket ini dibayarkan di pelabuhan atau di kantor Kabupaten Raja Ampat.

4. Siapkan biaya akomodasi paling murah

Saat liburan hemat ke Raja Ampat, tak perlu lah akomodasi yang begitu wah. Asal sudah bisa tidur dengan nyenyak rasanya sudah cukup. Meski ada banyak sekali pilihan penginapan di sana, tetap saja harus pilih penginapan paling murah demi pengeluaran yang sesuai rencana.

Kamu bisa pilih Koranu Fyak Homestay atau pun Yenkoranu Homestay yang memiliki kisaran harga mulai dari Rp250 ribu.

5. Biaya Island Hopping

Selama di Raja Ampat, adalah sebuah keharusan untuk melakukan island hopping atau menjelajah dari satu pulau ke pulau lain. Tentunya dengan menggunakan kapal. Biaya dari satu pulau ke pulau yang lain tentunya berbeda, tergantung dengan jarak tempuhnya.

Satu kapal bisa memuat hingga 12 orang, artinya semakin banyak yang ikut serta, semakin baik karena akan membuat biaya patungan menjadi lebih murah.

Mari ambil titik awal dari pulau Waisai. Dari Waisai ke Teluk Mayablibit estimasi biaya termurah sebesar Rp6 Juta. Dari Waisai ke Wayag, estimasi biaya termurah sewa kapal sebesar Rp7 Juta. Dari Waisai ke Pianemo estimasi biaya termurah sebesar Rp8 Juta.

Perhitungan Total Biaya Liburan di Raja Ampat

Jakarta-Sorong (PP)Rp3.000.000

Kota Sorong-Pelabuhan (Ojek)Rp30.000

Pelabuhan Sorong-Waisai (Kapal Laut) Rp130.000

Tiket masuk Rp500.000

Penginapan 3 Malam Rp750.000

Transportasi Waisai-Wayag Rp700.000/orang (estimasi 10 orang)

Transportasi Waisai-Teluk Mayablibit Rp600.000/orang (estimasi 10 orang)

Konsumsi 4 hari Rp20.000 3 x sehari Rp240.000

Total estimasi liburan di Raja Ampat 4 hari 3 malam: Rp5.950.000,-

Dari perkiraan bujet tersebut jadi lebih terbayang kan berapa bujet yang harus disiapkan setelah disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup kalian. Semoga artikel tentang strategi tepat liburan hemat ke raja ampat  ini membantu!