Sindoro oh Sindoro

24 Juni 2011 11:14:31 Diperbarui: 26 Juni 2015 04:13:02 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Sindoro oh Sindoro

"da, lo mau ikut kita naik gunung ngga besok ? " bacotan si odonk ngagetin gua yang lagi asyik twitteran... gua : "anjriit, ngagetin gua aja lo...!! haa...naik gunung ?kemana ?" odonk : "gunung sindoro,temanggung....ikut ngga..?rame loh...!! ada acara bersih - bersih gunung gitu..jadi ntar ngga cuma kita doank yang naik, ada anak-anak dari daerah lain, katanya mah ada yang dari Makassar juga...rame lah pokoknya mah....!!ikut ngga..??" gua : " bersih-bersih gunung gimana..??ngepel gunung gitu ?ahahaa...ngga ah, males, lagian Sabtu gua ada UTS, gila aja ngga masuk....bisa E nilai gua, dosennya killer lagi...!! " odonk : "anjriitt,bukan ngepel bangke, ntar disana kita ngumpulin sampah-sampah gitu,kan banyak sampah tuh sepanjang jalur pendakian, nah itu yang bakalan dikumpulin....!! waah, sayang banget atuh, padahal abis turun gunung, rencananya kita mau maen ke jogja dulu...kan lo pengen banget ke jogja tuh, sayang banget lo ngga ikut mah...!! " gua : " anjriit jogja...!!!bener lo...?? waaahh....kalo gitu gua ikut....!! jogja cing.....!!! " ngga tau kenapa, gua terobsesi banget ama jogja, gua pengen banget kesana dari dulu, spontan aja waktu si odonk bilang kalo dia mau ke jogja, gua wah banget....!!! masalah bersih - bersih gunungnya mah, gua ngga peduli...!! odonk : " lah,,,katanya lo ada UTS sabtu...kita baliknya Senin loh, ngga bakal bisa masuk lo mah kalo ikut !! " gua : " ah,,soal UTS mah gampang, gua tinggal nelpon dosennya, minta ijin UTS susulan..bilang aja kalo gua besok balik ke Padang, nenek gua meninggal....!! heheeee " odonk : "anjriit parah lo, meninggal beneran nenek lo, baru tau rasa lo...!! " gua : "nenek gua udah meninggal satu taun yang lalu dodol...ahahaaa " odonk : " ok...siip, berarti lo ikut ya, besok pagi gua beliin tiket kereta...!! " gua : "ok..siiip...jadi...!! " dan singkat cerita, sampailah kita di stasiun kereta Kiaracondong,Bandung..kita berangkat jam 10 malem, pake kereta ekonomi Kutoharjo Selatan, waktu itu hari jumat, 8 april..ada Gua, Odonk, Izot, Indra, ama Mr.Handsome Faisal.......preet....!!! seumur-umur baru kali ini gua naik kereta api, udik yaa...??heheheee.....makanya gua kanget banget liat "keadaan" didalam kereta api.. "donk, kok sesak gini sih ? " denger celotehan gua si Odonk pun balik muntahin gua dengan kicauannya, "eh, bangke..namanya juga kereta ekonomi, 20ribuan....ya iyalah penuh sesak..kalo lo mau legaan mah, sono noh, naik yang executive...!! " "oh...iya ya, Ekonomi, lupa gua....heheheeee" jawab gua nyegir.... awalnya mah gua emang "ngga terima" dengan keadaan ini, tapi lama-kelamaan gua malah nikmatin banget "semalem nyot-nyot di kereta ekonomi ", ada aja yang bikin perut gua sakit ketawa pengen muntah, mulai dari teteh-teteh yang ngomong pake bahasa jawa, yang ditelinga kami terdengar seperti suara kebo yang lagi disunat, atau cerita tentang si Mr.Handsome yang dengan gagahnya mengaku kalo masih jomblo ama si teteh beranak satu, dan banyak lagi cerita-cerita konyol yang sukses bikin cacing - cacing di perut gua ngga bisa tidur malem itu....!! " kuda...bangun, kita udah nyampe woii...!! " bacotan bangke si Izot mengakhiri kisah mimpi gua ama Beyonce pagi itu,,, "anjriit, apaan sih...!!" jawab gua kesel.. "bangun dodol, kita udah nyampe, buruan bangun,,turuun....!!" "iyaaa bangke....ganggu aja lo, padahal Beyonce baru buka sepatu tadi....!!ahh......bagoiii...!! "jawab gua masih kesel. "lah..ngomong apaan lagi lo, pagi-pagi udah ngelantur, buruan bangun...!!" akhirnya setelah ber nyot-nyotan riasemalem suntuk dikereta, jam 6 pagi kita semua nyampe di stasiun Kurtoharjo, Jawa sebelah tengah, stasiun ini 1001 kali lebih jelek dari stasiun kiaracondong, Bandung....kayaknya mah stasiun ini biasa dipake untuk markir kebo impor yang dikirim kesini. tapi gua ngga peduli, gua harus mandi sebelum ngelanjutin perjalanan, walaupun harus mandi pake air kencing kebo hamil pun, gua harus mandi...!! badan gua lengket banget kayak abis dijilatin ama monster lem cap kapak abis makan jengkol basi... kelar mandi, dan dandan dikit, kita pun cabut dari stasiun, niatnya mah pengen nyari sarapan, kasihan cacing-cacing piaraan gua, semalem jadwal tidurnya keganggu gara-gara gempa 10 skala liter dari ngakakan gua,mereka harus dikasih sarapan yang bergizi, sayang banget kalo ampe mati terus punah..!! jalan dikit dari stasiun, kita nemuin pasar, insting cerdas si Odonk pun berjalan " nah,,dipasar itu pasti ada yang jualan makanan..!!"celoteh si Odonk bangga. cuiih....ya iyalah ada yang jualan makanan, namanya juga pasar...!! insting cerdas apaan...salah tulis gua ternyata diatas....!! dengan lagak sok bule padahal kere kita pun menuju pasar, didepan pasar, kita nemuin ibu-ibu lagi nungguin onggokan panci-panci indah, eh salah, bukan pancinya yang indah, tapi isi di dalem pancinya....ahaaaaaa.....MAKANAN...!!!! walaupun rasanya agak aneh, tapi tetep aja enak bagi cacing-cacing piaraan gua, kalo udah laper gini mah, tempe pun serasa ayam KE EP CI bagi gua....hehee..hajaar broo....!!! gua bela-belain ngga makan gudeg, karna menurut gua ngga afdhal rasanya makan gudeg kalo ngga di Jogja, ahahaa...tumben-tumbenan gua bisa nahan hasrat untuk makan...!! perut kenyang, kadar ganteng pun nambah,,ahh...nikmat banget...!!! kelar makan, rencananya mah kita mau ke Wonosobo, karena dari Wonosobo udah deket ama Basecamp Sindoro, kita janjiannya ngumpul sore disana ama empunya acara...Mas Nafiz....!! mas Nafiz, kenapa ngga mas Pipis aja mas...??heheee berhubung masih pagi, kita mutusin untuk maen dulu di Wonosobo, kami pun mengutarakan niat kami ama si ibu-ibu panci indah ini...

"bu,kalo mau ke Wonosobo naik apaan ya ? " tanya gua

"blablablabalbalbablablablablablablalbablalbalbalbalbalbalbablablablablabla..zzdasdfs"

sumpah si ibu ngomongnya ngga jelas banget..

ditengah KEGALAUAN kami,,(cee i lee...galau,,kayak judul lagu dangdut aja...!! ) datanglah sesosok ibu - ibu dengan lagak malaikatnya menghampiri kami, " Mau kemana nak ? ke Wonosobo ? " si ibu - ibu itu nanya.

"iya bu, kira bagusnya naik pa ya kalo dari sini ? " tanya gua.

"oh, kalau mau ke Wonosobo mah, tinggal naik mobil 3/4 di perempatan depan sana, terus turun di Terminal Prembun, dari Prembun ada mobil ke Wonosobo. " jawab si ibu.

"oh,gitu ya bu, makasih bu...!!tapi kira - kira ongkosnya berapa ya bu ?" tanya gua lagi.

"kalau dari sini ke Prembun mah,ongkosnya cuma 3ribu dek,terus dari Prembun ke Wonosobo 5ribu. "

denger penjelasan si ibu - ibu itu kami pun sangat excited, ngga mahal ternyata...!!sesuai dengan isi kantong kami..para mahasiswa kere.

berbekal informasi dari ibu - ibu tadi, gua dan anak-anak pun berangkat menuju Prembun, beneer ongkosnya cuma 3ribu perak....wah.wah...!!

kira - kira setelah setengah jam naik mobil, akhirnya kita nyampe di Terminal Prembun, turun mobil, gua ama anak - anak langsung kaget dengan pemandangan di depan kami. "Anjriit, ini terminal apaan sih..?sepi banget..!!" celoteh gua kaget.

"Ho-oh kok sepi gini ya..??" timpal si Mr.Handsome.

"Ah,,mau sepi kek peduli bagoii dah, yang penting kita nyampe Wonosobo..!! " si Izot nyerocos.

"bener..!!" kata si Indra.

si Indra pun langsung ngacir menuju satu-satu nya bis yang ada di Terminal itu, buat nanya apakah tu bis ke Wonosobo atau bukan.

"bis itu emang ke Wonosobo, tapi gila nya, itu bis baru berangkat jam 11 ntar, jadi kita harus nunggu 2jam lagi, dan lebih parah lagi, ongkosnya bukan goceng, tapi 25ribu...!!."terang si Indra abis nanya ke supir bis tadi.

"apa...??2jam lagi ??25ribu ??bangkee...!!." gua kaget.

"gelo, 25ribu...meuni mahal kitu ajig."si Odonk ikutan kaget.

"ho-oh,tadi supirnya bilang gitu, gimana nih ? mau nunggu aja ?" tanya si Indra.

"gila kalau harus nunggu 2jam lagi, bisa bangkotan kita...!!" Mr.Handsome yang dari tadi diem ikutan ngebacot.

"ho-oh mana ongkosnya 25ribu lagi, sarap dah...!!" si Izot ikutan nimbrung.

"jadi gimana nih ?"si Indra nanya lagi,nambah pusing.

"zzzzzzdskdfasjsdafghdsidfghsdgdsfsdvnsdvisdfhdv".kabeh...!!

....................................................................................................................................................................

"Misi pak,numpang nanya,kalau mau ke Wonosobo, selain dari sini, dari mana lagi ya pak ?kita mau ke Wonosobo ".

nah, ini baru cerdas, Mr.Handsome pun berinisiatif nanya ama bapak-bapak dibelakang kami.

"mau ke Wonosobo toh,selain darisini mah, lewat Kurtoharjo, dari Kurtoharjo naik angkot ke Purworejo, nah dari Purworejo ada bis ke Wonosobo dek." jelas si bapak.

"bangke...!!dari Kurtoharjo bisa ya pak, sarap dah, tau gitu kita ngga usah capek-capek kesini dah...!!" jawab gua kesel.

"iya dek, malahan lebih dekat dari Purworejo ke Wonosobo mah daripada dari sini,kalau dari sini bisa 3jam baru nyampai di Wonosobo, soalnya jalannya jelek dan muter, memangnya adek-adek ini dari Kurtoharjo ya ?"

"iya pak,tadi kami dari Kurtoharjo, terus ada ibu - ibu nyaranin kami kesini dulu kalau mau ke Wonosobo." si Indra buru-bru ngejawab pertanyaan si bapak, mungkin dia takut gua ngejawab lagi dengan kosa kata - kosa kata aneh gua.hehee

"wah, kalau gitu adek-adek ini salah jalan, harusnya tadi bukan kesini, tapi ke Purworejo, kalau dari sini mah jauh dek, jalannya jelek. " terang si Bapak lagi.

"oh, kalau gitu, kita harus balik lagi dong pak ke Kurtoharjo." Mr.Handsome menimpali.

"ya kalau mau cepat mah, gitu dek."jawab si bapak.

....................................................................................................................................................................akhirnya dengan segudang rasa kesal di dada, gua dan anak-anak pun mutusin balik ke Kurtoharjo.

ini lah terminal kampret yang mudah-mudahan ngga bakal gua injek lagi ampe mati...!!!

"kampreet tuh ibu-ibu, ngejebak kita, ngga bener...!!".cerocos Odong.

"ho-oh,kacrut tuh ibu-ibu,kalo ketemu lagi gua telanjangin dah...!!"timpal gua kesel.

"pelajaran pertama buat kita, Jangan mudah percaya ama orang...!!kalo mau nanya jangan hanya ama satu orang aja...!!".si Indra yang kayaknya turunan Plato masih aja bisa berpikir bener dalam situasi kayak gini, salut gua dah ama si bocah....!!gua doain mudah-mudahan lo jadi camat ndra...!! ☺☺

nyampe Purworejo, kita langsung naik bis ke Wonosobo, ongkosnya 10ribu perak kalo ngga salah.

tunggu-tunggu, di perjalanan menuju ke Purworejo, ada lagi cerita lucu yang bikin mood kita jadi bener dikit, gini, waktu di bis, ada cewek yang lumayan cantik, ngeliat cewek itu duduk ndri, akal bulus si Izot pun berjalan, langsung deh si bocah ngedekatin tuh cewek dan duduk sebelahan ama dia. dan lucunya belom nyampe 2menit disebelahin ama si Izot, tuh cewek langsung diri mau pindah.

"misi mas, aku mau pindah ke depan."

"oh,,iya" jawab Izot lemes.

gua dan anak-anak pun langsung ngakak sejadi-jadinya ngeliat tampang lemes Izot, ahahaa...sungguh malang nasibmu kawan.

ah....akhirnya setelah puas berbelit dengan masalah nyasar dan ibu-ibu laknat, kami pun nyampe di kota Wonosobo,kota kecil yang indah dan asri. hmm....2thumb up untukmu Wonosobo.

"gila, ini kota adem banget ya, indah..!!" celotehan Indra memecahkan keheningan kami yang sedang terlena dengan keadaan di depan kami begitu nyampe di alun-alun Wonosobo.

"ho-oh,adem banget..kereen...!!" timpal gua.

ini kawan, foto kota yang sukses ngilangin jenuh kami....!!

satu hal lagi yang bikin gua salut ama ni kota, gilaa cing, cewek - ceweknya cantik banget...!!muka jowo banget, bikin adem perasaan kalo ngeliat muka mereka. AYU TENAN....!!

tapi kalo udah ngomong mah, ratingnya langsung turun 8digit,ahahahaaaaa......ngakak gua dah kalo denger mereka ngomong. bahasa jawa emang lebih jago dari Mr.Bean dalam masalah bikin gua ngakak...!!

setelah puas istirahat dan narsis-narsisan di alun-alun Wonosobo, gua dan anak - anak mutusin untuk berangkta ke Basecamp, udah sore masalahnya, takut kemaleman nyampe Basecamp, waktu itu udah jam 3 sore kalo ngga salah, paling juga kurang atau lebih 20 detik deh.

narsis-narsisan di Wonosobo.

Setelah kira- kira sejam naik bis, kita pun nyampe di Kledung, daerah dimana Basecamp yang kita tuju berada, kita nyampe disana jam 4sorean. dan kali ini ngga ada cerita deh tentang perjalanan dari Wonosobo ke Kledung, bukan karna ngga ada yang seru, tapi karna selama di bis, gua molor..heheee...!! jadi gua ngga tau kalo mungkin ada ibu - ibu boker di bis, atau nenek - nenek goyang inul di bis tadi. sorry kawan. :D

nyampe Kledung, hal pertama yang kita dapet adalah.....DINGIN...!!!gilaa dingin banget disini...!!baru di kakinya doang udah dingin banget, apalagi puncaknya ya, pikir gua....!!, nyampe di Basecamp, gua ama anak-anak langsung kecewa banget...!! gimana ngga kecewa coba, pas nyampe Basecamp kita mikirnya bakalan banyak anak - anak lain yang ngumpul disana, eh, ngga tau nya tuh Basecamp kosong plongtong....!!

"anjriit.....jangan bilang kalau kita cuma naik limaan besok...!!" cerocos gua melihat Basecamp yang kosong.

"iya, kok kosong gini ya, atau emang pada belum dateng ya...?" Odong bersuara.

"Ndra..lo coba telpon gih, siapa tuh, mas Nafiz mas Nafiz itu, tanyain dia lagi dimana, jadi ngga acara naik gunung besok pagi....!!" gua nyuruh Indra nelpon mas-mas kenalannya itu buat konfirmasiin lagi.

"iya ndra, telpon gih, gawat kalo dia ampe ngga dateng, masak kita naik gunungnya cuma limaan doang...!!"Mr.Handsome menimpali.

"ho-oh....ntar gua telpon...!!" Indra pun langsung mencet handphone nya buat nelpon mas mas Nafiz itu.

"mas Nafiz ama temen-temennya udah dijalan, paling sejam lagi nyampe...!!" kata Indra abis nelpon si empu nya acara itu.

acara naik gunung ini, emang berasal dari Indra, dia lah yang ngajak kami kesini, dia juga diajak ama temen dunia maya nya, nah Mas Nafiz yang ditelpon tadi itulah temen dunia maya Indra.

denger penjelasan Indra, gua ama anak - anak jadi sedikit lega, walaupun ntar akhirnya ngga banyak yang naik, tapi setidaknya ada rombongan mas Nafiz itu yang bakalan bareng ama kami.

sambil nunggu mereka dateng, gua ama anak - anak sholat dulu, ahahaa....gini-gini kita anak muda yang sholeh kadang-kadang...!!hhee.

kopi item ama jarcok emang cocok banget di cuaca dingin kayak gini,,hmm......angkat lagi gelasmu kawan...!!

YEAH...I KNOW THIS WEEKEND WILL BE BETTER THAN THE LAST...!! ☺☺☺

gua yang lagi kedinginan...!!grrrh...dingin mak..!!!

kira - kira jam 8malem, rombongan mas Nafiz pun nyampe di Basecamp, ada Mas Nafiz yang ternyata nama aslinya Bejo...!!keren mas namanya,daripada mas Pipis...!!hheheee, ada Sandy Sindoro, ada Yuli ama Nana...3 nama terakhir sumpah bikin gua kaget setengah mati...!!pas kenalan ama mereka, gua langsung aneh "ini anak - anak SMP berani amat ikutan naik gunung...!! kayak yang kuat aja...!!".cerocos gua dalam hati.

liat tuh tampang mereka...!!

nah,,lo semua juga pasti ngga bakalan percaya kan, kalo ternyata 2 cewek aneh ini, ternyata bukan anak SMP,tapi baru kelas 3 SD.....ahahahaa....ngga lah......!!

MEREKA UDAH SEMESTER 8, BENTAR LAGI MAU WISUDA...!!!

kampreet dah....!!

lo pada juga ngga percaya kan...??

tapi itulah kenyataannya, emang dunia udah tua, ada-ada aja kejadian aneh didunia ini...!!!hmmm...

kalo Sandy gua ngga punya foto close up nya...hheheee, tapi tampangnya juga sama, tampang bocah banget(sorry di,gua harus jujur.hheee), lo pasti ngga bakalan nyangka deh, kalo ternyata dia udah mau wisuda...!!!

terakhir ada mas Dhanny dari jogja, selidik punya selidik, ternyata mas Dhanny inilah penggagas utama acara bersih - bersih gunung ini, katanya dia prihatin banget ama keadaan gunung-gunung di daerah Jawa yang kotor banget, gua juga heran kok bisa ya dia ampe punya pikiran ngadain acara bersih-bersih gunung, dan akhirnya otak kuda gua ngambil kesimpulan, mungkin dulunya dia pernah magang jadi Office Boy atau tukang sapu kota, makanya jiwa bersihnya itu kebawa-bawa ampe sekarang...!! maybe.. :)

THE TRUE SOUL OF MAS DHANNY

ngga lama abis mas Nafiz, eh mas Bejo nyampe di basecamp, dateng pulalah rombongan lain dari Jogja, awalnya gua kirain rombongan ini juga salah satu peserta acara bersih - bersih gunung, pertama kali liat mereka, gua langsung ngerasa ngga pede, dandanan mereka semua keren banget, dengan peralatan super lengkap yang keliatan jelas dari padetnya carrier bag dipunggung mereka, belum lagi tampang - tampang mereka yang "alam" banget, mirip turunan ke-12 monyet afrika, heheheee.....(guyon mas). Tapi ternyata mereka bukanlah peserta acara bersih-bersih gunung, mereka adalah Mapala dari Universitas Widya Mataram Jogja, yang mau ngadain acara pelantikan anggota baru di Gunung Sindoro, ada mas Bunglon, mas Padang, mas Kancil, Azky, Mr.Papua, dan banyak lagi yang gua ngga apal namanya, kira-kira mereka ada 15orang-an lah, walaupun mereka beda tujuan dengan kami, tapi bukan berarti itu jadi halangan buat kami untuk saling mengenal, malahan gua cepet banget akrab ama mereka, mereka mempunyai kadar gila yang ngga jauh beda ama gua, sarap...!! dan akhirnya malem itu sukseslah kembali perut gua diaduk-aduk dengan bayolan-bayolan sarap ala Jogja, untuk yang kedua kalinya cacing-cacing piaraan gua terganggu lagi tidurnya, mudah-mudahan aja tuh cacing ngga berimigrasi ke perut lain...!! oh cacingku,jangan kau tinggalkan aku...!! :(

inilah orang-orang yang dibenci ama cacing piaraan gua..!!

kalo ini,kepala sukunya.Mas Bunglon(manusia sarap)

Mas Bunglon..yah,,gua pengen nulis bagian khusus buat orang gila ini, bukan karna gua naksir ama dia atau karna gua mirip dia...prettt dah....!!! tapi banyak hal yang gua dapet dari orang gila ini, banyak banget...!!

dia ngasih pelajaran penting ama gua malem itu,pelajaran tentang bagaimana kita harusnya jadi PENCINTA ALAM, BUKAN PENIKMAT ALAM...!! dua hal ini punya makna yang jauh banget bedanya, pencinta alam otomatis akan "menjaga alam", sementara penikmat alam, hanya menikmatinya saja tanpa menjaganya...!!

ahh,,,,lo semua pasti ngarti lah maksud petuah mas Bunglon itu apa, masak kalah ama gua yang turunan kuda...!!

Selain dari Jogja, peserta acara bersih - bersih gunung ini juga dateng dari Semarang (mba Peppy, mba Nina, Ayik, Hadi, Didhin dan Zaki), Wonosobo (Mas Gembel Nanang, Moko, Umay dan Adi), Surabaya (Mbak Sophie, ama Mas Fauzan), dan terakhir dari manusia aneh dari Demak, Mas Jenggot.

inilah perwujudan orang itu...!!

Malem itu, setelah puas bahkan hampir muntah ngakak karna bayolan-bayolan versi jawa dari mulut temen-temen baru gua itu, akhirnya gua mutusin untuk maksain tidur, walaupun masih belom ngantuk, tetep gua paksain, karna besok gua harus ngadapin perjalanan yang pastinya bakal nguras stamina.

gua yang lagi berusaha untuk tidur...!!

Hoaaaammmmmm.........................!!!!pagi itu gua bangun dengan semangat membara, baru kali ini gua bangun tanpa ngga dibangunin dulu, gua bangun ndiri, AYO KITA NAIK GUNUNG....!!

setelah rombongan dari Surabaya dateng, akhirnya dengan bekal nasi,telor ama mie,ditambah segelas teh hangat didalam perut, kita semua pun berangkat menuju Sindoro.

tap.tap.tap.tap...trek pertama yang harus kita laluin adalah jalan lurus berbatu ngelewatin perkebunan penduduk, kira-kira 2kiloan lah, trek ini masih ecek-ecek lah buat gua, karna baru jalan, stamina masih ON, jadi ah...gampang...!!

gampaaaang....!!

Setelah melewati jalan berbatu tadi, barulah kami memasuki hutan, pohon-pohon cemara menyambut kami, trek ini masih gampang buat gua, ngga berat-berat amat, nasi mie telor ama teh anget tadi pagi masih lebih dari cukup membantu gua...!! stamina masih ON.

trek hutan cemara.

setelah ngelewatin hutan cemara, akhirnya kita semua nyampe di Pos 1, pos ini lebih layak disebut sebagai tempat parkir babi hutan, anjrit ngga banget dah, sekarang gua baru paham kenapa mas Dhanny ampe punya ide gila untuk bersih-bersih gunung.

Istirahat bentar di Pos 1, kami pun ngelanjutin perjalanan, trek yang terhampar kali ini sedikit lebih sulit daripada trek-trek sebelumnya, jalannya agak sempit, dengan hiasan tebing disisinya, yah....bisalah disebut sebagai hutan, disini kita nemuin buah-buahan hutan, Mas gembel nanang, yang emang turunan asli monyet afrika, dengan lahapnya memakan buah-buahan itu, waktu ditawarin, gua ngga yakin, ini buah-buahan bener apa kagak, bisa-bisa ntar gua berakhir seperti Alexander Supertramp di film Into the Wild yang mati gara-gara makan buah-buahan hutan beracun, bisa jerit-jerit 40hari 40malem emak gua kalo gua ampe mati disini, tapi setelah melihat si Gembel yang baik-baik saja, gua pun akhirnya cobain buah-buahan itu.

Kelar ngelewatin trek sempit tadi, kita akhirnya sampe di Pos 2, dan lagi-lagi Pos ini ngga layak disebut sebagai Pos pemberhentian, keadaannya lebih parah daripada Pos 1 tadi, lebih layak disebut sebagai tempat parkir Monyet kasta terendah yang abis kalah judi, ancur banget, ternyata gunung-gunung di daerah Jawa lebih parah keadaannya daripada gunung-gunung di Sumatera yang pernah gua kunjungin, dikampung halaman gua, walaupun ngga bagus-bagus amat, tapi kalo masalah Pos mah, jauh lebih bagus daripada Pos disini, disana kita masih bisa nemuin langgar sederhana yang bisa digunain buat sekedar ngelurusin badan. Opss tunggu dulu masbro....NO SARA...!!!

Lewat Pos 2 ini barulah gua ngerasain capek, sarap trek nya susah banget, kita harus ngelewatin jalur bekas aliran air yang sempit dan berbatu, sungguh sangat menguras tenaga, tapi semangat untuk segera sampai di puncak terus mendorong pantat gua berjalan, daki...daki...dan dakii....!!!

Ahh......akhirnya kita nyampe di Pos 3, Pos ini lebih lega daripada pos-pos sebelumnya, tempatnya lebih luas, dan lebih datar, disini kita bisa diriin tenda, di Pos 3, gua ketemu lagi ama Rombongan Orang Utan dari Jogja, yap..Mas Bunglon dan pasukan-pasukannya, mereka tadi pagi berangkat duluan dari kita, karna mau ngadain acara Pelantikan Anggota Baru, jadi mereka harus cepet-cepet, dan mulailah bayolan-bayolan laknatnya keluar mengaduk-aduk perut gua, membuat gua ngelupain rasa capek yang dari tadi sukses menyetubuhi gua.

narsis-narsisan di Pos 3.

Pemandangan dari Pos 3 ini sungguh indah banget, dari sini kita bisa memandang lepas kebawah, ditambah lagi pemandangan gunung Sumbing didepan kami yang membuat mulut gua tanpa sadar memuji keindahan ciptaan-Nya....Subhanallah...!!

INDAH BANGET...!!

Setelah merasa cukup beristirahat, kami pun akhirnya ngelanjutin perjalanan menuju puncak, hari udah semakin sore, kalo ngga cepet-cepet bisa-bisa kami kemaleman nyampe puncak.

Bangke......trek kali ini gila banget, sarap....!! tanjakan- tanjakan terjal ama batu-batu sebesar kepala monster di film Power Ranger menyambut kami, rasa capek yang tadi sukses diusir oleh bayolan konyol Mas Bunglon kembali dateng menyetubuhi gua, saraap...!! jalan dikit, berenti, jalan dikit, berenti...sumpah susah banget...!!

Namun, walaupun kaki ini udah berontak maki-maki ngga mau dibawa jalan lagi, tapi bayangan indahnya puncak Sindoro mendorong pantat gua untuk terus mendaki dan mendaki lagi, gua cuek aja ama celotehan-celotehan dan sumpah serapah yang dari tadi terus terdengar dari kaki gua.

"eh, kacrut gua capek...!!udah berenti dulu...!!"

dengan santai gua ngejawab.

"kaki sayang, dikit lagi ya,,bentar lagi nyampe kok, ntar kalo udah nyampe aku pijitin kamu deh...ya.ya...!!!". dan si kaki pun ngejawab.

"kacruuuuuuuuuuutttttttttt....bangkeeeeeeeeeeee.....kenapa gua harus jadi kaki manusia kuda kayak lo sih....!!!!"...ahahahaaa.

Selain dari trek nya yang super susah, ada hal lain yang bikin mood kita jelek, yahh....illegal logging..!! sungguh pemandangan yang sangat menyedihkan. :(

hasil karya manusia setan turunan setan.

Hari udah semakin gelap, dan kami pun belum nyampe di puncak, gua juga udah hampir putus asa, walaupun masih berada di garis terdepan pendakian, tapi tetap saja, rasa capek ini ngga bisa dianggap remeh lagi, dia udah nguasain hampir seluruh badan gua, mungkin tinggal pantat saja yang belum mereka jajah.

Karena ngerasa udah ngga kuat lagi, dan kasihan juga ama cewek-cewek dibelakang, kita rombongan terdepan sepakat untuk mengakhiri perjalanan malem ini dan ngediriin tenda untuk istirahat, kita mutusin untuk ngelanjutin perjalanan ke puncak esok harinya.

Tenda pun didiriin, rombongan-rombongan yang tadinya jauh ketinggalan dibelakang pun udah pada nyampe di tenda, mereka langsung istirahat melepas lelah, ada yang langsung tidur, ada yang nyiapin makanan, tapi entah kenapa gua seolah ngga mau menyibukkan diri kali ini, gua lebih memilih diem duduk sendiri diluar sambil menikmati indahnya karya kecil sang Mahakuasa didepan gua, gua seolah ngga peduli ama cuaca yang dingin banget, dan rasa lelah yang dari tadi nguasain gua,yahh...bagi gua keindahan ini terlalu indah untuk dilewatkan, gua ngga mau masuk  ke dalam tenda yang hanya akan ngebatasin mata gua untuk nikmatin keindahan ini.......the freedom and simple beauty is just too good to pass up....!!!

keindahan malem ini sukses membuat gua sadar betapa kecil dan hina nya gua...!!

Lewat tengah malem, barulah gua beranjak dari kesendirian gua untuk tidur, gua,Izot,Mas Gembel,ama manusia aneh dari Demak, Mas Jenggot diriin satu tenda lagi, karena tenda-tenda tadi udah ngga muat menampung pantat-pantat gajah kami yang besar, gua tidur satu tenda ama Izot dan Mas Gembel, awalnya gua takut untuk tidur bareng ama si Gembel ini, gua curiga dia mempunyai kelainan orientasipubertasmonyetos, itu nama penyakit monyet jantan yang ngga doyan ama monyet betina, kan bisa gawat kalo ntar gua diperkosa ama monyet jantan ini, bisa-bisa jadi Headline di koran Kompas "Monyet Memperkosa Kuda "ihh......ngga kebayang deh kalo ampe kejadian, apalagi kalau ampe ada keturunan, bisa-bisa hasilnya "Kuda berkepala Monyet" ato "Monyet berkepala Kuda"......!!!damn .... I can't imagine that happens ...!!.

"woii...kuda bangun, udah pagi, sini keluar pemandangan diluar sini indah banget....!!"

bacotan mas Gembel membuyarkan perjalanan mimpi gua malem itu, tapi ngga apa-apa, karena kali ini gua ngga mimpi ama Beyonce atau Paris Hilton, melainkan mimpi dikejar-kejar monyet bugil....!!

dengan mata yang masih kebuka 1/4, keluarlah gua untuk ngebuktiin bacotan si Gembel, dan ternyata dia emang bener, pemandangan pagi hari di Sindoro ini sungguh indah kawan....!! sekali lagi ....Subhanallah...!!

"Rugi sih kita, harusnya mah kita bangun dari tadi, liat sunrise di puncak, wah.....jauh lebih indah dari ini...!! "

bacotan si Gembel kembali kedengeran.

"wah,rugi banget kalo gitu...!!" jawab gua seadanya.

"gimana, mau ke puncak ngga...??"

"ayooo, harus atuh, masak naik gunung ngga nyampe puncak, ngga afdhal mas...!!" jawab Izot.

"hayuuuukk.....!!". bales gua semangat.

Setelah ngasih cacing-cacing piaraan gua makan ama kopi dingin sisa semalem, dan kue kering yang ngga tau dimaling dari mana ama Mas Gembel, kita pun ngelanjutin perjalanan ke puncak, walaupun treknya masih berat dan terjal, tapi kita tetep semangat naklukinnya, apalagi pemandangan indah bunga edelweiss dan bunga - bunga gunung cantik lainnya sungguh sangat sukses ngebantu gua ngelupain lelah yang kembali dateng.

ini dia tanaman surga itu.

Bodohnya, kami lupa ngebawa persediaan air minum, maka mau ngga mau, kami pun harus rela jadi bebek, nyedot air - air embun yang ada di cekukan bebatuan.

Setelah kira sejam ngedaki,kami bertiga akhirnya sampe di Puncak Sindoro, woooowwwwwww............andai kau tau kawan, bagaimana puasnya gua saat itu....!!semua lelah terbayar sudah.....!!! INI PUNCAK KAWAN...PUNCAK.....!!

wajah-wajah puas kami....!!! ☺☺

di Puncak, gua ketemu lagi ama Mas Bunglon dan pasukan-pasukannya yang udah duluan naik, ada anak-anak dari rombongan kami juga.mereka udah naik dari tadi pagi, mereka buru-buru naik karna mau ngeliat sunrise.

"ah,,,rugi lo ngga liat sunrise...ajig keren banget bagoi...!!" cerocos si Odonk menyambut gua.

"ah,,,ngga apa-apalah, lagian gua males banget tadi buat bangun,anjiiis tulang - tulang gua udah pada copot kayaknya...!!"

"Ho-oh,tadi pagi gua bangunin, lo nya diem aja, ya udah kita tinggal aja...!!"

Puncak gunung Sindoro dihiasi oleh bekas kawah mati yang terisi air, gunung Sindoro udah ngga aktif lagi, jadi ngga bakalan ada kisah Soe Hok Gie muda yang mati gara-gara menghisap gas beracun disini.

woow.....!!!

puas banget....!!

gua keren banget ya....!!!ahahaa

TO BE CONTINUED. . .
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL prosa fiksi

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana