Ardi Dan Bunda Susy
Ardi Dan Bunda Susy profesional

Percayalah, Semua Kota Ada Bedanya . http://ardisfamily.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata highlight

Sehari di Amboseli National Park, Kenya

13 September 2017   01:35 Diperbarui: 13 September 2017   02:20 926 1 0
Sehari di Amboseli National Park, Kenya
Dokumentasi Pribadi

Namanya Amboseli National Park(dulu namanya Maasai Amboseli Game Reserve), jaraknya sekitar 450 Km atau 3.5 jam dari Nairobi naik Land Rover tua. Sudah tentu untuk menuju kesana harus ikut tour dan bawa Tour Guide kalau nggak pingin kesasar didalam Taman Nasional yang luasnya sekitar 392 SqKm tersebut. Dengan ikut paket Tour dari hotel, anda akan didampingi seorang sopir Land Rover yang benar benar tahu medan off road di Amboseli dan seorang tour guide yang 'ngoceh' sepanjang jalan. Karena 'ngoceh' terus ini perjalanan 3.5 jam jadi tidak terasa.

Sebenarnya ada banyak pilihan lokasi wisata Safari di Kenya. Kalau nggak salah ada 25an National Park dan 20an National Reserve di Kenya. Yang paling bagus dan terkenal adalah Maasai Mara National Park. Taman nasional ini sama saja dengan Serengeti National Park, cuma beda nama saja karena Serengeti masuk wilayah Tanzania dan Maasai Mara di Kenya. Binatang binatangnya sama, hanya mondar mandir migrasi dari Serengeti ke Maasai Mara atau sebaliknya pada bulan bulan tertentu.

Taman National yang paling besar di Kenya namanya Tsavo National Park, terdiri dari Tsavo East National Park luasnya 13,747 SqKm  dan Tsavo West National Park luasnya 9,065 SqKm. Tapi Amboseli adalah Taman Nasional yang terbanyak dikunjungi turis nomor 2 setelah Maasai Maradengan jumlah pengunjung 120.000 berdasarkan catatan tahun 2006. Jumlah species binatangnya juga banyak, ada sekitar 400an.

Saya memilih Amboseli National Park karena lokasinya bagus untuk photo photoan. Latar belakang pemandangannya cukup spektakuler yaitu gunung tertinggi di Afrika Kilimanjaro. Sayang saat saya datang puncaknya tertutup awan, jadi keindahan salju abadi di puncak gunung tidak bisa terlihat sama sekali.

Sempat saya bingung saat membaca brosur brosur pariwisata di hotel. Safari Tour yang sedang saya cari ternyata tertulis di brosur dengan nama Game Drive Touratau Reserve Game Tour. Bingung, apa pula ini, mana Safari Tour Kenya yang terkenal di segala penjuru dunia ?. Dalam bayangan saya, Game Drive Tour itu cuma main game atau paling banter wisata virtual nonton gambar binatang lewat TV atau layar lebar semacam main game Play Station atau XBox.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Eh ternyata salah, Game Drive Tour itu maksudnya wisata petualangan menyaksikan binatang liar di habitat aslinya dengan menggunakan Land Rover 4x4 dengan atap yang bisa dibuka dengan medan off road. Kadang lewat jalan tanah yang kering berdebu, tapi sering juga lewat jalanan becek, licin, berbatu, mendaki atau menuruni bukit. Sering kali juga sopirnya unjuk gigi, sengaja dilewatkan ke kubangan kerbau atau nyeberang ke parit parit berlumpur. Tapi semua tergantung dari sopirnya karena sebenarnya sudah disediakan jalan khusus buat mobil dan tidak boleh mengambil jalan pintas karena bisa mengganggu binatang.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Karena jenis tournya petualangan semacam ini, maka didalam mobil Land Rover disediakan plastik buat membungkus kamera dan handphone agar tidak basah. Disediakan juga lotion anti nyamuk, air bersih satu galon buat cuci kaki atau tangan kalau terpercik lumpur saat jalanan basah setelah hujan. Teropong Binocular untuk melihat binatang dari jarak jauh juga disediakan didalam mobil. Radio komunikasi juga wajib ada di mobil Land Rover ini. Sepertinya, radio komunikasinya menggunakan frekwensi khusus yang baru diaktifkan dan bunyi setelah membayar tiket masuk.

Untung Nggak Hujan Jadi Jalanan Banyak Yang Kering (Dokumentasi Pribadi)
Untung Nggak Hujan Jadi Jalanan Banyak Yang Kering (Dokumentasi Pribadi)

Dari jalan raya mulus Nairobi - Mombasa Road, untuk menuju ke pintu gerbang Amboseli National Park harus belok kanan melalui jalan tidak beraspal sekitar 20 menit. Off road seru dimulai di jalan ini. Sopirnya unjuk kebolehan nyopir di medan offroad. Begitu ada mobil lain sesama Land Rover bawa turis, aksinya nggak ketulungan dan bikin penumpang berdebar debar sepanjang jalan. Takut mobil terguling lalu satu persatu penumpangnya dijadikan santapan makan siang Singa, Cheetah, Hyena dan Macan Kumbang.

Zebra, Dan Wildebeest Santapan Singa Dan Macan Tutul (Dokumentasi Pribadi)
Zebra, Dan Wildebeest Santapan Singa Dan Macan Tutul (Dokumentasi Pribadi)

Begitu tiba didepan gerbang Amboseli National Park, semua turis harus turun beli tiket dan disambut oleh pedagang asongan berpakaian tradisional suku Maasai. Meskipun lokasinya terpencil jauh dari mana mana, ternyata proses pembayarannya bisa pakai credit card. Artinya jaringan komunikasi di Kenya sudah maju dan terhubung sampai ke pelosok daerah. 

Rombongan Zebra (Dokumentasi Pribadi)
Rombongan Zebra (Dokumentasi Pribadi)

Radio komunikasi di mobil langsung aktif begitu tiket masuk dibayar. Sepanjang perjalanan di Taman Nasional semua mobil di pantau dengan cara memanggil call sign mobil setiap saat. Informasi dari mobil lain juga terdengar dengan jelas. 'Roger...roger.....Ada Singa sedang ngantuk kekenyangan di patok no B49, silahkan mendekat gantiiiii'. Dan semua mobil Land Rover rame rame mendekat dari berbagai arah. Singanya langsung kabur nggak tahan suara berisik.

Selesai sudah, tepat waktu maghrib kita sudah tiba kembali di Concorde Hotel & Suites, Nairobi.

Gajah Afrika Gemuk Gemuk (Dokumentasi Pribadi)
Gajah Afrika Gemuk Gemuk (Dokumentasi Pribadi)

Baca Juga: