Mohon tunggu...
Syahrul Chelsky
Syahrul Chelsky Mohon Tunggu... Lainnya - Roman Poetican

90's Sadthetic

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Pencuri Harga Diri

11 Juli 2019   17:56 Diperbarui: 11 Juli 2019   22:39 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada suatu malam, sebuah kampung geger sewaktu seorang warga yang bertugas ronda memukul kentongan sepuluh kali dengan memberi jeda pada tiap dua pukulan.

Nyaris semua warga yang mendengar berhamburan keluar rumah, menuju pos ronda setempat. Ada yang hanya memakai baju, ada yang hanya memakai celana dalam, bahkan ada yang bertelanjang.

Berduyun-duyun mereka berkumpul ke sebuah pos ronda yang terletak di pertengahan kampung yang agak kumuh dan muram itu.

"Siapa yang kemalingan?" tanya seorang warga yang telanjang.

"Entah," jawab yang bertugas ronda.

"Lalu kenapa kau memukul kentongan?" tanya ibu-ibu yang mengenakan daster.

"Tadi saya melihat ada seseorang yang lari terbirit-birit membawa Harga Diri," terangnya, "makanya saya pukul."

"Astaga. Kejam betul dia," ucap seorang warga yang hanya memakai celana, "ke mana dia lari?"

"Dia lari ke semak-semak. Hilang dalam gelap."

"Siapa jualah yang kehilangan Harga Diri di saat-saat begini. Kasihan benar dia."

"Harga Diri siapakah kira-kira?" tanya salah seorang warga pada kerumunan mereka. "Entah," jawab seorang lagi, "cuma keluarga Haji Amat, Ustad Gofur, dan Pak RW yang punya Harga Diri di kampung ini."
 
Sekejap kemudian munculah Pak RW sambil mengucek-ucek matanya. Dia baru bangun tidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun