Mohon tunggu...
Humaniora

Perjuangan Masuk SMAN 16 Bekasi

2 Agustus 2017   18:15 Diperbarui: 2 Agustus 2017   18:30 499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perkenalkan nama saya Sukainah Hijarani Almansuroh saya akan menceritakan perjuangan saya masuk SMAN 16 BEKASI. Pertama, Saya Mengikuti UN selama 4 Hari Berturut-turut. Hari senin hari pertama UN tegang,pucet,dan lebih gokilnya hari pertama malah sakit yaudah paksain demi masuk sma negeri. Pukul 07:00 sudah masuk pengawas pun sudah datang didepan kelas sebelum kita masuk kelas kita berbaris didepan kelas dan berdoa. Setelah itu dipersilakan masuk ke dalam kelas. Setelah itu kita duduk sesuai nomor peserta ujian. Pelajaran pertama pun bahasa indonesia yaitu pelajaran yang sangat saya sukai. Tiba-tiba soal pun alhamdullilah sesuai dengan prediksi saya. Setelah itu saya berkonsentrasi untuk mengerjakan semua soal tersebut agar semua pertanyaan dijawab dengan semaksimal mungkin dan lama mengerjakan 120 menit. Setelah itu bel pulang pun berbunyi dan seluruh peserta diharapkan pulang kerumah masing-masing.

Hari kedua kira mengikuti UN Seluruh perseta yang muslim memasukin lapangan untuk bertadarus. Dan sebelum masuk kita berbaris didepan kelas sebelum pengawas datang dan setelah itu kita berdoa dan pengawas pun mempersilakan masuk ke dalam kelas. Dilanjutkan dengan pelajaran matematika. Matematika pelajaran yang sulit bagi saya paling tidak disukai lah pokoknya. Otak pun mumet melihat soal seperti itu. Mau tidak mau saya harus mengerjakan sefokus mungkin agar hasil dikemudian hari pun bagus dan sesuai keinginan. UN kedua pun selesai bel pilang pun sudah berbunyi seluruh peserta dipersilakan pulang kerumahnya masing-masing.

Hari ketiga, masuk pukul jam 07:00 kita kumpul jam 6:45 untuk bertadarusan dan seluruh peserta berkumpul di lapangan. Tadarus selesai kita dipersilakan memasuki kelas masing-masing. Seperti biasa sebelum masuk kelas terlebih dahulu berbaris didepan kelas dan berdoa. Setelah itu pengawas datang dan dipersilakan masuk kedalam kelas. Pelajran hari ketiga adalah bahasa inggris. Bahasa inggris pelajaran itu antara saya suka dan tidak suka padahal bagi saya belajar bahasa inggris itu penting untuk saya untuk melanjutkan ke perguruan yang lebih tinggi. Karna segala sesutu dilakukan dengan sungguh-sungguh agar kemudian hari tidak menyesal. Setelah itu bel pulang pun berbunyi seluruh peserta dipersilakan pulang kerumahnya masing-masing.

Hari keempat, yaitu adalah hari terakhir kita UN disitu lah posisi saya senang,gembira, dan ada sedihnya juga. Seperti biasanya kita berkumpul dilapangan untuk menjalankan tadarus terlebih dahulu. Setelah itu kita dipersilakan ke ruangan masing-masing. Dan tidak lupa kita berbaris didepan kelas menunggu pengawas dan setelah itu kita berdoa dan pengawas pun datang dan mempersilakan masuk kedalam ruangan. Pelajaran hari keempat yaitu Ilmu Pengetahuan Alam. Pelajaran itu yang saya gemari karena gurunya yang bikin ssaya termotivasi untuk belajar-belajar dan berlatih terus menerus. Dari situlah saya menyukai Ilmu Pengetahuan Alam. Setelah itu bel pulang pun sudah berdering kencang peserta ujian pun merasa sangat senang dan gembira karna Ujian Nasional telah usai dilewatinya dan kita pulang kerumah masing-masing.

Sudah berbulan-bulan kita melewati UN dan kita menerima dan melihat hasil perjuangan kita selama 4 hari berturut-turut. Sempet panik, takut, gelisah, sedih, campur aduk semuanya jadi satu. Ternyata hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kita. Orang tua pun kecewa dengan hasil saya. Tetapi mau tidak mau suka tidak suka kita harus menerimanya dengan lapang dada dan bersabar mungkin memang sudah keputusan yang maha kuasa.

Pada tanggal 6-10 juni ada pendaftaran di SMAN 16 melalui jalur non akademik dan saya pun segera mendaftar dan segera melengkapi persyaratan itu. Hari pertama berkas sudah tinggal saya ke sekolah sman 16 untuk memnyerahkan berkas saya itu dan tiba-tiba berkas saya itu kurang lengkap dan harus melengkapinya secepatnya. Saya langsung begegas pulang dan merapihkan berkas yang masih kurang. Dan pada tanggal 7 juni saya kembali lagi ke sman 16 untuk menerahkan berkas lagi. Dan tiba-tiba lagi berkas itu berlum juga diterima oleh pihak sekolah karna berkas masih kurang juga. Saya langsung bergegas pulang dan memberitahu ibu saya karna berkas tidak memenuhi syarat harus segera dilengkapi. Pada tanggal 8 juni saya bergegas ke sekolah sman 16 untuk menyerahkan berkas lagi. Dan saya kesana lagi sman 16 pun sudah mulai sedikit demi sedikit ramai yang berkunjung daftar. Sudah menunggu lama pada akhirya berkas saya pun belum diterima sama sekali masih ada saja kesalahan yang tidak memenuhi syarat. Saya langsung bergegas pulang dengan kondisi pucat lemes karna kondisi puasa. Saya memberitahu ibu saya karna berkas pun belum keterima juga ibu saya pun ikutan gelisah.

 Pada tanggal 9 juni saya kesekolah lagi untuk menyerahkan berkas yang akan diverifikasi oleh pihak sekolah. Di sman 16 pun terus-menerus ramai saingan pun mulai banyak. Ketika nama saya dipanggil saya belum juga memenuhi persyaratan karna satu hal belum terpenuhi. Saya langsung bergegas pulang dan memberitahu ibu saya. Ibu sudah nampak gelisah cemas dan saya memberitahu doa kan saja saya bu semoga esok hari akan keterima dan lolos berkas. Doa seorang ibu yang saya perlukan untuk ke suksesan saya dimasa yang akan datang. Ketika jam 10 saya ijin untuk pergi ke GOR BEKASI untuk meminta surat rekomendasi dan tanda tangan dari ketua IPSI Kota Bekasi Karna saya masuk jalur Prestasi yaitu Pencak Silat. Dan sesampainya disana ketua IPSI pun tidak ada diGOR pada akhirnya saya meminta nomor telpon/whatsapp kepada KONI yang lain. Dan pada akhirnya beliau pun ada dirumahnya saya langsung bergegas kerumahnya. Rumah beliau pun cukup jauh dari GOR. Bismillah saja semoga beliau pun tidak pergi dan sekitar 1 jam perjalana cukup macet saya akhirnya sampai di rumah beliau saya segera minta tanda tangan dan meminta surat rekomendasi. Dan setelah itu saya sangat berterima kasih kepada beliau sudaah mengijinkan saya datang kerumahnya untuk meminta tanda tangan dan surat rekomendasi. Saya sangat bersyukur sekali karna berjuangan saya datang kerumahnya jauh-jauh hasilnya memuaskan. Pada saat itu saat langsung pamit pulang dan bergegas pulang kerumah. Tiba-tiba perjalanan macet parah dan pada akhirnya saya pulang pukul 19:00. Saya langsung mandi,sholat,makan,istirahat sebentar setalah itu saya tidur.

Pada tanggal 10 juni saya kembali ke sman 16 untuk menyerahkan berkasnya yang menurut saya sudah benar-benar lengkap. Saya meminta restu dan doa kepada ibu saya semoga keterima dan lolos verifikasi berkas. Bismillah saya berangkat ketika saya sampai di sman 16 sudah ramai sekali. Ketika itu nama saya dipanggil jatung berdetak sungguh kencang. Dan alhamdulilahnya lah saya sekian lama menunggu akhirnya lolos dana verifikasi berkas keterima. Dan nunggu Test berikutnya untuk menentukan layak atau tidaknya saya masuk disman 16. Karna doa orang tua yang diperlukan.

Pada tanggal 12 juni saya pun test sesuai jalur yang saya tuju saat pendaftaran yaitu pencak silat. Saya ditest jurus tunggal baku IPSI dan alhamdullilah saya mendapatkan nilai 80 itu pun bagi saya sudah bagus. Dan tinggal nunggu pengumuman keterima di sman 16 beksi atau tidak. Saya langsung salin pakaian dan bergegas pulang dan menceritakan semua kepada ibu saya. Dan meminta doa dan restu kepada beliau.

Pengumuman pun pada tanggal 16 juni nama-nama peserta didik baru pun ditempel dimading. Bismilah nya nama saya ada dimading dan saya sangat bersyukur sekali kepada Allah SWT dan kepada ibu saya yang selau mensuport saya kemana pun dan kapan pun saya pergi dan masih dilingkup bakat dan minat saya... Itu saya yang bisa saya sampaikan ketika perjuangan saya masuk ke SMAN 16 BEKASI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun