Mohon tunggu...
Siti Asiyah
Siti Asiyah Mohon Tunggu... Seniman - Pendiri https://www.pesanggrahan.de/

Pendiri "Pesangrahan Indonesia e.V https://www.pesanggrahan.de/ Pendiri Bonnindo Band 2016, Siti And Band 2017 https://www.facebook.com/siti.musik/ Pencetus Interkultureller Musik Projekt di Bonn sejak 2017 Pendiri Global Heroes Band 2019 Manager Matahari Band 2021 Penyanyi / Pencipta lagu 2021

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Acara Ramah Taman "Halal Bihalal "Komunitas Indonesia Jerman (DIG) Duisburg"

14 Mei 2024   23:53 Diperbarui: 15 Mei 2024   00:15 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo kawan-kawan, ini aku di undang di acara komunitas Indonesia Jerman yang ada di Duisburg, tepatnya tgl 13 April 2024. https://www.duisburg.de/microsites/wir_sind_du/du_aktiv/duisburger-organisationen-zugewanderter-menschen-deutsch-indonesische-gesellschaft-rhein-ruhr.php

Kebetulan ketuanya itu aku kenal baik yaitu Bu Sumiyati Lalo. Awalnya aku tidak tahu acara apa itu? aku juga tidak bertanya harus pakai baju apa?Aku ok ok saja komitmen untuk datang. 

Doku pribadi 
Doku pribadi 

Saat aku datang, orang-orang sudah pada makan makan. Aku datang terlambat karena macet, tapi beruntung acaranya acara santai-santai saja. Jadi ngak ada kata terlambat saat itu. Ini kalian lihat bule-bule yang ternyata itu kebanyakan suami orang-orang Indonesia dan cowok muda itu adalah anak campuran, dan setelah aku telusuri ternyata dia rocker keren, pemain Drumm atau Basst. 

Doku Pribadi 
Doku Pribadi 

Usai pada mengambil makanan, mereka duduk di bangku dan kursi yang sudah di sediakan. Acara ramat tamah itu tidak ada musik dan tidak ada kepentingan khusus kecuali makan-makan bersama dan bercengkerama. Biasanya makanan-makanan itu dari kita ke kita, ada yang bawa nasi, ada yang bawa kue, ada yang membawa lauk dan ada yang membawa kopi teh dan sebagainya.

Doku Pribadi 
Doku Pribadi 

Mataku terbelalak saat aku melihat Bu Sumi Lalu duduk bersama Mbak Vera, aku tahu mereka duduk disana, aku foto saja dan niat menyapa pun nanti-nanti saja, toh mereka ngak melihatnya. Aku langsung saja mengambil makanan. Dimana aku menemukan gulai kambing disana. Makanan yang jarang aku temukan langsung aku ambil saja dan tak lupa aku ambil juga bubur ketan hitam. Kalau kue kue aku lewati saja. Tapi gulai dan bubur ketan hitam ngak selalu ada.

Doku Pribadi
Doku Pribadi

Karena aku datang terlambat, aku cuma bisa memotret gambar kue-kue ini. Untuk menu utamanya sudah hampir habis, sudah tidak bagus untuk aku potret. Usai aku mengambil makanan dan mendapatkan meja di mana aku bisa makan, aku letakkan makanan itu di meja dan menghampiri Bu sumi dan Mbak Vera to say Hallo "Terima kasih atas undangannya bu". Ibu Sumi lalo tersenyum dan bilang sudah makan belum. Senang Siti bisa datang kesini hari ini.   

Doku pribadi 
Doku pribadi 

Na ini kue apa ni namanya, aku baru kali ini bertemu dengan kue ini di Jerman. Selama di Jerman baru kali ini aku menemukan kue ini di Duisburg. Kue ini mengingatkan masa kecil aku di kampung. gurih renyah dan yummmy. Tentu saja aku buru-buru ambil kue ini dua biji dan memang enak sekali. 

Doku pribadi 
Doku pribadi 

Acara makan-makan selesai, aku kenal beberapa wajah-wajah yang familiar yang aku kenal dengan akrabnya. Eh Mbak Dewi, senang bisa ketemu kamu disini? ada mbak Lia yang punya Restaurant dayang sumbi. Asik sekali bisa bertemu dengan mereka. Seperti biasa kalau kita bertemu teman kita foto-foto bersama. 

Doku Pribadi  
Doku Pribadi  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun