Ulang Tahun Google Ke 14

27 September 2012 04:55:29 Dibaca :

ULANG Tahun Google Ke 14 - Salah kalau kita menyebut Google dengan sebutan "mbah", karena faktanya search engine nomer wahid di dunia ini masih ABG. Ya hari ini Google merayakan ulang tahunnya yang ke 14. Kue ulang tahun dengan 14 (empat belas) lilin di atasnya terpampang sebagai Google Doodle hari ini.

Google Inc. atau dalam bursa NASDAQ tertulis sebagai GOOG merupakan perusahan multinasional dari Amerika yang menyediakan produk-produk dan layanan yang berkaitan dengam internet, termasuk di dalamnya mesin pencarian di internet, cloud computing, dan teknologi perangkat luak dan periklanan. Pendapatan periklanan dari AdWords menjadi ladang utama dan hampir seluruhnya menjadi pendapatan utama dari perusahaan ini.

Ulang Tahun Google Ke 14

Search engine, yang dalam wikipedia diartikan sebagai program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan, menjadi salah satu dari sekian banyak produk Google yang hampir semuanya berkaitan dengan dunia internet. Untuk urusan mesin pencari, saat ini Gogle berhasil menandingi pendahulunya seperti Yahoo! dan search engine lainnya. Hingga sekarang Google masih menjadi favorit bagi netter dalam melakukan pencarian apa pun di dunia maya.

Dengan majunya perkembangan mesin pencarian Google ini, hampir tidak ada yang tidak bisa ketemukan di Google. Siswa, mahasiswa, guru, dosen, atau masyarakat umum pun memanfaatkan kecanggihannya untuk berbagai keperluan. Materi dan referensi dari pelajaran atau mata kuliah dapat dengan mudah dicari dari sini. Hingga muncul ungkapan nyeleneh, 'tugas paling susah adalah tugas yang jawabannya tidak ada di Google'.

Google juga menjadi ladang mencari nafkah bagi banyak blogger dan pengelola situs. Dengan menjadi partner untuk memasangkan iklan dari klien AdWords, blogger atau pengelola situs dapat mengumpulkan pundi-pundi dolarnya. Tentu banyak dan sedikitnya akan bergantung pada jumlah klik pada iklan yang dipasang di blog atau situs dalam layanan Google Adsense tersebut.

Bagi kita, rakyat Indonesia, yang juga menjadi salah satu negara pengguna internet yang cukup besar mudah-mudahan dalam ulang tahun Google ke 14 dapat memanfaatkan layanannya dengan baik dan bertanggung jawab. Semua itu demi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Selamat Ulang Tahun Google ke 14.

tulisan ini juga dapat dibaca di - http://bit.ly/RjDgXM

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?