Uji Kestabilan Jaringan di Surabaya dengan Network Rally

27 September 2016 02:59:54 Diperbarui: 27 September 2016 03:14:29 Dibaca : 235 Komentar : 2 Nilai : 1 Durasi Baca :
Uji Kestabilan Jaringan di Surabaya dengan Network Rally
Perjalanan Network Rally (dok. pribadi)

Kebutuhan kecepatan internet mulai meluas di segala lapisan masyarakat. Hal ini seiring banyaknya masyarakat yang memiliki akun media sosial, terlebih perkembangan smartphone yang terus berkembang. Oleh karenanya, perusahaan penyedia jasa telekomunikasi selayaknya memperbaiki dan memperbaharui perangkat jaringannya lebih baik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.



Network Rally  di Surabaya

Tanggal 21 Sepetember 2016, saya berkesempatan bersama sebagian rekan penulis Jawa Timur, rekan-rekan media hingga outlet mengikuti agenda Network Rally  4G LTE yang diselenggarakan oleh XL. Datang ke titik kumpul pukul 7 pagi dekat Monumen Kapal Selam dan Galeri XL Surabaya, namun karena perjalanan dari Malang yang terbilang cukup lama karena bebarengan dengan banyak masyarakat yang berangkat kerja dan sekolah.

Kepala Diskominfo Jatim (dok. pribadi)
Kepala Diskominfo Jatim (dok. pribadi)

Meski telat namun, rekan yang ikut Network Rally  ini belum beranjak dari titik kumpul. Saya sempat makan pagi dan berbincang sebentar sebelum naik Bis. Sebelum naik Bis ada pengarahan dari panitia, serta sambutan dari  Pak Eddy Santoso selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur dan Ibu Desy Sari Dewi selaku Vice President XL East Region. Pak Eddy Santoso menyampaikan bagaimana pengalaman beliau tahun lalu di Galeri XL saat pengenalan jaringan 4G di Surabaya. Sedang Ibu Desy Sari Dewi menyampaikan tentang perkembangan XL terkini.

Pemberangkatan (dok. XL)
Pemberangkatan (dok. XL)

 Setelah Naik Bis, rombongan lalu merapat ke Galeri XL yang tak jauh dari tempat naik bis untuk dilepas keberangkatan oleh Ibu Desy dan Pak Eddy. Network Rally  awal kami menuju ke Tugu Pahlawan untuk melakukan Uji Jaringan, swafoto dan foto bersama. Saya memiliki handphone 3G, jadi saat melakukan uji jaringan kecepatan yang tercapai pun tak bisa seperti handphone 4G. Dalam Network Rally  ini kami dibekali kartu XL 4G LTE untuk bisa melakukan uji jaringan dengan baik dan nyata.


Selanjutnya kami menuju ke Kenjeran Park. Di perjalanan kami dibagi pada beberapa grup Whatsapp. Di Kenjeran Park ada “wanted game” yang membuat banyak peserta Network Rally  saling mencari untuk mengikuti permainan ini. Cukup seru permainan ini, banyak peserta saling cari dan ada pula peserta yang tak tahu kalau dirinya masuk dalam orang yang dicari (wanted).


Setelah melakukan Wanted Game, kami lalu melakukan swafoto, uji jaringan hingga foto bersama di Vihara Sanggar Agung. Setelah itu kemudian kami menuju ke Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS). Kami hanya lewat di kawasan akademik Surabaya ini dan melakukan uji kecepatan jaringan 4G LTE XL pula. Kecepatan yang didapat dari handphone 4G cukup baik, seperti yang terlihat dalam gambar.


Setelah dari ITS, kami menuju ke Sebuah tempat makan yakni Prima Rasa. Di tempat ini kami melakukan istirahat, makan siang serta ada semacam pemaparan Network Rally  bersama tim XL. Disini Ibu Desy Sari Dewi selaku Vice President XL East Region melakukan video conference dengan XL Mojokerto, XL Sidoarjo dan XL Gresik langsung menggunakan jaringan 4G LTE XL dari Surabaya. Selain sharing informasi dan tanya jawab hingga uji jaringan dengan video ceonference juga ada pembagian hadiah berupa sepeda motor yang sepertinya ditujukan untuk para outlet mitra.

Prima Rasa (dok. pribadi)
Prima Rasa (dok. pribadi)

Setelah dari agenda tersebut selesai, kami menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Di tempat sebagai destinasi wisata religi Surabaya ini kami selain beristirahat juga melakukan game puzzle hingga pengumuman pemenang Selfie (swafoto) di halaman parkir Masjid. Setelah rangkaian di tempat ini selesai kami menuju ke Lokasi parkir dekat Monumen Kapal Selam (Monkasel) dan Delta/Surabaya Plaza. Disini kami berpisah dengan rekan lainnya sekitar pukul 5 sore waktu Surabaya.


Pentingnya Pengembangan Jaringan Telekomunikasi

Agenda Network Rally  ini memberikan pengelaman tersendiri tentang pentingnya sebuah perusahaan telekomunikasi menjaga dan mengembangkan jaringannya. Dari tahun sebelumnya Jangkauan 4G LTE XL menjadi 2 kali lebih luas dan pemanfaatan teknologi U900 di jaringan 3G, membuktikan bahwa XL peduli dengan kualitas yang dibutuhkan pelanggan dan kepuasan pelanggan. Semakin baik kualitas layanannya, semakin banyak manfaat yang bisa didapatkan pelanggan.

Tes Jaringan di ITS (dok. pribadi)
Tes Jaringan di ITS (dok. pribadi)

Pengembangan terus dilakukan XL, yakni dari 1300 lebih BTS (Base Transceiver Station) di kota Surabaya, sudah tersedia lebih dari 450 BTS 4G yang tersebar di kota Surabaya dan sekitarnya. Layanan 4G LTE di Surabaya telah meng-cover area yang menjadi pusat kegiatan bisnis dan ekonomi, pariwisata, pemerintahan, dan perguruan tinggi. Total pelanggan XL di kota Surabaya saat ini lebih dari 1.800.000 pelanggan, dimana 70.000 lebih adalah pelanggan 4G.

Merujuk dari Press Release, saat ini secara keseluruhan XL mempunyai 86 kabupaten/kota yang telah tercover oleh jaringan 4G LTE. Sampai akhir tahun 2016, XL akan menambah sampai dengan 100 kabupaten/kota. Layanan 4G LTE dari XL tersebut ditopang oleh total 5.358 BTS 4G LTE yang tersebar di 86 Kabupaten/Kota. Jumlah ini tentu akan terus bertambah seiring dengan proses pembangunan yang terus berlangsung.

Melihat Revenue yang diterima adalah hal penting untuk melakukan elaborasi peta pelanggan. Dari yang disampaikan Ibu Desy secara umum penggunakan Voice (suara) lebih tinggi dari berbagai kebutuhan pelanggan, namun Data juga penting saat ini dengan melihat revenue sebesar 35% dari jumlah revenue. Melihat berbagai hal di atas, pengembangan dan perawatan jaringan ternyata melihat lebih jauh tentang kebutuhan pelanggan. Hal ini tentunya agar pelanggan nyaman dan stabil dalam menggunakan layanan telekomunikasi. Semangat berkembang lebih baik Telekomunikasi Indonesia! [SH]

Selamet HARIADI

/selamethariadi

TERVERIFIKASI

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFA'AT.
Reseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.

Suka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.
Mari Bersahabat!
Follow @seHARIADI di Twitter.
Weblog: www.SelametHariadi.com

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana