PILIHAN HEADLINE

Makanan Jepang Konsep Kaki Lima di Malang

18 Maret 2017 14:00:46 Diperbarui: 18 Maret 2017 15:55:31 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Makanan Jepang Konsep Kaki Lima di Malang
Masakan di Shabu Soup Malang (dok. pribadi)

Pernah makan makanan jepang dengan konsep pedagang kaki lima? Shabu Soup Malang menghadirkan makanan khas Jepang dengan cara berbeda. Saya bersama teman-teman menikmati kesempatan bersama di Shabu Soup Malang. Sempat pula berbincang-bincang dengan pemilik dari tempat makan ini, berikut ulasannya.

Proses Masak di Shabu Soup Malang (dok. pribadi)
Proses Masak di Shabu Soup Malang (dok. pribadi)

Inspirasi dan Konsep Shabu Soup Malang

Makanan dengan konsep kaki lima mulai populer pada zaman berkembangnya kuliner dewasa ini. Budaya luar yang masuk ke Indonesia pun membawa rasa penasaran akan makanannya. Makanan jepang pun mulai populer di Indonesia. Seperti Shabu Soup Street Food di Malang. Saya bersama teman-teman tim Malang Citizen datang ke lokasi sekitar pukul 17.00 WIB. Lokasi Shabu Soup Malang ini di dekat jalan utama Soekarno Hatta Kota Malang. Tepatnya di Foodcourt di Jl. Ciliwung No. 1 Malang. Di tempat ini lokasi parkir cukup luas bagi sepeda motor. Tulisan "Shabu Soup" akan mudah terlihat dari jalan karena warna merah khas Shabu Soup ini memiliki warna yang mudah terlihat.

Shabu Soup (dok. pribadi)
Shabu Soup (dok. pribadi)

Merujuk Wikipedia, Shabu-shabu adalah makanan jepang jenis nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

Foto Bareng Pengelola (dok. pribadi)
Foto Bareng Pengelola (dok. pribadi)

Shabu Soup Malang atau nama lengkapnya Shabu Soup Street Food, dikelola oleh Adhitya RIzkiwahana dan istrinya Capritalia Arliendra. Tempat makan Shabu Soup di Malang ini dibuka pada 17 Februari 2017.  Saat berbincang dengan pemiliknya Mas Adit, beliau menjelaskan inspirasi Shabu Soup Malang ini adalah dari teman istrinya Capritalia Arliendra. Berawal dari angkringan Shabu Soup di Yogyakarta, Masakan jepang dengan konsep kaki lima makanan luar negeri dikonsep kaki lima memang cukup populer, terlebih saat burger dan steak dibawa konsep kaki lima yang bisa dinikmati khalayak ramai. Shabu-shabu pun dibalut konsep kaki lima ini untuk bisa dinikmati banyak orang.

Masakan di Shabu Soup Malang (dok. pribadi)
Masakan di Shabu Soup Malang (dok. pribadi)

Satays khas Shabu Soup (dok. pribadi)
Satays khas Shabu Soup (dok. pribadi)

Shabu Soup Malang dikembangkan dengan varian lain daripada awalnya di Shabu Soup Jogja meski tak meninggalkan dari khasnya konsep Shabu Soup Jogja, yakni konsep tulisannya hingga bumbu dasar yang sama. Beberapa varian tambahan di Shabu Soup Malang adalah adanya Satays dan varian lainnya.

Proses Masak (dok. pribadi)
Proses Masak (dok. pribadi)

Shabu Soup Malang memiliki rasa (taste) yang mudah sekali diterima masyarakat kata pemiliknya. Bahkan pasti halal dengan bumbunya pun lokal. Marketing yang dilakukan selama ini adalah pada taste-nya yang mudah diterima membuatnya menarik pelanggan. Selain itu pula melalui media sosial yang cukup membantu penyebaran informasi.

Menu di Shabu Soup (dok. pribadi)
Menu di Shabu Soup (dok. pribadi)

Meski bumbu utama sama dengan Shabu Soup Jogja, isi Shabu Soup berbeda dengan Shabu Soup Jogja. Inisiator awalnya menurut Mas Adit adalah Mas Hannie Said dengan membuka Shabu Soup Jogja pada 9 Januari 2017. Mas Adit sendiri penyuka kuah, namun yang paling disuka adalah kuah jepang.

Menu di Shabu Soup (dok. pribadi)
Menu di Shabu Soup (dok. pribadi)

Membawa makanan jepang dengan konsep kaki lima menjadi ciri khas tersendiri Shabu Soup Malang. Biasanya memang makanan jepang dikonsep layaknya rumah makan mewah dengan banyak tulisan Jepangnya. Tatanan dari makanan hingga desain rumah makannya pun layaknya seperti di Jepang.

Menu Dimsum (dok. pribadi)
Menu Dimsum (dok. pribadi)

Menu Minuman (dok. pribadi)
Menu Minuman (dok. pribadi)

Penikmat makanan jepang yang umumnya penyuka Jepang, wisatawan Jepang atau punya ketertarikan dengan Jepang. Namun, konsep Shabu Soup dengan Street Food ini membuat makanan jepang dibawa dengan konsep berbeda. Masyarakat umum yang awalnya tak tahu makanan jepang dapat menikmatinya dengan harga yang bersahabat di kantong.

Selain shabu soup sebagai makanan unggulan di Shabu Soup Malang, ada pula pilihan makanan lain seperti Satays. Satays pun memiliki berbagai macam varian untuk dinikmati. Selain itu, ada dimsum yang lezat dengan berbagai varian pula. Minuman pun tak kalah ketinggalan ada yang dingin dan panas tergantung kesukaan kita. Bagaimana, berminat ke Shabu Soup? Semangat Makan. [SH]

Ulasan Video ~> https://youtu.be/J9iJvbCi5EQ

Selamet HARIADI

/selamethariadi

HARIADI - Domisili Jawa Timur. Manusia yang ingin SELALU menulis segala sesuatu yang BERMANFA'AT.
Reseacher-ONLINE Marketing STRATEGIST.

Suka Mencari Hal baru serta Sharing segala yang BERMANFA'AT.
Mari Bersahabat!
Follow @seHARIADI di Twitter.
Weblog: www.SelametHariadi.com

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana