Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Penulis Freelance

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Buka Puasa Enam di Labu, Kabupaten Bangka

14 Juli 2017   20:07 Diperbarui: 14 Juli 2017   20:12 27 1 0
Tradisi Buka Puasa Enam di Labu, Kabupaten Bangka
Makan bersama di masjid Nurul Yaqin (foto: Rustian)

Tradisi Buka Puasa Enam dilakukan masyarakat disejumlah desa di Kabupaten Bangka , diantaranya berlangsung Jumat (14/7) di masjid Nurul Yaqin desa Labu, Kecamatan Puding Besar.

Buka Puasa Enam, merupakan tradisi mengakhiri sudah dilaksanakan puasa enam hari di bula Syawal dengan digelarnya doa bersama dan adat Nganggung.

Buka Puasa Enam di Labu juga dihadiri Bupati Bangka Tarmizi Saat bersama sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka.

Kepala desa Labu Zainudin menjelaskan, tradisi buka puasa enam sudah dilakukan sejak lama di desa Labu.

" Untuk pelaksanaan buka puasa enam kali ini, bersamaan dengan tujuh hari meninggalnnya tokoh agama setempat jadi kita sekalian mendoakan, " ujarnya.

Dihadapan Bupati Bangka, Kepala Desa Labu Zainudin mengatakan, masjid Nurul Yaqin akan diperlebar sehingga harus mengusur dua rumah didekat masjid, yang saat ini sudah dilakukan proses pembebasan lahan yakni pihak masjid membeli dua rumah milik warga.

Diharapkannya, Bupati dapat membantu pembangunan masjid Nurul Yaqin baik secara moril maupun materiel.

Menanggapi rencana pembangunan masjid Nurul Yaqin, Bupati Bangka mengharapkan pembangunan direncanakan dengan baik serta dapat dimusyawarahkan bersama - sama sehingga rencana pembangunan dapat berjalan lancar.

" Silakan dibuat gambar rencana pembangunan masjid nanti serahkan ke saya," jelas Tarmizi.

Bupati juga berjanji akan berupaya membantu pembangunan masjid dengan menghubungi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung agar mendapat bantuan dari dana Pemrov Bangka Belitung.

Masjid Nurul Yakin desa Labu 9foto: Rustian)
Masjid Nurul Yakin desa Labu 9foto: Rustian)

Bupati Bangka Tarmizi Saat sampaikan sambutan (foto: Rustian)
Bupati Bangka Tarmizi Saat sampaikan sambutan (foto: Rustian)

Kesempatan itu Bupati menyampaikan program pemerintah Kabupaten Bangka diantaranya Bumilristi Bunaktuslah, Buratuhiri dan lain - lain.

Bupati Tarmizi Saat mengharapkan pemerintah desa Labu dan masyarakat untuk mendukung program Pemkab Bangka diantaranya memberikan bantuan menyampaikan data terkait dengan ibu hamil beresiko tinggi, anak putus sekolah dan lain - lain.

Rangkaian acara buka puasa enam di desa Labu dilakukan doa bersama seluruh jemaah yang hadir di masjid Nurul Yakin yang dipimpin tokoh agama setempat.

Usai doa dilanjutkan dengan makan bersama dalam dulang yang dibawa masyarakat dari rumah masih - masing  yang juga dikenal dengan adat Sepintu Sedulang atau adat Nganggung.


Kunjungan ke Desa Neknang


Inilah masjid di Neknang yang belum selesai dibangun (foto: Rustian)
Inilah masjid di Neknang yang belum selesai dibangun (foto: Rustian)

Berada di atap masjid yang akan dicor (foto: Rustian)
Berada di atap masjid yang akan dicor (foto: Rustian)


Sementara itu setelah menghadiri buka puasa enam Bupati Bangka Tarmizi Saat melanjutkan kunjungan meninjau pengaspalan jalan yang baru selelasi dilakukan di desa Bakam.

Kunjungan Bupati dilanjutkan di desa Neknang, kecamatan Bakam dengan didamping Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli, Kabag Humas dan Protokol Setda Bangka Boy Yandra, Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir menijau masjid Nurul Huda yang sedang dalam tahap pembangunan.

Dalam kunjungan itu Bupati melihat kondisi masjid yang yang belum selesai dibangun, kesempatan itu Bupati Tarmizi Saat memberikan bantuan 100 sak semen dan 10 ribu keping batu bata.

Sedangkan saat mengunjungi kantor desa Neknang, Bupati sempat menanyakan program yang sudah dilaksanakan desa, serta meminta pemerintah desa Neknang mendukung program Pemkab Bangka.

Bupati juga melihat kondisi lingkungan kantor desa Nenang yang meminta kebersihan ditingkatkan sehingga tercipta lingkungan yang sehat.(Rustian/reles)