HEADLINE

Menyaksikan Langsung Parade Obor Sea Games 2011 di Jakarta

05 November 2011 01:19:53 Diperbarui: 25 Juni 2015 17:02:18 Dibaca : 652 Komentar : 0 Nilai : 1 Durasi Baca :

Saat mendapat email dari Pak Dian Kelana, salah satu Kompasianer senior yang mengajak untuk meliput langsung pawai Parade Obor Sea Games 2011 keliling Jakarta. Saya langsung berangkat dari rumah pukul 08:30 pagi menuju Gedung Indosat di Jalan Merdeka, Jakarta Pusat untuk berkumpul bersama dengan jurnalis warga lainnya. Sesampainya kemudian, saya bertemu dengan Pak Yusef Hendarsyah yang juga turut menghadiri acara. Terlihat ada Ade Rai dan beberapa atlet maupun mantan atlet yang turut memeriahkan pawai parade Obor Sea Games 2011 ini. Dan, sebelum parade dimulai, kami baik Jurnalis Warga maupun Wartawan Profesional diberi kesempatan untuk memotret beberapa Atlet yang akan bergantian membawakan obor hingga ke etape terakhir di Jakarta Utara, sebelum diberangkatkan ke Palembang. Berikut ini adalah jadwal etape yang sekarang masih berlangsung: 1. Etape I Ade Rai (Atlet Binaraga). Dari Balai Kota menuju Hotel Nikko, Jl. M.H. Thamrin. Titik Km 2. 2.Etape II Albert Papilaya (Atlet Tinju). Menuju ke Halte Chase Plaza Setiabudi Jl. Jendral Sudirman. Km 4. 3. Etape III Ricky Yacobi (Atlet Sepak Bola). Menuju Jembatan Semanggi, Gedung GKBI. Km 6. 4. Etape IV Harly Ramayani (Atlet Loncat Indah). Menuju Stadion Madya Senayan. Km 8. 5. Etape V Heru Prayogo (Atlet Atletik). Menuju Plaza Senayan. Km 10. 6. Etape VI Purnomo (Atlet Atletik 100m). Menuju Pintu 2 Gelora Bung Karno. Km 12. 7. Etape VII Yustedjo Tarik (Atlet Tenis). Menuju Plaza Mandiri, samping Polda Metro Jaya, Jl. Gatot Subroto. Km 14. 8. Etape VIII Nunung Jayadi (Atlet Atletik). Menuju Hotel Kartika Chandra, Jl. Gatot Subroto. Km 16. 9. Etape IX Wisnu Wardhana (Atlet Renang). Menuju Halte Busway Tegal Parang. Km 18.

*     *     *

Sayangnya, saya hanya bisa menyaksikan hingga Etape ke IX ini, sebab tadi harus segera pulang untuk menuju ke kampus karena hari ini ada ujian sore. Dan tidak kesampaian memenuhi janji untuk dapat menyelesaikan hingga ke etape terakhir yang kabarnya akan hinggap di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jl. Yos Sudarso, di Km 40. Sebelum diserahkan oleh Walikota Jakarta Utara kepada ketua INASOC dan selanjutnya di serahkan kepada Duta Obor DKI Jakarta untuk diserahkan kepada INASOC Sumatera Selatan. Dan selanjutnya dibawa ke Palembang dengan menggunakan Kapal laut. Namun sebelumnya, ada beberapa cerita menarik yang saya alami saat mengikuti pawai Obor Sea Games 2011. Yaitu antusias masyarakat untuk menyaksikan arak-arakan obor hingga memadati jalan di sepanjang Jl. Sudirman hingga Jl. Gatot Subroto. Dan saya juga sempat menyaksikan beberapa pekerja di kawasan elit Sudirman yang menghentikan aktivitas kerjanya, dengan memotret langsung pawai Obor Sea Games 2011. Mereka semua mengabadikan langsung melalui ponsel yang dibawa masing-masing tanpa memperdulikan teriknya panas matahari yang menyengat. Sementara dari peserta parade tersebut, mereka terlihat sangat antusias, terutama dari ratusan pelajar mulai dari anak SD hingga SMA. Apalagi saat menyaksikan senyum sumringah dari rombongan sepeda dan Pak Polisi yang berebutan ketika saya meminta izin dari mereka untuk memotretnya. Bapak dan Ibu rombongan sepeda itu tampak memasang muka dengan sebaik-baiknya, ketika tahu akan saya posting di sosial blog Kompasiana. "Saya Ibu Wati, dari rombongan sepeda yang ikut pawai keliling. Jangan lupa, foto saya dipajang paling depan di tulisan Mas ya..." Ucap salah seorang Ibu, dengan tawa mengembang. Atau ketika saya dan Pak Dian Kelana beristirahat sejenak sambil ngemil dan ngopi, setelah puas berkeliling Jakarta di sebuah halte seraya berteduh dari teriknya matahari. Sayangnya Pak Yusef Hendarsyah, tidak ikut karena ada pekerjaan mendesak dan saya melanjutkannya berdua dengan Pak Dian Kelana. Hingga saya menyudahi liputan Parade Obor Sea Games ini setelah tiba di kantor Unilever, setelah sempat menyaksikan Sandra Dewi, artis asal Bangka, yang juga turut menghadiri serah terima obor dari Nunung Jayadi ke Wisnu Wardhana. Maksud hati ingin memeluk bulan, apalah daya tangan tak sampai. Niatnya ingin meliput hingga selesai dan mewawancarai beberapa narasumber Atlet dan artis, tetapi harus menyudahinya dengan berat hati karena ada Ujian di Kampus yang sudah menunggu. Semoga saja dengan tingginya animo masyarakat untuk Sea Games 2011 ini, dapat terbayar dengan lunas ketika Atlet Indonesia dinobatkan menjadi Juara...!

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

*     *     *

Jakarta, 05 November 2011 (15:00 wib)

- Choirul Huda (CH)

____________________________________________________________________________________ Foto: Dok. Pribadi Note:Ayo Kita Dukung Indonesia Untuk Menjadi Juara Sea Games 2011... ____________________________________________________________________________________ Tulisan Parade Obor Sea Games lainnya: - Indosat Persinggahan Obor Sea Games di Jakarta oleh Pak Dian Kelana.

Choirul Huda

/roelly87

TERVERIFIKASI

Penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang hobi reportase untuk menulis catatan harian, musik, olahraga, fiksi, dan sebagainya. @roelly87 (www.roelly87.com)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana