Konsep Smart Airport , menjadikan bandara berbasis teknologi untuk menjamin kemudahan, kenyamanan dan keamanan yang canggih sehingga mengoptimalkan operasiona bandaral. Smart Airport mengintegrasikan  data yang ada, perkembangan teknologi mobile, serta pemikiran inovatif menghasilkan jalinan interaksi penumpang dan sistem bandara
Didorong oleh meningkatnya permintaan dari para penumpang yang semakin terhubung dengan teknologi , Airports Council International (ACI)  memperkirakan  peningkatan pendapatan di  industri kebandaraan secara global mencapai lebih dari  $ 158 miliar mendorong  operator bandara banyak melakukan investasi dalam teknologi digital untuk memperbaiki layanan perjalanan penumpang. Bahkan diperkirakan dua pertiga bandara di dunia merencanakan mengembangkan TI sebagai prioritas utama mengikuti kecenderungan paradigma baru penumpang yang menemukan solusi perjalanan menggunakan teknologi self services daripada  melakukan kontak dengan manusia sebagai layanan konvesional ,seperti pemesanan, check-in atau mendapatkan tiket hotel.
Era interaksi digital melalui perangkat mobile seperti smartphone, menjadikan solusi digital dan dibangunnya Smart Airport di dunia wujud percepat evolusi digital di industri kebandaraan.
Di era Smart Airport , nampaknya dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Angkasa Pura 1 (AP1) dan PT angkasa Pura 2 (AP2 ) sebagai operator bandara di Indonesia tidak mau ketinggalan berbenah melakukan evolusi pengelolaan bandara menuju smart airport.
Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sedang mendorong penerapan teknologi digital untuk pelayanan. PT Angkasa Pura II (Persero) sedang mengembangkan aplikasi "Indonesia Airports" yang memuat seluruh informasi terkait penerbangan dan pendukungnya.
Aplikasi Indonesia Airports didesain khusus untuk membantu pelanggan agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di bandara-bandara Angkasa Pura II , mempermudah dan membantu pelanggan di setiap passenger journey (pre-journey, on journey, post-journey). Selain itu aplikasi ini akan mempermudah penumpang dalam mendapatkan informasi penerbangan, panduan yang berisi informasi hotel dan nomor-nomor penting, belanja dan restoran, pusat kesehatan  hingga eCommerce termasuk informasi kurs nilai tukar, informasi kargo, asuransi penerbangan. Aplikasi tersebut bisa didownload di Android Google Play dan Apps Store di IOS.  Aplikasi Indonesia Airports  diharapkan meningkatkan  layanan dan kepuasan  penumpang pengguna bandara di Indonesia.
Â
Rizqa Zhafira