Media

Testimoni Mengikuti E-training Guru Melek IT Indonesia

16 Juni 2017   21:45 Diperbarui: 16 Juni 2017   22:01 1 0 0

Ikut E-training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia

Ikut E-training Guru Melek IT...? Harus...., sebagai guru kalau setiap hari hanya berkutat pada papan tulis, kapur, penghapus....hmmm...apa jadinya....? Pastilah akan ketinggalan jauh dengan rekan-rekannya yang selalu mengikuti perkembangan jaman. Hal ini tidak dapat dipungkiri, apalagi saat ini anak -- anak kecil yang masih duduk di bangku kelompok bermainpun sudah mampu bermain game di Gadget bahkan mereka banyak yang sudah dapat mendownload sendiri mainan tersebut, kalau kita sebagai guru tidak mengerti atau tidak mampu mengikutinya ...bagaimana...? Sungguh ironis sekali.....

Bagaimana cara mengatasinya..., agar para guru tidak ketinggalan di bidang IT? Dan agar dalam pembelajaran di kelas tidak monoton, juga lebih menarik karena banyak kerasi serta tidak hanya berkutat pada papan tulis, kapur dan penghapus? Solusinya adalah mau belajar IT. Ya...belajar IT...., pertanyaannya...dimana belajarnya ? Adakah tempat belajar yang mudah dijangkau? Adakah tempat belajar yang mau memberikan waktu sesuai dengan kehendak kita para guru? Sedangkan tugas-tugas guru sudah begitu banyak..., tidak hanya mengajar saja; ada yang merangkap sebagai operator sekolah, ada yang merangkap bendahara sekolah, dan lain sebagainya. Kalaupun para guru mau belajar di tempat kursus terdekat dengan tempat tinggalnya, rasa-rasanya juga tidak mungkin bisa berjalan sesuai dengan kehendak para guru tersebut, karena terbentur oleh jadwal atau waktunya yang tidak pas atau berbenturan dengan waktunya untuk keluarga dan lain sebagainya. Terus bagaimana solusi yang paling tepat....? Yak... belajar secara Online.... Bagaimana cara daftarnya...? Gampang... klik saja www.gurumelekit.com karena disini sering kali mengadakan diklat online untuk mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkan IT tersebut dalam pembelajaran, yang biasa disebut dengan DOGMIT. Bila di situs tersebut sedang mengadakan diklat , pasti tercantum formulinya...ya langsung saja diisi formulir tersebut, karena pendaftarannyapun via online. Sedangkan untuk biayanya tinggal transfer, dan sangat murah sekali...?  Gampang sekali kan.....!

DOGMIT atau Diklat Online Guru Melek IT ini dipandegani oleh Bapak SUKANI. Beliau adalah sebagai pencetus DOGMIT sekaligus sebagai Tentor, Motivator dan Instruktur dalam DOGMIT ini. Beliau peraih GURARU AWARDS tahun 2013 dari ACER INDONESIA. DOGMIT bukan diklat yang abal-abal...,karena memberikan nilai minimal kelulusan 71, dengan komponen penilaian antara lain : Kehadiran peserta pelatihan setiap harinya, sebesar 10%; Keaktifan peserta pelatihan dalam mengikuti diskusi online, sebesar 45%; Tugas Individu, sebesar 30%; dan Postes, sebesar 15%.

Peserta diwajibkan untuk mengakses system e-training / pelatihan online setiap hari dan mengikuti pemblajaran sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan. Peserta yang dalam waktu 3 hari berturut-turut atau 5 hari tidak berturut-turut, tidak mengakses (tidak login) ke system http://traininggurumelekit.edu20.org tanpa ada alas an yang dapat dibenarkan maka peserta pelatihan dinyatakan guru. Dan sertifikat diberikan hanya kepada peserta yang lulus (Kompeten).

Kena apa dengan aturan kelulusan yang begitu ketat saya selalu tertarik untuk mengukuti DOGMIT...? Bahkan selalu mengharapkan kehadiran DOGMIT ini....

Inilah alasan saya....: Karena di DOGMIT cukup bermodalkan adanya laptop atau computer dan adanya koneksi internet yang stabil, pelaksanaannya bisa dilakukan selama 24 jam non stop, dapat dilakukan dimana saja juga waktunya terserah pada kita sendiri, tanpa mengganggu tugas -- tugas dinas kita, selain itu panduannya pun cukup jelas apalagi disertai dengan adanya video tutorialnya, dan di sistemnya juga tersedia forum dan chat bagi para peserta diklat yang ingin bertanya ataupun menanggapi pertanyaan dari peserta lainnya...dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang tersedia di DOGMIT ini....Hmmm apakah diklat yang seperti ini ribet...? Tentu saja jawabannya ... TIDAK....apakah sulit...? Agak sulit iya....karena di setiap lessonnya selalu ada prakeknya tapi itulah tantangannya...karena dengan tantangan itulah kita bisa berkembang dalam berbagai hal......,apalagi kita sebagai guru yang dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan jaman yang begitu pesat.

Ya....DOGMIT bagiku adalah solusi yang tepat bagi saya yang tidak hanya bertugas sebagai guru saja di lembaga pendidikan kami...dan karena DOGMIT menjadikan anak-anak kami sering meminta ditayangkannya video-video pembelajaran yang saya buat. Inilah yang memicu saya untuk selalu belajar dan belajar lagi  untuk meningkatkan kompetensi di bidang IT untuk pembelajaran.

DOGMIT bukan hanya janji kosong belaka...tetapi DOGMIT adalah memberikan bukti bagi yang ingin benar-benar berkembang di bidang IT untuk pembelajaran.  Terimakasih DOGMIT Indonesia.... Terimakasih Bapak Sukani .... "DOGMIT memang The Best"