Rienta Primaputri
Rienta Primaputri

Seorang pengamat muda yang menggemari isu internasional dan gerakan sosial

Selanjutnya

Tutup

Jakarta

Mengenal Impact Investment di Indonesia

5 September 2017   12:51 Diperbarui: 5 September 2017   12:57 601 2 0
Mengenal Impact Investment di Indonesia
Ilustrasi Impact Investment. Source: Linkedin

Catatan Badan Pusat Statisik di Indonesia menunjukan kenaikan jumlah penduduk miskin dari 27,76 juta jiwa menjadi 27,77 juta jiwa untuk Maret 2017. Jumlah ini tentunya terbilang cukup besar mengingat jumlah penduduk miskin ini sama dengan angka populasi penduduk di negara tentangga yaitu Malaysia.

Salah satu upaya yang menjadi fokus pemerintah dalam mengurangi jumlah penduduk miskin di Indonesia adalah dengan adanya pembangunan ekonomi nasional. Investasi menjadi langkah awal dalam kegiatan ekonomi yang sangat mempengaruhi tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi.

Berbicara perihal investasi kini terdapat model investasi baru yang tidak hanya menanti perolehan hasil yang tinggi tapi juga memiliki dampak sosial yang berkesinambungan. Model investasi ini dinamakan Impact Investing atau Investasi Sosial.

Impact Investment Model Bisnis

Bila dibandingkan dengan investasi konvensional, Impact Investing ini jauh memiliki pengaruh dalam janka panjang untuk keberadaan kehidupan di muka bumi. Pasalnya saat anda berinvestasi sosial, anda tidak lagi berfikir masalah risiko yang anda hadapi dari investasi anda. Bahkan kini anda akan berfikir jauh tentang pengaruh dari investasi di jangka panjang yang tidak sepenuhnya dapat dinilai dengan uang.

angin-59ae3adeba5cd3162d209132.png
angin-59ae3adeba5cd3162d209132.png

Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) salah satu jaringan terbesar pendanaan di Indonesia yang berkomitmen untuk melakukan investasi kepada perusahaan-perusahaan yang tidak hanya meraih profitabilitas, tetapi juga dapat menginspirasi lingkungan mereka dan penyaluran dampak sosial kepada masyarakat. Sebab itu, ANGIN menerapkan model bisnis investasi sosial melalui campaign.com

Impact Investment #ForChange akan dilaksanakan pada hari Rabu, 5 September 2017 di GoWork Coworking Space Jam 09.30 am sampai 01.00 pm. Bagi rekan-rekan media ataupun komunitas tertarik untuk berdiskusi mengenai Impact Investment bisa menghubungi fara@campaign.com