HIGHLIGHT

Andaikan Saja AFC Mengasihani Persepakbolaan Indonesia di Pertengahan Juni Nanti

07 Mei 2012 17:25:14 Dibaca :

Juni nanti di pertengahan ada Piala Eropa di Eropa, harusnya semua pencinta bola di Indonesia bersemangat mengikuti manusia-manusia jenius sepak bola yang terlatih dari kompetisi terbaik di dunia dengan kepengurusan sepak bola yang mumpuni di negaranya.


Tapi apa lacur kalau kesimpulan tax force dari AFC bahwa persepakbolaan Indonesia kacau balau di 3 level, yaitu kompetisi, kepengurusan dan tim nasional? Diskorsingkah kita? Setahun?Tiga tahun? Lima tahun? Atau sampai batas waktu yang tidak ditentukan menunggu pelaku sepak bolanya mau akur?


Bagaimana pembinaan usia muda? Calon pemain kelas dunia di SSB yang tersebar di berbagai daerah? Harus bubarkah mereka dan mimpi-mimpinya? Haruskan 230 juta manusia Indonesia kehilangan wakilnya di kancah persepakbolaan dunia?


Mungkin, AFC harus mulai berandai-andai kalau saja kemelut ini tidak juga selesai sampai waktu yang ditentukan, janganlah sepak bola kita dibekukan sedemikian kejamnya, mintalah pada FIFA kelonggaran untuk sementara persepakbolaan Indonesia diambil alih saja kepengurusannya oleh AFC.


Semua urusan kompetisi, urusan manajer timnas, urusan iklan mengiklan dan sponsor, urusan ijin kerja pemain asing dan urusan pembinaan sementara diatur dulu dari luar orang Indonesia, sampai satu generasi terputus dulu dan muncul generasi baru yang benar-benar bisa dipercaya nasionalisme dalam mengurus bola.


Kalau begitu berarti persepakbolaan kita dijajah? Ya, memang selama ini yang jadi acuan orang luar kan? Kenapa gak sekalian saja mereka yang mengurusnya?


Supaya jangan sia-sia apa yang dibangun selama ini dengan hukuman per tengah Juni nanti. Mungkin perlu opsi AFC mengambil alih supaya jangan mati suri semua yang tersisa di stadion-stadion ini negeri.


Lebih baik terjajah daripada binasa?


Begitukah maunya kita?


Posma Siahaan

/posmasiahaan

TERVERIFIKASI (BIRU)

Bapak Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?