HIGHLIGHT

Tampahan Jajan Pasar Sebagai Trend Baru Kue Ultah

17 Desember 2011 05:30:51 Dibaca :

Berbagai kue-kue ‘canggih’ dari luar negeri mulai membanjiri Indonesia. Dulu mungkin kita hanya mengenal nasi tumpeng atau paling keren kue tart untuk setiap perayaan ulang tahun. Sekarang, wow…, nama-nama yang asing di telinga pun mulai berseliweran. Sebut saja demam cupcakes yang dihiasi figurine-figurine unik dan menggemaskan di atasnya, lalu ada carving cake yang bisa dibentuk berbagai barang seperti seni patung yang mengumkan, ada pula cheese cake, hingga red velvet cake, kue kesukaan Oprah Winfrey, yang memakai buah bit merah sebagai bahan utama pewarnanya.

Banyak orang merasa bangga bila dapat mengirim kue-kue unik sebagai hantaran ulang tahun. Saya pun juga begitu. Saya pernah memberi kejutan seorang sahabat yang berulang tahun dengan mengirim satu set cupcakes dengan figurine barang-barang kesukaannya. Kue tersebut mampu membuat dia menangis saking harunya.

Ketika ibu saya berulang tahun bulan lalu, saya sempat bingung memberi apa pada ibu saya. Saya ingin memberi sesuatu yang unik. Sempat berpikir memberi salah satu dari kue-kue canggih yang saya sebutkan di atas. Tapi akhirnya saya memilih memberi tampahan jajan pasar. Saya sengaja memilih jajan pasar yang sekarang sudah benar-benar langka dijual. Keinginan saya hanya satu, memberi kesan nostalgia ada ibu. Ternyata ibu saya senang sekali menerimanya. Menikmati dengan haru kue-kue dari masa mudanya sambil mengungkapkan kerinduannya menikmati kue-kue yang mulai langka tersebut.

Tampahan jajan pasar adalah alternatif yang sangat menarik sebagai hantaran ulang tahun. Dapat juga digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun saat ada pesta ulang tahun. Dinamakan tampahan jajan pasar karena disusun di atas tampah bambu dengan alas daun pisang. Kue-kue di atasnya disebut jajan pasar karena berupa kue-kue tradisional yang seringkali hanya dapat ditemui di pasar-pasar tradisional. Tapi bila di kota saya, Semarang, banyak juga toko kue modern yang menjual jajan pasar di samping kue-kue modern lainnya. Mereka juga menyediakan paket tampahan jajan pasar.

Bagi generasi tua tampahan jajan pasar akan membawa mereka bernostalgia mengenang tahun-tahun lampau yang telah mereka lewati. Tapi tampahan jajan pasar juga menarik untuk dijadikan sebagai kue ulang tahun bagi anak-anak yang masih muda. Tampahan jajan pasar dapat memperkenalkan pada mereka kue-kue tradisional Indonesia yang mungkin sudah hampir punah.

Yuk, mencoba membuat tampahan jajan tradisonal sebagai trend baru hantaran kue di tengah maraknya kue-kue asing yang membanjiri Indonesia. Jajanan tradisional memakai bahan-bahan yang sebenarnya mudah didapat di sekitar kita. Berbeda dengan kue-kue canggih di atas, beberapa bahannya harus impor. Sehingga, jajanan tradisional cenderung lebih murah dan memakai bahan kekayaan alam negeri kita sendiri. Setiap daerah bisa mengisi tampahan tersebut dengan kue-kue khas daerahnya masing-masing. Tidak harus berisi jajan pasar khas Jawa.

Mari, lestarikan kuliner asli Indonesia!

Yunita Handayani

/nita.handayani

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Ibu yang bahagia :) www.yunita-handayani.blogspot.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?