GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Editor

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Black Lemonade; Kenali Khasiat dan Batasan Mengonsumsinya!

10 Agustus 2017   12:39 Diperbarui: 10 Agustus 2017   12:47 163 0 0
Black Lemonade; Kenali Khasiat dan Batasan Mengonsumsinya!
source: https://ocdn.eu

GoDok -- Dewasa kini, lemon merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Sebab, selain memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, lemon juga memiliki rasa yang tak kalah enak dari jeruk.  Terutama kalau dijadikan sirup dan ditambahkan batu es, lalu diminum saat cuaca sedang panas-panasnya. Hmm..Pasti nikmat! Namun, bagaimana jika si segar lemon dicampurkan dengan zat arang aktif hingga berwarna hitam pekat? Masihkah manfaat dan kesegarannya terasa nikmat?

Sesuai dengan warnanya, lemon campuran arang ini disebut black lemonade. Corak hitam tersebut berasal dari arang aktif yang telah diolah sedemikian rupa dan dicampurkan ke dalam jus lemon. Saat ini, black lemonade sedang menjadi tren di negara barat, terutama Amerika Serikat karena diyakini dapat mendetoksinasi tubuh secara alami. Benarkah pernyataan tersebut?

Manfaat arang aktif bagi kesehatan

Sejatinya, terdapat 85% -- 95% kandungan karbon di dalam sebutir arang. Kandungan karbon tersebut dihasilkan melalui peroses pemanasan dengan suhu yang tinggi. Selama proses pemanasan berlangsung, harus dipastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Mengapa? Tujuannya adalah agar si calon arang hanya terkarbonisasi dan tidak teroksidasi. 

Nah, arang yang telah melalui proses pembakaran tersebut lah yang kemudian dikenal  sebagai arang aktif. Setelah melalui proses pembakaran, arang aktif tersebut akan memiliki kemampuan sebagai adsorben, alias penyerap. Semakin tinggi proses pemanasan dan temperatur yang digunakan untuk membakar arang maka semakin tinggi juga daya serap yang terdapat pada arang.

Kemampuan arang aktif dalam menangkap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh ini kemudian menjadi alasan banyak rumah sakit memanfaatkannya untuk mengobati keracunan. Arang aktif biasanya digunakan pada saat tenaga aktif memompa atau mengeluarkan isi perut guna mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh.

Lalu, apa khasiat dari black lemonade?

Sebagai jenis minuman yang menggunakan campuran arang aktif, black lemonade memiliki kemampuan dalam menyerap dan membuang racun yang ada dalam tubuh dan sering digunakan untuk meningkatkan metabolisme detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, black lemonade dapat pula membantu dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan organ pencernaan seperti diare. Ditambah lagi, black lemonade juga dianggaap mampu membunuh bakteri penyebab penyakit yang ada organ pencernaan. Komplit, deh!

Selain itu, banyak pula orang yang melaporkan bahwa konsumsi black lemonade dapat membantu dalam mengurangi efek mabuk yang diakibatkan karena konsumsi alkohol berlebihan. Meskipun demikian, belum ditemukan kebenaran bahwa black lemonade memang benar-benar dapat mengurangi efek mabuk tersebut. Anda tergoda untuk meminum produk yang satu ini? Jika iya, jangan lupa untuk mengonsumsinya ketika perut dalam keadaan kosong, minimal diminum dua jam sebelum makan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apakah black lemonade memberikan dampak buruk bagi kesehatan ?

Kenyataannya, setiap makanan, minuman, bahkan obat-obatan yang dikonsumsi berlebihan tentu akan hilang manfaatnya. Sebaliknya, justru hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Perlu Anda ingat bahwa black lemonade yang menggunakan campuran arang aktif memang memiliki kemampuan dalam detoksifikasi. Namun, ternyata detoksifikasi yang terjadi tidak hanya membersihkan organ pencernaan dari racun berbahaya melainkan juga mengikis atau menghilangkan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itulah Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi black lemonade bersama dengan obat, karena hal tersebut justru akan menghilangkan efek dari obat itu sendiri.

Nah, itu tadi serba-serbi black lemonade bagi kesehatan. Ingat, jangan mengonsumsinya kelewat sering, ya! Semoga bermanfaat!