Humaniora

Membangun Kemandirian Anak

13 September 2017   21:10 Diperbarui: 14 September 2017   12:23 81 0 0
Membangun Kemandirian Anak
membangun-cara-dan-sifat-kemandirian-anak-59b93ea49a0ff436116c9885.jpg

Setiap orang tua akan mengajarkan sesuatu hal yang baru kepada anak yaitu membangun kemandirian anak. Lantas bagaimana sih membangun kemandirian pada anak itu? Ada beberapa hal kemandirian anak lebih mudah terbentuk ketika anak-anak mampu melaksanakan sesuatu hal yang ingin ia kerjakan sendiri. 

Anak-anak tumbuh dengan besar, bagaimana orang tua dapat memastikan bahwa anak-anak mereka berada di bawah jalur yang tepat menuju keberhasilan dan kemandirian? Yaitu dengan membangun jalur landasan yang kuat sejak awal dan mendorongnya untuk mencoba bertindak sendiri. Anak yang berusia 3 tahun belajar melakukan banyak hal misalnya : dia suka mengenakan sendiri baju yang akan dia kenakan, sepatu dan kaos kakinya, menyiapkan bekal makanannnya yang akan dia bawa, dan bahkan mencuci dan mengupas jeruk sendiri. 

Kemampuan melakukan hal-hal ini membuatnya paham akan kemampuannya dan membantu membentuk kepercayaannya sendiri. Orang tua tidak banyak membantu karena mengerti, tiap keberhasilan dan kegagalan akan memperkuat karakter anak. Orang tua tidak perlu berbuat banyak kepada anak untuk menumbuhkan kemandirian anak, 

sebaliknya semakin berbuat justru akan makin baik untuk perkembangannya. Kebiasaan yang telah diajarkan oleh orang tua kemudian ditanamkan kepada anak akan melatih anak kreatif, mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Dengan demikian melatih kemandirian anak dapat membuat anak akan semakin pandai dan membantu dia untuk menuju tahap yang selanjutnya dalam hal apapun.