Humaniora highlight

Pentingkah Belajar?

13 September 2017   22:09 Diperbarui: 13 September 2017   22:32 692 0 0
Pentingkah Belajar?
https://remajaislampos.files.wordpress.com

Apa sih belajar itu?
Pentingkah belajar itu?

Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi umat manusia. Belajar adalah suatu proses seseorang untuk merubah perilaku dan sikap dalam menghadapi sesuatu. Belajar tidak hanya dilakukan di sekolah saja tetapi belajar dapat kita lakukan di luar lingkungan sekolah, misalnya di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Di indonesia telah mengeluarkan peraturan bahwa wajib belajar minimal 9 tahun yaitu terdiri dari 6 tahun di sekolah dasar dan 3 tahun di sekolah menengah pertama.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari belajar salah satunya yaitu, dengan belajar kita akan sering untuk membaca. Kenapa saya berkata demikian? Karena bagaimana kita dapat mengetahui sesuatu hal yang baru jika kita tidak membaca. Membaca yang dimaksud bukan hanya membaca buku tetapi membaca situasi yang kita rasakan. Dengan membaca maka kita akan mendapatkan sesuatu pemahaman yang baru dan dapat dengan mudah memahami.

Setiap orang memiliki gaya belajar sendiri-sendiri. Ada yang senang belajar dengan mendengarkan musik, dengan melihat video tutorial, belajar dengan suasana yang tenang dan hening, atau yang lainnya. Yang paling penting adalah apakah dengan memakai gaya belajar kita yang kita gunakan sekarang kita dapat lebih mudah memahami sesuatu? Kalau gaya belajar yang kita lakukan sekarang sudah tepat maka tetap lanjutkan, jika gaya belajar yang kita lakukan sekarang kurang mempermudah kita maka kita harus lebih cermat dalam mengetahui cara belajar yang dapat mempermudah kita untuk belajar.

Perbedaan umur juga dapat mempengaruhi cara belajar kita. Pada masa kanak-kanak, mereka lebih suka belajar dengan cara mendengarkan dan melihat. Sedangkan pada masa remaja sekitar umur 12-24 tahun, mereka tidak hanya ingin mendengarkan namun mereka ingin melihat bukti autentik dari apa yang mereka pelajari dan mereka juga menggunakan nalar mereka dalam berpikir. Belajar itu penting  karena dengan belajar kita dapat merubah dunia, maksudnya adalah jika kita belajar dengan giat dan rajin kita akan memperbanyak pengetahuan-pengetahuan dan dengan pengetahuan itu kita bisa menjadi salah satu penggerak perubahan untuk dunia.