HIGHLIGHT

Flying Health Care di Mamasa

24 April 2012 06:43:11 Dibaca :

Salah satu upaya kesehatan yang dilaksanakan oleh Provinsi Sulawesi Barat adalah memberikan program kesehatan yang dapat memudahkan akses pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh masyarakat terutama daerah yang terpencil dan sulit dijangkau


Di Provinsi Sulawesi Barat  masih termasuk daerah yang terpencil berdasarkan kriteria yang ada dimana akses menuju sarana pelayanan kesehatan yang sulit karena sebagian daerah di Provinsi Sulawesi Barat adalah pegunungan dan akses transportasi yang sulit karena belum terjangkau infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai.


Berdasarkan kriteria tersebut Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat  mengadakan Program Pelayanan Daerah Terpencil yang disebut dengan Flying Health Care.  Program ini adalah program yang telah lama dilaksanakan di Sulawesi Barat namun untuk flying Health Care  mulai dilaksanakan pada awal  tahun 2012 diawali dengan mengadakan pemeriksaan kesehatan pada daerah terpencil. Kegiatan ini sudah dilaksanakan di Kabupaten Mamuju Utara yang dipusatkan di RS Umum daerah Mamuju Utara yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui pelayanan oleh 3 dokter spesialis (dokter bedah, dokter obgyn / kebidanan dan dokter anak) yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. .


Program ini bersifat mobile dan ini bersifat simultan sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten dapat menindaklanjuti dengan melengkapi sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan membuka akses transportasi ke daerah terpencil untuk memudahkan masyarakat menjangkau sarana pelayanan kesehatan serta dapat menyediakan Anggaran pada APBD masing-masing Kabupaten khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan secara berkesinambungan.


Upaya yang telah dilakukan dengan membentuk Tim Mobile Dinas Kesehatan Provinsi, Sulawesi Barat.. Lokasi Pelayanan Kesehatan  tahap awal meliputi 3 Kabupaten diantaranya Kabupaten Mamuju Utara , Mamasa dan Mamuju.  Tiap Kabupaten terdapat 1(satu) lokasi dan tiap lokasi diharapkan dapat melayani sebanyak mungkin masyarakat yang membutuhkan pelayanan.


Program ini telah dimulai dengan mengambil lokasi pertama Kabupaten Mamuju Utara dan lokasi kedua di RS Minake Mamasa. Pelayanan Kesehatan yang diberikan meliputi :


1.         Pengobatan massal,


2.         Intervensi gizi buruk,


3.         Penyuluhan PHBS, penyehatan lingkungan dan pencegahan penyakit,


4.         Pemeriksaan Ibu hamil,


5.         Pelayanan bedah minor


Pada pelaksanaan di wilayah tersebut,  masyarakat merespon positif program ini yang dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Tim Mobile Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?