Jauhi Bisnis Antirugi!

25 Juli 2013 13:57:58 Diperbarui: 24 Juni 2015 10:03:34 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Jauhi Bisnis Antirugi!
13746875011233135225

Sifat dasar manusia pasti menghindar dari yang namanya rugi, gagal dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya. Dan inilah yang dipakai orang-orang tertentu untuk menjual konsep bisnis anti ruginya. Bisnis anti rugi buat saya sama dengan anti untung. Sebab untuk merasakan untung kita perlu melahap menu yang bernama rugi. Bagaimana mungkin kita bisa untung tanpa pernah mengalami rugi. Ini dunia bukan surga!! Dunia ini kerap menghadirkan berbagai dualitas termasuk untung-rugi.

Dan semakin kuat kita menolak dualitas kehidupan semakin kencang dia mengejar. Untung dan rugi adalah dua hal yang wajib dialami semua pebisnis dan calon pebisnis. Saya belum pernah mendengar ada pebisnis yang tidak pernah rugi. Bahkan Bob Sadino pengusaha yang sudah tidak diragukan lagi kepiawaiannya itu mengatakan bahwa ia berbisnis untuk mencari rugi. Nah loe !!

13746875561279696317
13746875561279696317

Suatu hal yang sama sekali tidak masuk akal buat orang kebanyakan. Dimana ada orang mau berbisnis dengan tujuan rugi. Dari jaman kuda gigit besi sampai jaman kuda gigit brownies orang-orang berbisnis untuk mencari untung dan untuk tambahan penghasilan.

Kenapa orang beranggapan seperti itu? Menurut Bob Sadino kebanyakan orang sudah terbelenggu oleh pikirannya sendiri. Dia dibelenggu begitu kuat untuk berpikir dalam zona nyaman dan linear. Coba simak ilustrasi berikut ini, begitu pembelaan Oom Bob dalam bukunya: Di depan anda ada sebuah gelas berisi air yang sudah diteguk setengah isinya. Pertanyaannya apakah gelas itu setengah isi atau setengah kosong? Mungkin kebanyakan jawaban anda setengah isi, sementara yang lainnya menjawab setengah kosong atau anda menjawab bisa setengah isi bisa setengah kosong.

Sekarang jawab pertanyaan ini, orang berbisnis mencari apa? Sebahagian besar pasti mencari untung. Lalu pertanyaannya apakah orang berbisnis selalu untung? Tentu tidak, kadang-kadang bisa rugi juga toh!? Kembali ke laptop [gelas tadi]. Berarti jawabannya bisa setengah isi bisa setengah kosong. So kalau begitu ketika berbisnis pun boleh dong orang mencari untung atau mencari rugi. Karena peluangnya selalu terbuka untuk kedua kemungkinan tersebut. Jadi kenapa anda bilang kalau saya berbisnis mencari rugi tidak masuk akal? Ujar Oom Bob dengan senyum manisnya.

Saya pikir orang-orang yang menjual konsep anti rugi itu hanya memikirkan dirinya saja agar pemikirannya mudah terjual bukan benar-benar ingin memotivasi orang untuk sukses berbisnis. Karena untuk benar-benar memotivasi dan menginspirasi, saya pikir kita juga harus memaparkan berbagai dualitas dalam proses perjalanan sukses berbisnisnya seseorang.

1374687631935189426
1374687631935189426

Dalam perjalanan sukses berbisnis kita tidak bisa menghindar dari yang namanya rugi karena segala sesuatunya ada harga dan ‘uang sekolah’nya. Satu-satunya keju gratis hanya ada di perangkap tikus. Yang bisa kita lakukan adalah meminimalkan kerugian tersebut.

Terima kasih sudah membaca tulisan “Jauhi Bisnis Anti Rugi”.Saya orang bijak palsu menulis untuk diri sendiri dan kalau ada yang menganggap bermanfaat itu pasti karena dirinya sendiri!

Artikel terkait: Berbisnis: Motivasi atau Daya Tahan?

Artikel lainnya :

Inikah Cara Yang Menjadikan Anda Kaya?

Cara Jadi Orang Sukses ala Bob Sadino, Tidak Menarik!

Belajar Cara Menjadi Kaya Dari Orang Miskin!?

Bisnis Yang Menguntungkan Saat Ini & Nanti

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article