Jenis-jenis Jasa Logistik di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

04 Oktober 2016 05:03:07 Diperbarui: 05 Oktober 2016 18:15:05 Dibaca : 788 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Dulu, mengirim barang adalah hal yang cukup merepotkan. Pasalnya jasa logistik yang terkenal zaman dulu hanyalah PT. Pos. Namun kini, banyak Jenis Jenis Jasa Logistik yang disediakan berbagai perusahaan ternama. 

Sekarang ini pengiriman barang ataupun dokumen menjadi lebih mudah dan cepat dengan banyaknya jasa logistik yang menggunakan transportasi lengkap, mulai dari transportasi darat, udara dan juga laut. Bahkan, jasa biro perjalanan seperti bus, travel hingga kereta api pun menyediakan layanan untuk pengiriman barang.

Baca Juga: Cara Memilih Jasa Logistics Indonesia

Inilah Jenis-jenis Jasa Logistik di Indonesia

Walaupun sudah sangat banyak jasa pengiriman barang, Anda sebagai konsumen perlu memilih jasa paket logistik yang berkualitas serta terpercaya. Setiap orang tentunya ingin barang yang dikirim dalam kondisi yang baik dan tidak rusak sedikitpun. 

Apalagi bagi Anda yang mengirim barang untuk keperluan bisnis, dimana barang tersebut akan dikirim ke pelanggan. Maka kondisi barang hingga sampai ke pelanggan adalah hal yang sangat penting. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang logistik dengan transportasi paling lengkap dan menyediakan kualitas terbaik adalah IMS Logistics.

Jenis Jenis Jasa Logistik sebenarnya tergantung dari transportasi yang digunakan serta jenis barang yang dikirim. Perlu Anda ketahui bahwa ada perusahaan logistik yang hanya melakukan pengiriman melalui jalur laut, ada pula yang hanya melalui jalur udara atau darat. Salah satu perusahaan yang menyediakan pengiriman barang melalui jalur air adalah Berlian Laju Tanker. 

Sementara perusahaan yang mengirim barang dengan transportasi yang lengkap mulai dari darat, laut hingga udara adalah IMS Logistics. Melihat hal tersebut, tak heran jika banyak yang menggunakan jasa IMS Logistics.

Keberadaan perusahaan yang bergerak di bidang logistik memang dinilai sangat penting. Sebab perusahaan ini memiliki peranan yang sangat krusial di bidang perekonomian suatu negara. Bisa Anda bayangkan, sedikit saja ada masalah terkait logistik maka bisnis jual beli yang harusnya terlaksana justru berhenti dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. 

Jenis Jenis Jasa Logistik sebenarnya juga tergantung dari jenis barang yang dikirim. Ada perusahaan yang hanya melakukan pengiriman dokumen atau barang-barang dalam skala kecil, dan ada pula perusahaan yang mengirim barang dalam skala sedang dan besar.

Jenis jenis Jasa Logistik Berdasarkan Kategori Perusahaan

Jenis Jenis Jasa Logistik yang ditawarkan oleh perusahaan logistik akan memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin mengembangkan bisnisnya. Untuk tarif pengiriman, tergantung dari berat barang dan juga jarak yang ditempuh dalam pengiriman. 

Semakin jauh dan berat barang maka semakin mahal pula biaya pengirimannya. Oleh karenanya, sebagai konsumen yang cerdas Anda harus bisa memilih perusahaan logistik yang sesuai dengan harga dan kenyamanan dan kebutuhan.

Perusahaan logistik sendiri dibedakan menjadi tiga kategori. Kategori pertama adalah basic service atau yang disebut juga dengan nama service proider (LSP). Perusahaan ini hanya menyediakan satu jenis layanan seperti jasa kurir atau pengelolaan warehouse. Kategori selanjutnya adalah three party

logistics yang disingkat 3PL yakni perusahaan jasa forwarding dan warehouse yang berkolaborasi dengan perusahaan transportasi untuk proyek pengiriman barang hingga ke pengelolaan gudang. Ketiga adalah lead logistics provider atau LLP yang semua proses pengiriman dilakukan oleh satu perusahaan.

MS Logstics Indonesia adalah perusahaan yang masuk dalam kategori lead logistics provider karena semua urusan pengiriman di handle oleh satu perusahaan. Perusahaan logistik ini menawarkan layanan transportasi barang terlengkap yang didukung dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang logistik. 

IMS Logistics juga menawarkan jaminan ketepatan, kecepatan, kenyamanan dan juga kemudahan pengiriman barang kepada masyarakat. Sekian ulasan mengenai Jenis Jenis Jasa Logistik, semoga menambah wawasan Anda.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana