Setiap kali naik kereta api (KA) sejak 'reformasi' bahkan bisa disebut 'revolusi' manajemen, terutama pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) benar-benar sebagai penumpang tidak sekedar 'barang' karena gerbong yang bersih, pendingin ruangan yang dingin, dan palayanan yang prima.
Kondisi perkeretaapian nasional sejak dipegang oleh Ignasius Jonan sebagai direktur utama (2009-2014) benar-benar berubah bagaikan langit dan bumi jika dibandingkan dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya
Penumpang berjejalan. Ada yang tidur di lantai dan di bawah kursi beralaskan koran bekas. Bahkan ada yang 'menyulap' WC jadi tempat duduk dengan menutup WC dengan kertas dan tikar. Ini menyiksa penumpang yang ingin buang hajat. Itu sebabnya jangan penumpang KA ketika itu minum dan makan-makan. "Ya, bagaimana lagi mau kencing saja harus di sambungan gerbong atau pas kereta berhenti di stasiun," kata seorang penumpang di tahun 2011 dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta
Suasana hiruk-pikuk di gerbong diramaikan oleh pedagang asongan, bahkan juga copet yang menyaru. Segala macam mereka jajakan, mulai dari minuman, makanan, buah-buahan, mainan, dll. Tidak jarang ada pedagang asongan yang setengah memaksa penumpang membeli barang dagangan mereka.
Maka, kenyamanan yang ada sekarang benar-benar memuaskan. Jangankan di gerbong di peron stasiun pun tidak ada lagi pedagang yang menjajakan minuman, makanan dll. Peron stasiun bersih tidak ada lagi pedagang. Ruang tunggu bersih dengan keramik putih. Lampu terang benderang.
Satu hal yang paling 'menyakitkan' dahulu adalah tidak ada pemberitahuan melalui pengeras suara di setiap gerbong terutama tentang nama stasiun yang akan jadi tempat pemberhentian. "Ya, kalau baru pertama kali naik kereta bingunglah," kata seorang mahasiswa asal Sumut di Yogya. Maka, yang dilakukan penumpang adalah melihat papan nama stasiun dan bertanya kepada penumpang di sebelahnya atau pedagang asongan.
Cerita-cerita lama itu sirna sudah. Informasi tentang perjalanan KA secara rutin disampaikan melalui pengeras suara di setiap gerbong.
Tapi, di balik itu semua ada yang sangat menyedihkan bagi saya sebagai penumpang 'melayu'. Ketika kereta hendak berhenti di stasiun tujuan ada informasi yang menjelaskan tentang nama stasiun berikut yang jadi tujuan antara perjalanan kereta.
Dalam rangkaian informasi itu ada pernyataan: " .... Periksa dan cek kembali barang bawaan Anda jangan sampai tertinggal atau tertukar ...."
Ya, ini memang peringatan yang sangat baik Tapi, pernyataan itu tidak ada dalam informasi dengan Bahasa Inggris: " .... Please, prepare your belongings ...."