PILIHAN

Antara Rezeki dan Pahala, Bekerja Menjadi Pegawai PLN

20 Oktober 2016 00:43:14 Diperbarui: 21 Oktober 2016 14:35:31 Dibaca : Komentar : Nilai :
Antara Rezeki dan Pahala, Bekerja Menjadi Pegawai PLN
sumber: apkpure.com

Listrik merupakan komponen penting dalam siklus keseharian manusia dari mulai bangun tidur hingga tertidur kembali, tanpa adanya listrik aktivitas manusia tidak akan berjalan lancar bahkan akan terganggu. Listrik telah menjadi kebutuhan penting masyarakat di seluruh negara, karenanya setiap negara berlomba-lomba memperbaiki dan meningkatkan kehandalan pasokan ketenagalistrikannya. Di Indonesia aspek kelistrikan mulai dari pembangkitan tenaga listrik hingga pendistribusiannya ke masyarakat luas ada di bawah tanggungjawab PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau yang umumnya dikenal sebagai PLN adalah satu-satunya perusahaan milik negara yang bergerak di bidang kelistrikan sehingga apapun kaitannya dengan listrik maka yang diingat masyarakat adalah PLN. Listrik adalah PLN dan PLN adalah listrik, setidaknya itulah yang tertanam di benak masyarakat Indonesia hingga kini. Dengan moto "listrik untuk kehidupan yang lebih baik", PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan dan melaksanakan kerja nyata untuk menerangi negeri.

sumber: layarberita.com
sumber: layarberita.com
PLN adalah alasan mengapa listrik ada di Indonesia, 71 tahun PLN berdiri dan kini Indonesia telah menjadi terang. Dibutuhkan perjuangan yang sangat tidak mudah untuk melaksanakan amanah besar itu namun PLN mampu mewujudkannya. Saat ini rasio elektrifikasi di Indonesia telah mencapai 84% yang artinya sebagian besar wilayah di Indonesia telah teraliri listrik. Sungguh PLN telah berhasil melistriki Indonesia, tetapi dibalik itu ada faktor dasar yang menyebabkan semuanya dapat terealisasikan. Faktor tersebut adalah faktor sumber daya manusia (SDM), seluruh pegawai dan keluarga besar PLN. SDM PLN dari periode awal perusahaan didirikan hingga saat ini yang menjadikan PLN sebagai perusahaan besar.

Lalu nikmatkah bekerja menjadi bagian dari PLN? jawabnya ya, sangat nikmat menjadi pegawai atau keluarga besar PLN. Bukan karena PLN adalah perusahaan dengan aset terbesar di Indonesia saat ini, bukan itu. Apabila alasannya juga karena penghasilan berupa materi, maka apa perbedaan PLN dengan perusahaan-perusahaan lain yang bahkan mampu memberikan penghasilan yang lebih besar? Sekali lagi bukan sekedar itu. Ada alasan yang jauh lebih besar dibalik itu semua mengapa bekerja di PLN begitu nikmat. PLN berbeda dari kebanyakan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia pada umumnya. Tidak hanya sekedar rezeki yang akan didapat di PLN melainkan juga ganjaran berupa amal kebaikan yang akan di panen setiap waktunya.

sumber: hatree
sumber: hatree
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, begitu juga perusahaan. Setiap perusahaan dibangun bukan karena tanpa alasan, setiap perusahaan pasti mempunyai dasar alasan kenapa perusahaan didirikan namun sebaik-baik alasan adalah faktor kemanusiaan. PLN adalah salah satunya, perusahaan didirikan sebagai pusat yang menangani hajat hidup orang banyak. Tidak hanya mengedepankan profit oriented namun juga social oriented. PLN sebagai abdi masyarakat kini berperan dalam mensejaterahkan rakyat dan meningkatkan kemakmuran secara adil dan merata di Indonesia. Semakin besar kebutuhan rakyat akan ketersediaan energi listrik maka semakin besar pula pahala yang akan dipanen. Kini jumlah masyarakat yang menikmati listrik mencapai ratusan juta jiwa dimana setiap harinya pasti memanfaatkan listrik untuk segala sesuatu sesuai kepentingannya masing-masing.

Apa yang kita tanam akan kita tuai dan bukankah perbuatan baik yang bermanfaat khususnya bagi banyak orang maka hasilnya berupa pahala akan didapatkan oleh orang yang bersangkutan juga? Ya, benar. Kini seluruh pegawai dan keluarga besar PLN sedang memanen pahala-pahala hasil jerih payahnya. Pahala kebaikan bagi seluruh insan PLN dipetik dari sumber-sumber perbuatan baik yang terjadi dengan listrik sebagai penyebab asal muasalnya.

sumber: kompasiana.com
sumber: kompasiana.com

Saat setiap orang terbangun di sepertiga malam dan akan melaksanakan ibadah malam, berwudhu dengan air yang dapat mengalir karena mesin pompa. Bukankah mesin tersebut bisa bekerja mengalirkan air karena teraliri listrik? Ya, pegawai PLN ikut mendapat kebaikan. Di Indonesia ada sekita ribuan tempat beribadah dimana setiap tempat ibadah membutuhkan penerangan berupa lampu, memerlukan pengeras suara, dan juga tidak sedikit yang memakai pendingin ruangan. Kesemuanya itu sebagai sarana penunjang kenyamanan dalam beribadah dan kesemuanya pula dapat dioperasionalkan karena adanya listrik. Sekali lagi, PLN telah kembali menuai kebaikannya. Karena listrik PLN setiap orang dapat menjalankan ibadah dengan khusyu sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

sumber: pusatakaindonesia.org
sumber: pusatakaindonesia.org

Berjamur instansi pendidikan di Indonesia dari mulai jenjang taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), hingga pada perguruan tinggi tersebar di Indonesia. Kegaiatan belajar mengajar dan aktivitas pendidikan dipastikan tidak akan pernah bisa lepas dari kegiatan yang membutuhkan listrik sebagai sumber energinya seperti penerangan, pendingin ruangan, pengeras suara, komputer, layar LCD untuk presentasi, seluruh penunjang sarana prasarana pendidikan, dan banyak yang lain. Semua terpenuhi karena kesemuanya itu bersumber dan terhubung dari listrik PLN. Lagi dan lagi pegawai PLN menuai banyak sekali pahala kebaikan. Listrik PLN telah turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan generasi-generasi penerus bangsa.

sumber: indoheadlinenews.com
sumber: indoheadlinenews.com

Listrik PLN ada di seluruh wilayah di Indonesia dan tanpa disadari listrik PLN telah memberikan sumbangsih besar dalam kehidupan rakyat. Listrik PLN ada di istana negara serta gedung-gedung pusat pemerintahan yang telah membantu pemimpin-pemimpin negara dalam pengambilan keputusan kenegaraan. Listrik PLN telah menyelamatkan ratusan juta masyarakat karena listrik PLN juga mengalir pada instalasi rumah sakit, klinik, dan apotik di negeri ini. 

Listrik PLN telah membantu banyak sekali perusahaan-perusahaan dalam kegiatan operasinya dari mulai proses produksi hingga pendistribusian. PLN ada disetiap perusahaan, dimana banyak orang yang menggantungkan hidupnya diperusahaan yang listriknya di pasok oleh PLN. Bagaimanakah nasib mereka jika PLN tidak dapat memasok listrik di perusahaannya? Namun tidak, PLN akan terus memasok listrik kepada seluruh pelanggannya tanpa terkecuali dimanapun dan kapanpun.

Listrik PLN ada disetiap rumah-rumah masyarakat untuk memberikan kenyamanan dan keamanan. Seorang ibu dapat menanak nasi, ayah dapat mengerjakan tugasnya di laptop, dan anak dapat bahagia barmain dan menonton televisi. Listrik PLN telah membawa keharmonisan disetiap rumah yang teraliri listriknya. Setiap harinya banyak sekali kegiatan-kegiatan baik yang disebabkan oleh listrik sebagai asal muasalnya. Jika begitu maka setiap harinya banyak pula pahala-pahala yang siap di panen oleh setiap insan PLN baik pegawai tetap hingga pegawai-pegawai di lingkungan keluarga besar PLN.

PLN tidak hanya berinvestasi dunia namun juga akhirat. PLN tidak hanya mementingkan kepuasan pribadi namun juga kepuasan pelanggan. PLN tidak akan berhenti dan akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Tanpa listrik Indonesia tidak akan semaju ini, tanpa listrik Indonesia akan gelap. 71 tahun sudah PLN memberikan sumbangsihnya, PLN pun menyadari bahwa tidak ada yang sempurna. Jika ada pahala maka disitu pula ada dosa, dosa PLN adalah jika masih terdeapat wilayah-wilayah di Indonesia yang belum teraliri llistrik. Namun tidak ada dosa yang tidak terampuni, selama PLN masih berdiri maka disitu PLN akan terus berupaya melistriki seluruh Indonesia.

sumber: pln.co.id
sumber: pln.co.id
Investasi PLN belum berhenti kini selaras dengan program nawacita, presiden Republik Indonesia memberikan amanah besar berupa proyek 35.000 MW. Amanah besar ini dapat berbuah pahala yang besar jika berhasil direalisasikan karena manfaatnya akan dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang lama kedepan. Kini seluruh pegawai PLN sedang berupaya memberikan kinerja terbaiknya, walau tidak mudah namun jika dikerjakan bersama maka hasilnya pasti membahagiakan. Dimana ada kemauan maka disitu pula akan selalu ada jalan. Sebagai pegawai PLN kami meyakini bahwa sumber rezeki yang kami dapat tidaklah begitu banyak dan hanya bersifat fana, namun kami percaya dibalik itu terdapat ladang pahala yang abadi dan siap untuk dipanen bersama. Dipanen jika padinya tela menguning. Saat ini padi masih menghijau program 35.000 MW masih dalam tahap awal pekerjaan namun pada saatnya nanti ketika program ini terealisasi maka padi telah menguning dan siap di panen. Dengan dukungan pemerintah dan peran serta masyarakat 35.000 MW akan terwujud. 71 tahun kerja nyata inilah PLN untuk kehidupan yang lebih baik. Bergabunglah dengan kami, dan bersama kita terangi Indonesia untuk menuju Indonesia yang gemilang.


sumber: dokumen pribadi
sumber: dokumen pribadi

INDO GILANG NESIA / 94161752ZY

PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI BANTEN

AREA BANTEN SELATAN

UNTUK HARI LISTRIK NASIONAL KE 71 "KERJA NYATA TERANGI NEGERI"


facebook: facebook.com/indo.gilang

twitter: twitter.com/indo_gilang

Hatur Nuhun.

Indo Gilang Nesia

/indogilangnesia

Terapkan Ilmu Padi semakin Berisi semakin Merunduk! Ahlan wa Sahlan
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article