Kebersihan Mesjidil Haram, Mekkah

18 Juni 2012 01:14:42 Dibaca :
Kebersihan Mesjidil Haram, Mekkah
doc .pribadi

umrah kali ini saya sangat kagum dengan kesigapan para petugas kebersihan ,yang sedang membersihklan mesjidil haram yang begitu luas, dan banyak nya para jemaah yang datang dari berbagi belahan dunia, untuk melaksanakan ; shalat, tawaf ,sujud ,ruku, itikap , umrah dan ibadah lain nya, dari kesibukan para jamaah yang sedang ibadah  para petugas kebersihan tetap bekerja , setiap saat 24 jam tentunya di bagi 3 shift kerja,dan kebanyakan petugas tersebut dari negara  fakistan,india, bangladesh, bahkan dari indonesia juga ada. kita harus bertanggung jawab atas kebersihan mesjid haram jangan asal  buang sampah sembarangan ,contoh : tisu, makanan ,dll mentang mentang ada petugas kebersihan kita buang sampah sembarangan apa lagi ini di tempat ibadah ,tempat kita sujud,tawaf , rukuk baca alquran dan ibadah lain nya , " dan ingat lah ketika kami membuka tempat ibadah(dengan mengatakan) jangan lah kamu memperserikat kan sesuatu pun dengan aku dan sucikan lah rumah ku bagi orang orang beribadah dan orang orang yang rukuk dan sujud ( Qs al hajj :26). di saat saya menghabis kan tawaf ke tujuh ada aja , jamaah yang ngomel ngomel pada petugas kebersihan saat membersihkan lantai ,, dan dengan sabar nya petugas menjelaskan nya pada jamaah tersebut.

1339980323428460861
doc.pribadi
setiap menuggu adzan ,di depan kabah ada seorang tukang jahit keliling kabah untuk mremeriksa kiswah dan menjahit nya bila ada kiswah yang rusak,,malum banyak jamaah yang berebutan pingin menyentuh kabah, berebut dan berdesak desakan apalagi hajar aswad.dan di saat itu seorang petugas  memberi wangi wangian ke hajar aswad dan dinding kabah. 1339981132431035057 dan bila kita bawa makanan ,atau pun minuman bekas nya buang lah pada tempat nya ,atau kasih kan pada petugas kebersihan .atau pun kita melihat ada sampah di mesjid ambil dan buang lah pada tempat nya. di ceritakan ali bin badzimah ada seorang wanita berkulit hitam memungut Qadza(sampah)dari mesjid kemudian dia mati lalu rasulluloh saw bersabda: sesungguh nya orang orang yang memungut Qadza( sampah)dari mesjid adalah mereka yang akan memetik bunga yasmin di surga kelak " ( alfakhi 11/127) bukan nya kita akan menghadap ke ALLAH dengan ibadah harus suci , bersih dari hadast besar dan kecil .dan juga tempat ibadah ( mesjid) . tentunya dengan bersih kita akan sehat jasmani dan rohani.

H M Saefullmillah Syam

/hendrayana

meretas jalan bingkai kehidupan dengan ukiran SYUKUR dan TAFAKUR melewati selimut malam dengan TASBIH dan SUJUD menyambut siang dengan ISTIQOMAH dan MUSAHADAH mengobati segala luka perih dan duka yang dalam dengan RHIDO IKHLAS berserah diri menjernihkan pikiran dengan SADAR DAN SABAR menemani waktu dalam panggung sandiwara kehidupan berprisai TADARUS alquran bersama lahir batin penuh doa yang kami ucap kan untuk kami dan untuk mu semua SAHABAT "KOMPASIANA"semoga anugrah ,rahmat inayah taupik hidayah tercurah seluas luas nya pada kalian agar tetap yakin kepada ALLAH SWT dan RASULLULOH SAW ..... amiiiiiiiiiiiiiiiiiinn
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?