HIGHLIGHT

Cara Mengurus ISBN

15 Januari 2011 01:35:15 Dibaca :

Sejak membuat tulisan "Cara Menerbitkan Buku Sendiri", beberapa telpon dan email saya terima terkait pengurusan ISBN. Saya sendiri awalnya memang merasa mengurus ISBN itu hal yang sulit dan rumit. Apalagi kantor Perpustakaan Nasional, yang merupakan lembaga penyedia resmi ISBN di Indonesia, berkantor di Jakarta.

Mulailah, saya tanya sana-sini. Hingga akhirnya, Usman (Mahasiswa Sastra Arab UGM - adik angkatan di Asrama Sumatera Barat "Merapi Singgalang" Yogyakarta) memberikan saya print out berkas pengurusan ISBN yang dulu dikirim ke Perpusnas untuk Novel "Cinta Pengungsian" yang dia buat bersama teman-teman se-jurusan dan tata cara pengiriman aplikasi ISBN ke Perpusnas. Setelah membuat syarat-syarat dan diperbolehkan memakai fax fakultas untuk menerima fax balasan, akhirnya kukirimkan berkas ISBN lewat jasa kirim faksimil di Kopma UGM. Aku masih ingat, waktu itu aku mengirimkan jam 11-an. Kemudian, menjelang jam 4 sore aku ditelpon sama dosen, fax dari perpusnas sudah sampai.

Beberapa hari yang lalu, setelah membuat postingan "Sekarang ISBN Gratis" , aku kembali kebanjiran koresponden dari para netter tentang pengurusan ISBN. Biar tak terlalu ribet menjawab pertanyaan satu per satu, dan bisa diakses oleh banyak orang, kali ini aku akan menjelaskan proses mengajukan ISBN.

Pertama, siapkan kelengkapan berkas berikut ini dalam bentuk printout:

A. Bagi Anggota Baru:

  1. Mengisi formulir surat pernyataan disertai dengan stempel penerbit.
  2. Membuat surat permohonan atas nama penerbit (berstempel) dari buku yang diterbitkan.
  3. Mengirimkan fotokopi : - halaman judul - balik halaman judul (dapat diketahui pengarang dan penerbit buku yang bersangkutan) - daftar isi

- kata pengantar

B. Persyaratan untuk Anggota Lama : Hanya butir 2 dan 3 saja yang perlu dikirimkan kepada Tim ISBN/KDT.

Untuk contoh persyaratan di atas, teman-teman bisa melihat di sini.

Kedua, datanglah ke Perpusnas jika teman-teman berada di Jakarta, karena memang Perpusnas beralamat di Jakarta, Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624 Jakarta. Buat teman-teman yang ada di luar Jakarta, atau males ngurus ke Salemba Raya karena banyak urusan dan ngak mau terjebat macet, bisa mengirimkan berkas lewat faksimile perpusnas,  (021) 3927919; (021) 3923067.

Ketiga, tunggulah sejenak. Biasanya Perpusnas akan mengirimkan nomor ISBN untuk buku kita dalam rentang waktu 2 jam sampai sehari.

Keempat, setelah mendapatkan ISBN segera masukkan ke dalam buku yang akan diterbitkan. Untuk kode barcode, saya menyarankan buat sendiri aja dengan memakai aplikasi corel draw.

Kelima, kalau buku sudah dicetak kirimkanlah 2 eksemplar buku ke kepada Tim ISBN/KDT Perpustakaan Nasional RI ( Jl. Salemba Raya 28 A/Kotak Pos 3624 Jakarta), agar dapat dipantau pemakaian ISBN/KDT.

Keenam, kalau misalnya teman-teman punya kesulitan dan masalah bisa menghubungi nomor telepon : (021) 68293700; (021) 92920979. Berdasarkan pengalaman saya, pegawai Perpusnas ramah dan seneng menjawab pertanyaan yang diajukakan.

So, selamat mengurus ISBN dan selamat menerbitkan buku ya...:) Bravo..:)

Anggun Gunawan

/grejogja

TERVERIFIKASI (HIJAU)

seorang pemuda biasa (http://grepublishing.com)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?