PILIHAN HEADLINE

Tak Melulu di Bali, Yuk Berbulan Madu di Sumatera Barat!

15 Maret 2017 22:57:57 Diperbarui: 18 Maret 2017 14:41:59 Dibaca : 776 Komentar : 3 Nilai : 7 Durasi Baca :
Tak Melulu di Bali, Yuk Berbulan Madu di Sumatera Barat!
Danau Maninjau di Agam. (sumber foto: pegipegi.com)

Mau berbulan madu di mana? Hal ini sering menjadi pertanyaan yang dilontarkan kepada pasangan yang baru saja menikah. Meskipun bukan merupakan keharusan, bulan madu sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh banyak orang segera setelah mereka menyandang status sebagai suami-istri. Konon katanya dengan berbulan madu, pasangan akan semakin romantis dan cepat dikaruniai momongan.

Bali dikenal sebagai destinasi wisata terfavorit untuk berbulan madu di Indonesia. Tidak hanya bagi orang Indonesia, namun juga oleh orang-orang dari negara lain, terutama Singapura, Australia, Jepang, dan Tiongkok. Hampir semua agen perjalanan akan kompak menyarankan Bali apabila ditanya paket wisata honeymoon yang bagus dengan harga relatif terjangkau.

Belakangan ini, Kementerian Pariwisata semakin giat mendorong wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengeksplorasi provinsi-provinsi lain di Indonesia, selain Bali yang sudah kondang itu. Ada banyak tempat lain yang punya pesona wisata yang tak kalah dengan Pulau Dewata, termasuk dalam urusan berbulan madu. Lalu, di mana destinasi alternatif yang disarankan untuk honeymoon selain di Bali? Jawabannya adalah Sumatera Barat!

Ada apa saja di Sumatera Barat dan mengapa kita juga akan memiliki liburan bulan madu yang berkesan di sana? Berikut ini lima alasannya:

1. Terbang ke Sumatera Barat kini mudah dan harganya terjangkau

Salah satu pertimbangan pasangan newly-wed ketika berbulan madu adalah kemudahan akses transportasi. Maklum saja, kebanyakan dari mereka tak punya waktu yang panjang untuk bulan madu karena jatah cuti dari kantor juga terbatas. Oleh karena itu, mereka ingin perjalanan menuju lokasi bulan madu tidak membutuhkan waktu lama dan tanpa keribetan transit. Harga tiket yang terjangkau juga menjadi konsiderasi yang penting karena dana liburan sebaiknya dihabiskan untuk kegiatan-kegiatan selama di lokasi, bukan untuk biaya transportasi.

Bandara Minangkabau (sumber foto: CNN Indonesia)
Bandara Minangkabau (sumber foto: CNN Indonesia)

Di era kemajuan penerbangan domestik seperti saat ini, tidak sulit untuk menjangkau Sumatera Barat. Ada banyak penerbangan langsung dari berbagai kota di Indonesia ke Bandara Internasional Minangkabau, pintu gerbangnya Sumatera Barat. Hampir semua kota besar di Jawa sudah terkoneksi langsung, tanpa perlu transit. Pilihan maskapai penerbangannya pun beragam, mulai dari full-service flight seperti Garuda Indonesia dan Batik Air hingga low-cost carrier seperti Air Asia, Citilink, dan Lion Air.

2. Ada banyak hotel berbintang yang mewah

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor MICE (meeting, incentive, convention and exhibition) di Sumatera Barat telah berkembang pesat. Tanah Minang semakin sering menjadi tuan rumah acara-acara nasional dan internasional. Hal ini berdampak pada bermunculannya banyak hotel berbintang dengan fasilitas mewah dan pelayanan berkualitas.

Pasangan suami-istri muda umumnya ingin hal-hal yang penuh kenyamanan dan bahkan keglamoran ketika sedang berbulan madu. Hal itu bisa dilakukan di Sumatera Barat, terutama di dua kota utama MICE, yaitu Padang dan Bukittinggi. Beberapa hotel terbaik di Padang adalah Premier Basko Hotel, Grand Inna Muara, Rocky Plaza Hotel, dan Hotel Mercure. Sementara di Bukittinggi, wisatawan bisa memilih Grand Rocky Hotel atau Novotel Bukittinggi.

Pagi yang indah di Novotel Bukittinggi. (sumber foto: accorhotels.com)
Pagi yang indah di Novotel Bukittinggi. (sumber foto: accorhotels.com)

Di hotel-hotel tersebut, para pasangan bisa memanjakan diri untuk berduaan mesra di kolam renang, sarapan pagi yang nyaman atau makan malam romantis dengan ditemani cahaya lilin. Hotel-hotel di Sumatera Barat juga tidak kalah dalam hal memberikan tamunya suatu kamar dengan view yang bagus dari jendela atau beranda kamar, mulai dari pemandangan kota hingga dataran tinggi. Jadi, jangan buru-buru meragukan kualitas akomodasi di Sumatera Barat ya.

Bersantai di Rocky Plaza Hotel Padang. (sumber foto: tripadvisor.co.id)
Bersantai di Rocky Plaza Hotel Padang. (sumber foto: tripadvisor.co.id)

3. Sumatera Barat itu kaya akan pemandangan indah

Setelah sah menyandang gelar suami-istri, para pasangan muda ini sedang rajin-rajinnya foto bersama. Selain untuk mengekspresikan asmara mereka, hal itu juga dilakukan untuk mengabadikan momen yang istimewa ini. Oleh karena itu, destinasi wisata berbulan madu itu wajib punya pemandangan yang indah sebagai latar belakang aksi jeprat-jepret mesra mereka.

Konon diciptakan oleh Tuhan dengan penuh senyum kebahagiaan, Sumatera Barat kaya akan pemandangan indah. Mulai dari pantai, danau dan pegunungan, semuanya memancarkan pesona keindahan yang mengundang decak kagum. Foto-foto dokumentasi honeymoon dengan latar belakang keelokan Tanah Minang yang akan diunggah oleh pasangan itu di Instagram, Path, atau Facebook pasti sukses bikin iri banyak orang.

Beberapa pantai yang eksotis di antaranya adalah Pantai Gandoria Pariaman, Pantai Pagang, Pantai Pasumpahan dan Pantai Carocok Pariaman. Untuk wisata danau, bisa berkunjung ke Danau Maninjau atau Danau Singkarak. Pemandangan Ngarai Sianok di Bukittinggi dan Perkebunan Teh di Alahan Panjang Solok adalah dua hal yang juga tak boleh dilewatkan apabila mencari spot foto yang keren selama berbulan madu di Sumatera Barat.

Ini di Pasumpahan, bukan di Bali, lho! (sumber foto: telusurindonesia,com)
Ini di Pasumpahan, bukan di Bali, lho! (sumber foto: telusurindonesia,com)

4. Tak kekurangan wisata budaya dan sejarah

Selain wisata alam, berbulan madu juga akan lengkap dengan wisata budaya. Untuk hal ini, Sumatera Barat adalah jagonya. Provinsi ini sarat dengan sejarah panjang suku Minangkabau yang punya budaya unik dan menawan. Masyarakat Sumatera Barat dikenal masih menjaga adat istiadat dengan kokoh sehingga wisatawan tidak akan kesulitan untuk menikmati wisata budaya dan sejarah yang asli, bukan dibuat-buat hanya untuk kepentingan turisme semata.

Salah satu yang menarik adalah berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Bangunan Rumah Gadang berukuran besar ini merupakan replika dari peninggalan Kerajaaan Pagaruyung. Istana yang asli telah terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun bernasib pahit karena terbakar lagi di tahun 1966. Di tempat wisata favorit ini, pasangan muda dapat berfoto dengan pakaian adat Minang yang lengkap dan bergaya seolah-olah menjadi raja dan ratu di kerajaan.

Mengenal Budaya Minang di Istano Basa. (sumber foto: kompas,com)
Mengenal Budaya Minang di Istano Basa. (sumber foto: kompas,com)

Wisata sejarah dan budaya lainnya di Sumatera Barat adalah di Sawahlunto dan Bukittinggi. Di Sawahlunto, wisatawan dapat menyelami sejarah eks kota pertambangan batu bara itu lewat sejumlah museum seperti Museum Goedang Ransoem dan Museum Kereta Api Sawahlunto. Sementara di Bukittinggi, wisatawan disarankan mampir ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, selain tentu berfoto-foto di depan Menara Jam Gadang yang cantik.

Keanggunan Jam Gadang. (sumber foto: harianhaluan.com)
Keanggunan Jam Gadang. (sumber foto: harianhaluan.com)

5. Dimanjakan kelezatan kuliner

Saat berbulan madu, banyak yang bilang kalo pasangan itu butuh asupan makanan berkualitas untuk energi yang cukup. Maklum saja, selain karena kecapekan jalan-jalan ke sana-sini, mereka juga butuh tenaga ekstra sebab sedang dalam proses untuk bisa segera punya buah hati. Maka, tempat wisata yang punya banyak pilihan kuliner enak akan jadi prioritas.

Tidak pernah ada sedikit pun keraguan pada kekuatan kuliner Sumatera Barat. Setidaknya ribuan rumah makan padang yang tersebar dari Aceh hingga Papua adalah contoh bagaimana masakan dari Sumatera Barat itu enak dan digemari oleh orang Indonesia. Kita sudah sangat familiar dengan menu masakan Sumatera Barat.

Di Sumatera Barat, wisatawan bisa memanjakan lidah dengan rendang, sate padang, dan aneka masakan yang sudah terkenal seantero Indonesia. Selain itu, coba juga kuliner lain seperti Sala Lauak, Lamang Baluo, Rakik Maco, Ampiang Dadiah, Trio Ketan, Beras Rendang, Kacang Padi Ketan, Es Duren Iko Gantinyo, dan lain-lain. Jangan lupa sempatkan waktu membeli oleh-oleh untuk kedua orang tua dan sanak keluarga. Sumatera Barat punya Keripik Sanjai, Keripik Balado, Rendang Suwir, Karupuak Jangek, dan deretan cemilan lezat lainnya.

Siapa tak tergoda Sate Padang? (sumber foto: aryanatarazqi.com)
Siapa tak tergoda Sate Padang? (sumber foto: aryanatarazqi.com)

Jadi bagaimana, apakah sudah mantap untuk wisata ke Sumatera Barat ketika akan honeymoon nanti? Tidak hanya untuk pasangan yang baru menikah, sekarang bulan madu juga lagi tren dilakukan oleh pasangan suami istri yang sudah betahun-tahun hidup berkeluarga dan ingin mesra-mesraan lagi supaya cintanya langgeng terus. Yuk saatnya kita eksplorasi Tanah Minang!

Gentur Adiutama

/genturtama

TERVERIFIKASI

Pecinta bulutangkis dan pengagum kebudayaan Indonesia
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana