Hijau

Katemak Juga Makanan Khas Daerah Timor

10 September 2017   14:47 Diperbarui: 10 September 2017   15:03 360 0 0

Beberapa waktu lalu saya menulis tentang makanan khas daerah Timor, Nusa Tenggara Timur yaitu bose dan se'i. Sebenarnya tidak hanya itu. Masih ada yang lain yang tak kalah unik. Dan  saya akan mengulasnya untuk Anda pada kesempatan ini.

Telah menjadi pengetahuan umum, jagung merupakan hasil pertanian yang paling menonjol di Timor. Tidak heran  tanaman kaya karbohidrat tersebut heran menjadi makanan pokok orang Timor. Disamping sejumlah panganan ringan.

Apabila Anda bertamu ke rumah salah satu warga Timor di SoE, kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, mungkin Anda akan disuguhkan katemak. Bahan dasar katemak ialah biji jagung yang direbus bersama-sama  dengan kacang-kacangan, daun dan buah pepaya, atau daun dan buah labu. Biasanya dihidangkan dengan sambal lu'at. Kadang-kadang ditemani ikan teri atau ikan asin.

Kalau bose berasal dari jagung yang kulit arinya telah ditanggalkan, maka katemak tidak demikian. Biji jagung yang dimasak dengan kulit arinya masih menempel itulah yang disebut katemak. Hingga kini katemak masih menjadi makanan favorit orang Timor meski beras dapat dengan mudah dibeli di seluruh daratan Timor. 

Lagi-lagi, saya jadi lapar. Hmmmm...