Kuliner highlight

Langsing dan Sehat dengan Lemon dan Bawang Putih

29 November 2014   15:17 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:32 20654 0 0
Langsing dan Sehat dengan Lemon dan Bawang Putih
1417223605924289853

[caption id="attachment_338542" align="aligncenter" width="275" caption="sumber foto nutribuff.com"][/caption]

Sehabis melahirkan, saya ngerasa badan makin melar aja plus perut yang menggelambir. Kalau pakai baju rada ketat, udah deh kek lepet gitu banyak gelembung disana sini...wkwkwkwkkwkw akhirnya milih bajunya yang rada longgar supaya nggak keliatan. Hola...nggak seksi blas.


By the way, karena badan sekseh alias endut. Saya jadi galau. Jelek jelek gini saya kan wanita normal yang masih suka tersenyum simpul bila di puji. Tak usahlah sama orang lain, sama suami tercinta sudah cukup.


Jangan tanya dari habis melahirkan saya sudah berupaya untuk diet, dari minum pil pelangsing yang bikin jantung berdebar debar, teh pelangsing sampai susu pengganti makanan yang bikin eneg. Tapi ya gitu deh, hasilnya yoyo. Turun beberapa kilo sehabis gitu endut lagi setelah stop mengkonsumsi, karena suami complain jarang di temenin makan, lah wong dia makan saya hanya minum air putih doang, nahan lapar.


“Sudahlah Yank, stop dietnya, rasanya nyaman banget bila di temenin makan tanpa perlu mikir takut endut atau apa” Gludak.


Tapi niat saya untuk diet tidak surut. Ini bukan hanya untuk suami saja tapi juga buat kenyamanan dan kesehatan saya. Apalagi kerjaan saya banyak duduk. Wah malah membuat tubuh saya yang mungil ini tambah sekseh seperti Kim Kadarshian dilihat dari saturnus sana.


Dengan catatan dietnya pakai cara natural seperti jaga makan dan banyak makan buah dan sayuran berikut berolahraga. Duh meskipun saya masih belum bisa menghilangkan yang namanya gorengan. Hiks! Saya teringat mantan bos saya yang suka sekali minum JENIPER (jeruk nipis peras) bila berat badan mereka bertambah. Akhirnya saya mencobanya, siapa tahu berat badan saya turun. Tiap bangun pagi ketika perut saya kosong, saya minum JENIPER dengan air hangat. Kenapa dengan air hangat? karena air hangat bisa membantu melancarkan pencernaan. Saya rutin minum perasan air lemon dan tidak ada masalah sama sekali. Justru badan saya tambah fit. Sampai akhirnya sebulan lalu secara tak sengaja saya melihat tayangan di youtube bagaimana mengurangi lemak di perut dengan memakai perasan lemon plus bawang putih. Seperti kita tahu lemon banyak sekali manfaatnya seperti :




1. Meningkatkan immunitas
2. Melancarkan pencernaan
3. Sebagai Diuretik
4. Menyeimbangkan keasaman tubuh karena lemon memiliki sifat alkali
5. Mencerahkan kulit
6. Menurunkan berat badan dan lain sebagainya

Sedangkan bawang putih manfaatnya untuk:




1. Menurunkan kolesterol
2. Mencegah hipertensi
3. Anti jamur
4. Mencegah cancer
5. Menurunkan gula darah
6. Menurunkan berat badan
7. Mengeluarkan toksin (racun) di tubuh
8. Mencegah flu
9. Menyehatkan jantung
10. Mencegah penyumbatan arteri dan lain sebagainya



Kenapa tak saya coba ya? Apalagi saya suka tantangan. Lagian lemon dan bawang masih alami. Saya suka garlic bread tapi bagaimana rasanya bila saya mencampur bawang putih dengan air lemon yang tiap pagi saya konsumsi, baunya kan keras banget bo’ duh apa saya tak mual nantinya? Ah kalau saya tak coba bagaimana saya tahu rasanya? Bismillah saya coba saja selama dua minggu.
Bangun pagi saya siapkan semuanya, jeruk nipis, air hangat dan 2 siung bawang putih yang besar yang saya blender dengan sedikit air. Kemudia saya saring lantas air bawang putihnya saya masukkan ke gelas yang sebelumnya sudah ada air hangat serta perasaan jeruk nipis. Aduh mak!!!!!!!!! Bau bawang putihnya menyeruak tajam. Seperti minum jamu saya tutup hidung, takut-takut saya meminumnya dan glek glek glek. Akhirnya segelas Jus Jeniperbapuge lolos melewati kerongkongan saya. Tubuh saya keringatan, dan ampun mak sepertinya saya bau bawang…langsung dah mandi dan sikat gigi. Malu atuh bila deket suami trus bau bawang. Hehehhe lebay dot com.

Hari pertama sukses tanpa keluhan sedikitpun. Hari kedua saya meminum lagi setelah itu saya seharian diare. Dengan catatan perut saya tak mulas atau badan saya lemah. Saya berpositif thingking aja ini adalah reaksi dari minuman lemon juice dan bawang putih. Perut saya yang banyak makan nasi dan gorengan mulai bereaksi mengeluarkan racun racun di tubuh saya. Meskipun suami dan sahabat saya teriak teriak mengingatkan buat stop, tapi saya tetep keukeuh. Karena saya pingin tahu hasilnya gimana. Mereka bilang “kenapa sih kamu suka yang aneh-aneh” yach kalo nggak suka yang out of box bukan Fidia dunk namanya.


Hari ketiga sampai ketujuh saya banyak kencing. Saya perbanyak minum air putih dan jus supaya tidak dehidrasi. Setelah itu tak ada keluhan sama sekali. Badan saya jauh lebih segar dan lebih ringan kulit sayapun makin glowing. Cieee kalau yang ini mah karena rajin luluran. Ibu ibu di komplek pada nanya “mba kok kurusan sekarang, bagi resep ya? Duh senengnya minta ampun ada yang bilang saya kurusan, meskipun saya nggak tahu saya turun berapa kilo karena di rumah tak ada timbangan. Saya parno soalnya sama timbangan yang sering membuat saya galau ketimbang seneng karena jarumnya jarang mau turun wkwkkwkw.




Setelah rehat seminggu minum jus lemon plus bawang putih. Tetapi saya terus minum perasan jeruk nipis. Kemarin saya minum mulai lagi untuk dua minggu kedepan tapi kali ini bawang putihnya saya iris tipis dan saya diamkan sebentar untuk mengeluarkan enzimnya kemudian saya masukkan ke air hangat yang sebelumnya sudah ada perasan jeruk nipis. Saya lebih suka cara ini karena bau bawang putihnya tidak begitu menyengat seperti waktu saya memblendernya.
Yo wes gitu aja.



Note:
jus jeniperbapuge = jus jeruk nipis peras bawang putih geboy

Disarankan sehari tidak lebih mengkonsumsi tak lebih dari 1- 3 siung bawang putih mentah. Supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan. Alangkah lebih bagusnya bila di konsultasikan dengan dokter.


Sumber referensi:


http://www.healthjunction.com.au/super-food-smoothies-and-food-as-medicine/17-healthy-food/46-lemon-garlic-elixir


http://www.healing4soul.com/articles/awarness-month/59-garlic-and-lemon-for-clogged-arteries-a-much-more