Fey Down
Fey Down karyawan swasta

A simple lady who likes the simple things in life. Anti scam activist yang menetap di kota Perth, Western Australia. FB Page : www.facebook.com/waspadapenipu Twitter/IG/Line : @feydown. Email : waspadascam@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora highlight

Kompol Bayu Suseno SH, S.IK, MM, MH Sosok Polisi Peduli Korban Scammers

21 Maret 2017   19:28 Diperbarui: 21 Maret 2017   22:59 2200 3 2
Kompol Bayu Suseno SH, S.IK, MM, MH Sosok Polisi Peduli Korban Scammers
Photo Dari FB KOMPOL Bayu Suseno.

Selama saya kampanye anti scam dari tahun 2010 lewat artikel artikel saya diKompasiana, lalu membuat page Waspada Scammer Cinta ,belum pernah saya menemukan seorang perwira polisi yang begitu peduli padakorban korban scammers dan sesama polisi yang photonya dibuat akun palsu. Tanpa saya minta, beliau dengan suka rela menjadi pembina di page WSC.Hari ini tiba tiba saya ingin menulis tentang beliau di Kompasiana, walau izinnya cuma nulis di Instagram. 

Gelar pak polisi satu ini berderet deret, tapi sosoknya sangat sederhana danrendah hati. Nama lengkapnya KOMPOL Bayu Suseno, SH, S.IK ,MM, MH. Saat inibeliau masih menyelesaikan S3 di PTIK.  Banyak ilmu yang beliau bagikan berkaitan dengan scams. Bukan hanya pada saya pribadi tapi pada para relawan di grup grup anti scam dimana beliau bergabung. 

AWAL MENGENAL KOMPOL BAYU SUSENO : 

Tahun 2015 saya bergabung di situs "laporpolisi" ( kini sudahganti nama ). Saya perhatikan, ternyata salah satu admin disana adalah KOMPOL BayuSuseno. Sebagai seorang  activist anti scam. saya masih buta hukum dansering bertanya pada pihak pihak tertentu tapi tak pernah mendapat jawaban yangmemuaskan. Kebetulan ada Bapak  Bayu Suseno di situs laporpolisi. Sayalangsung kirim dua pertanyaan pada beliau. 

"Apa yang harus dilakukan korban jika telah ditipu habis habisan?"

" Bagaimana jika lokasi korban di luar negeri?"   

Tak lama dua pertanyaan itu dijawab dengan lugas , tegas dan  jelas.Lalu  oleh pembuat situs "laporpolisi"  saya diajak menjadi admin. Sekarang kami tidak aktif lagi disana dan websitenya sudahganti nama pula. 

Saat itu saya kehilangan kontak dengan Pak Bayu, no hp nya ngga tahu namunsudah jalannya kali ya? Suatu hari AKP M Agung Permana memberi tahu saya bahwaia bertemu dengan KOMPOL Bayu Suseno di PTIK. Saya diminta menghubungi beliau. Bukan main senangnya hati saya karena kami bisa saling kontak lagi. Sejak itu pak Bayu bergabung di grup grup anti scam seperti Waspada Scammer CInta, Komunitas Satu Hati,Waspada Cyber Crime dll.  Beliau juga aktif di Twitter "Bayu Suseno2001" 

Pasti diantara pembaca ada yang bertanya, koq seorang Perwira Polisi peduli banget? 

Awalnya photo beliau ada yang curi lalu dibuat akun palsu. Tentu bisa kitarasakan bagaimana geramnya jika photo kita dicuri untuk menipu  perempuan.Diakun si palsu sudah ada 300 wanita calon calon korban. Satu persatu semua dikontak oleh Pak Bayu dan diminta menghubungi hp beliau. Alhamdulilah caloncalon korban sadar dan akun palsu itu dilaporkan ke FB, tak lama kemudian ditutup. 

img-20160507-wa0014-58d0ecdf50f9fd2d1f9c4467.jpg
img-20160507-wa0014-58d0ecdf50f9fd2d1f9c4467.jpg

Saya sudah dua kali bertemu dengan Pak Bayu Suseno. Pertama saat datang ke PTIK bersama sahabat saya, Retno Widati Tituk (admin Komunintas Satu Hati) untuk mengundang beliau agar hadir diacara 'Temu Kangen Grup KSH dan WSC" Lalu yang kedua pada saat acara yang diadakan tanggal 7 Mei 2017 di resto Dapur Sunda Jakarta Selatan dan beliau datang bersama keluarga. Kebetulan ada 4 orang yang ulang tahun di bulan Mei, yaitu Pak Bayu, saya, Retno dan suami dari Ira (relawan) . Maka sekalian tiup lilin dan berdoa. Disini banyak relawan KSH dan WSC yang langsung berkenalan dengan pak Bayu. Acara terlaksana berkat sahabat saya Retno Widati Tituk yang kebagaian seksi repot mengurus acara ini. Terima kasih sahabatku.

SUKA RELA MENJADI PEMBINA PAGE " WSC"

Suatu kehormatan bagi kami para aktivist anti scam, ketika pak Bayu Suseno menyatakan diri menjadi relawan dan pembina di page anti scam WSC. Beliau sudah sering membantu kami. Contohnya saya sendiri, ketika tak mampu lagi menyadarkan korban yang ngeyelnya minta ampun, maka saya langsung kontak beliau. Biasanya korban langsung mengerti, mungkin karena beliau polisi kali ya? Hingga saat ini Pak Bayu Suseno masih aktif kampanye anti scam yang menggunakan photo photo anggota POLRI. Saya sendiri teriak teriak lewat tulisan dan page WSC tapi pemerintah dan pihak pihak terkait tak ada yang peduli.

Duh hampir saja lupa, beliau juga penulis di Kompasiana, ini akun beliau KOMPOL Bayu Suseno. 

Terima kasih kami untuk KOMPOL Bayu  atas segala bantuan pada relawan dan kepedulian pada para korban. Semoga beliau dan keluarga selalu dalam lindungan ALLAH SWT. Amin.