Wisata

Cara Membuat Sosis Ayam yang Sederhana

17 Juli 2017   11:22 Diperbarui: 24 Agustus 2017   13:20 222 0 0
Cara Membuat Sosis Ayam yang Sederhana
sosis-596c3b4534aec0084334d522.jpg

Sosis tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Sosis sudah terjual diberbagai warung ataupun supermarket dengan bahan yang sangat bervariasi.

Sosis sangat bermanfaat sekali bagi tubuh, contohnya sebagai berikut

Menjaga Berat badan

Diet dengan kandungan protein yang tinggi telah diketahui sangat efektif mengurangi berat badan. Ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. Para ahli telah menunjukkan bahwa kontrol berat badan yang signifikan ditemukan pada orang-orang yang makan ayam.

Kandungan protein yang tinggi

Ayam merupakan  salah satu bahan makanan berprotein tertinggi. Jumlah protein daging ayam adalah 18g per 100g ayam. Wow sangat tinggi sekali ternyata.

Protein sangat penting dalam diet sehat kita. Protein yang ada pada ayam adalah asam amino yang bermanfaat untuk membangun otot kita.

Tanpa basa basi saya akan membagikan resep cara membuat sosis ayam yang sangat mudah dipratikkan oleh Anda dirumah. Berikut dibawah ini

Bahan sosis ayam

  1. Daging ayam yang digiling 600 gram
  2. Minyak goreng 100 ml
  3. Es serut 150 gram
  4. Garam halus 1 sendok teh
  5. Tepung sagu 3 sdm
  6. Gula pasir, 1 sdt
  7. Lada bubuk, sdt
  8. Ketumbar bubuk, sdt
  9. Bawang putih yang  dihaluskan, 1 sdm
  10. Putih telur dari 1 butir telur
  11. Piping bag secukupnya
  12. Air es untuk rendaman secukupnya
  13. Casing untuk sosis atau bisa juga menggunakan plastik es mambo seperlunya
  14. Air bersih untuk merebus secukupnya

Cara membuat sosis ayam

  1. Pertama campurkan daging ayam yang sudah digiling, sebagian es yang telah diserut, dan garam halus. Aduk sampai merata.
  2. Kedua tuangkan sedikit minyak, aduk lagi sampai rata, tambahkan gula, lada, ketumbar, bawang putih, tepung sagu, putih telur, dan es serut. Aduk hingga adonan ulen dan merata.
  3. Adonan dimasukkan ke piping bag atau plastik berbentuk segitiga, lalu taruh ke dalam casing sosis.
  4. Keempat siapkan air untuk merebus, diamkan selama 1 menit, kemudian masukkan sosisnya, tunggu kira-kira waktu 20 menit, masak dengan menggunakan api kecil, jangan direbus sampai air mendidih yah agar sosis tidak pecah.
  5. Angkat sosisnya kemudian sosis dimasukkan ke dalam air es, diamkan beberapa menit agar bentuknya tidak berubah. Angkat sosis dan tiriskan, potong masing-masing ujung sosis, masukkan ke dalam wadah yang tertutup kemudian simpan dalam freezer.

Yuhuu sosis sudah siap untuk dimakan. Bisa juga di bakar menggunakan panggangan sosis maupun dimakan langsung. Tentunya sehat dong, kan dibuatnya dirumah.